Highlight

STEPHEN KANJONO: Celah di Dalam Negeri

 

Kata orang, punya orang tua yang sudah mapan itu enak. Tidak perlu banyak pikir. Mau studi di mana saja bisa. Setelah itu, tidak perlu repot cari kerja untuk membiayai hidup. Orang tua yang sudah punya bisnis maju sudah menyediakan tempat bagi anaknya untuk

STEPHEN KANJONO: Celah di Dalam Negeri

bekerja sembari belajar mengelola bisnis keluarga. Benarkah hal itu?

 

Stephen Kanjono, Managing Director kantor cabang PT. Ganindo Marine Transport di Jakarta menjadi bukti nyata yang membantah opini di atas. Kenyataan hidupnya memang menunjukkan bahwa orang tuanya memiliki bisnis di bidang Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL) yang bernama EMKL PT. Andika Samudera di Belawan, Medan.

Selepas bangku sekolah SMA, Stephen bekerja di ASW foods sebuah perusahaan yang bergerak dibidang produsen dan eksportir produk makanan yang memproduksi aneka kue kering dan wafer coklat untuk anak-anak. Di sana ia bekerja sebagai teknisi.

 Pasca bekerja sebagai teknisi di sebuah pabrik makanan, Stephen bekerja di PT. MRK, sebuah perusahaan distributor produk elektronik asal Jepang. Pindah perusahaan, pindah pula posisinya. Di perusahaan ini, ia menerima kepercayaan sebagai Sales Supervisor untuk wilayah Aceh dan sekitarnya.

Setelah itu Stephen memilih merantau ke Jakarta untuk mencari pengalaman baru dan melanjutkan studinya di STMT Trisakti, Jakarta. Di situ ia mengambil jurusan Manajemen Transportasi Laut. Sebuah jurusan yang pada dasarnya memang tidak asing di telinganya. Berlatar belakang sebuah keluarga yang berbisnis EMKL secara tidak langsung telah mengarahkan minatnya untuk mempelajari secara akademis perihal manajemen transportasi laut.

Sambil kuliah, Stephen bekerja disebuah perusahaan Freight Forwarding asing milik Korea untuk memperdalam pengetahuannya. Posisi terakhirnya adalah sebagai Import Manager. Selesai kuliah, ia kembali ke Medan dengan niat mengembangkan usaha EMKL milik orang tuanya.

Di Medan Stephen bertemu dengan teman lamanya, Hasan Gunawan yang berkecimpung dibidang shipping yang kemudian mengajaknya untuk bergabung ke Ganindo Group, sebuah perusahaan Freight Forwarding yang bermarkas di Medan. Pada tahun 2005, Ganindo melebarkan sayapnya ke Jakarta. Stephen mendapat mandat sebagai Managing Director untuk mengelola kantor cabang Ganindo di Jakarta. Kemudian di tahun 2009, Stephen juga dipercaya untuk mengurus kantor cabang Ganindo yang baru di Surabaya.

 

Artikel selengkapnya dapat Anda temukan di Majalah Bisnis EXCELLENT edisi 06, Agustus 2010.

tgh

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT