Highlight

DANIEL MANANTA : Cinta Indonesia!

 

Siang itu, Daniel mengenakan sweeter putih bertuliskan DAMN I Love Indonesia. Di toko miliknya yang berlantai plester semen dengan motif batik, tampak lampu bohlam memendarkan cahaya kuning yang ditelungkupi caping anyaman bambu. Sementara itu di salah satu

DANIEL MANANTA : Cinta Indonesia!

dinding tampak sederet lukisan wajah para mantan presiden yang mengapit Gadura Pancasila.

 

Daniel Mananta, seorang presenter muda yang memulai karir di dunia hiburan sebagai host di salah satu acara MTV ini sebelumnya telah tertarik dengan dunia bisnis. Ketika masih di bangku SMA, Daniel mengakui bahwa ia pernah bekerja di sebuah tempat makan ayam bakar. Dari sinilah ia mengumpulkan modal yang ia akui jumlahnya tidak seberapa. Dari situ, ia mulai berbisnis di bidang multi level marketing (MLM).

Sekembalinya ke Jakarta dari studinya di luar negeri, Daniel yang ketika itu bekerja di MTV mulai mencoba berbisnis dengan membuka toko di WTC Mangga Dua. Toko baju yang berkonsep Jepang ini tidak terlalu berjalan sukses. Akhirnya ia mengubah konsep. Karena sosok Daniel lekat dengan dunia musik, maka konsep yang digunakan adalah DAMN Black Label. “Baju-baju di sana warnanya hitam semua. Bambarnya juga tentang dunia musik, seperti Rolling Stones, Beatles,” ujar Daniel. Kini toko itu telah memiliki 8 cabang lainnya.

Melihat mass market yang ada cukup besar, Daniel mulai memikirkan idealisme yang selama ini ingin ia wujudkan, yaitu sebuah concept store yang sangat kental nuansa Indonesia. Tanggal 25 Oktober 2008, dibukalah toko tersebut di FX, lantai 6 dengan nama DAMN I Love Indonesia.

***

Konsep apa yang ingin Daniel wujudkan?

Waktu mau membuka toko DAMN I Love Indonesia, saya melihat ada banyak muda Indonesia sekarang yang kurang sayang dengan budaya Indonesia sendiri. Dari sinilah saya mulai membuka bisnis lagi yang menurut saya sangat concepted banget.

Concept store ini mengarah ke fashion, tidak cuma kaos aja. Karena menurut saya, cara paling mudah untuk menunjukan sebuah statement adalah melalui apa yang dipakai.  Selain kaos, ada celana dan topi juga. Melalui fashion kita bisa memperlihatkan our fashion statement. Kita bisa perlihatkan siapa kita melalui fashion kita. Nah, kalau misalkan dengan tulisan “DAMN, I Love Indonesia” yang besar-besar ini kita bisa tunjukkan, “Nih, lihat nih. Gw cinta banget sama Indonesia dengan kaos ini.’ Ya .. kenapa nggak?

 

 

Artikel selengkapnya dapat Anda temukan di Majalah Bisnis Excellent edisi Maret 2011.

tgh

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT