Highlight

IDA KURAENY : Dari Resepsionis Menjadi Ratu Asuransi

 

Sebagai seorang perempuan, Ida Kuraeny telah menjalani suatu perjalanan hidup yang luar biasa. Sebagai seorang ibu, Ida telah mendampingi dan mengasuh keempat anaknya dengan baik. Kini ia sedang membesarkan anak kelimanya. Sebagai seorang profesional, Ida t

IDA KURAENY : Dari Resepsionis Menjadi Ratu Asuransi

elah sukses mencapai anak tangga tertinggi di dunia asuransi. Kini ia menjadi seorang pembicara publik, penulis beberapa buah buku motivasi dan teknik penjualan terbitan Gramedia, mengisi beberapa program talk show di beberapa radio dan televisi lokal yang membahas seputar motivasi, penjualan, empowerment perempuan dan bisnis. Ia menulis artikel di beberapa media cetak, pengamat asuransi untuk keagenan serta sebagai pelatih di bidang penjualan berkat latar belakangnya sebagai seorang praktisi di bidang asuransi.
 

 “Saya dahulu tidak merencanakan diri saya sebagai seorang pembicara publik lho,”ujar wanita yang pernah aktif mengajar matakuliah Marketing Jasa di STMA Trisakti. Memang dahulu, ketika Ida pertama kali bekerja, ia bekerja sebagai resepsionis di PT. Jaya Steel Indonesia dan PT. Menara Duta.

Pengalaman sebagai agen asuransi yang ia jalani di tahun 1991 pun berakhir dengan kegagalan. Tapi siapa sangka bahwa berawal dari  kegagalan di bidang asuransi telah memberinya daya dorong untuk maju dan sukses? “Saya gagal sebagai agen asuransi di 3 bulan pertama saya karena saya tidak punya konsep yang jelas tentang profesi agen asuransi,” katanya.
Kemudian ia bekerja sebagai Special Account Representative PT. British American Tobacco di tahun 1993. Tahun berikutnya ia bergabung di PT. Calmic Indonesia sebagai Sales Consultant.

Akhirnya ia kembali ke profesi agen asuransi pada bulan April 1994 di PT. Sewu New York Life dan 2002 sebagaiAgency Development Advisor yang memiliki tanggung jawab khusus untuk  mencetak anggota MDRT lebih besar lagi di seluruh Indonesia bagi  Sewu New York Life  dan 2 tahun terakhir 2009 dan 2011 sempat menjadi Direktur Recruitment,Training and Development di AXA LIFE Indonesia dan juga sebagai Direktur Recruitment di AIA Financial.

Bercermin dari pengalaman pertama sebagai agen asuransi, Ida mulai memajukan karirnya hingga pada suatu ketika di tahun 1999, Ida berkesempatan menjadi anggota Million Dollar Round Table (MDRT),  dengan peringkat tertinggi  Top of The Table Qualifier (TOT). MDRT merupakan sebuah organisasi Internasional yang memberikan penghargaan khususnya dalam bidang finansial sejak tahun 1827 dan bermarkas di Amerika Serikat. Sementara peringkat  TOT hanyalah beranggotakan 0,001 %  agen asuransi tersukses di dunia. MDRT sendiri  keanggotaannya tidak lebih dari 1% dari seluruh agen asuransi di seluruh dunia. Ida menjadi anggota termuda kala itu dan satu - satunya wanita se-Asia Pasifik justru didapatnya saat Indonesia mengalami krisis ekonomi terbesar dan tahun tersebut menjadi tahun terbaik dari seluruh perjalanan karirnya sebagai Top Agen Nasional no 1 di Indonesia.

 

 

Artikel selengkapnya dapat Anda temukan di Majalah Bisnis EXCELLENT, edisi April 2011.

tgh

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT