Highlight

Kayuh Pedal, Dapatkan Sehatnya

Padatnya jadwal kerja di kantor membuat kita sering kali melalaikan pentingnya berolah raga. Entah karena beralasan tidak ada waktu untuk pergi ke pusat-pusat kebugaran, bosan dengan cara berolah raga yang itu-itu saja di satu tempat, atau merasa sudah sehat dengan

Kayuh Pedal, Dapatkan Sehatnya

tidak pernah sakit. Tapi tahukah Anda bahwa memelihara kesehatan juga bisa dibarengi dengan relaksasi yang tidak membosankan?

Bersepeda! Itulah jawaban dari pertanyaan di atas. Dengan bersepeda, kita bisa menikmati semilir angin yang menerpa tubuh kita dengan lembut dan pemandangan sepanjang perjalanan. Pada saat bersamaan, kita juga telah berolah raga.

Dari segi kebugaran tubuh, kita bisa mendapatkan hasilnya yang tidak mengecewakan. Efek yang terlihat adalah mengencangnya otot bagian bawah tubuh, seperti betis, paha dan pinggul. Catatan yang harus kita pegang adalah ata-rata bersepeda selama 60 menit setiap hari akan membantu membakar kurang lebih 300-500 kalori tubuh. Volume paru-paru juga akan meningkat hingga 50 %.  Hal ini akan berdampak pada semakin banyaknya oksigen yang bisa ditampung paru-paru dan disalurkan pada peredaran darah. Maka praktis organ tubuh yang merasakan dampak dari bersepeda adalah jantung dan paru-paru.

Bagi Anda yang hendak bersepeda, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Pilihlah sadel sepeda yang nyaman untuk diduduki dan ukurannya pas. Sadel juga sebaiknya disesuaikan dengan tinggi badan Anda. Sadel hendaknya tidak terlalu tinggi karena akan menyulitkan saat harus mengayuh juga dapat menyebabkan bagian paha menjadi luka. Sadel yang terlalu rendah juga sebaiknya dihindari karena membuat kaki harus menekuk terlalu banyak dan membuatnya terasa pegal. Walau sadel sepeda mungkin dapat ditinggikan dan direndahkan, tetapipastikan bahwa tinggi maksimal dan minimal sesuai dengan kondisi Anda. Idealnya, tinggi sadel dan tinggi stang sepeda sejajar.
  2. Lakukan sedikit pemanasan. Renggangkan otot-otot bagian bawah seperti pinggang, paha dan betis.
  3. Ketika bersepeda, lakukan kayuhan sepeda dengan kecepatan rendah selama 5-10 menit untuk pemanasan dan penyesuaian dengan sepeda. Ketika mengayuh sepeda, lakukan kayuhan pedal satu putaran penuh. Kecepatan yang ideal untuk kesehatan adalah sektiar 27 km/jam. Ketika hendak menyelesaikan aktivitas bersepeda, Anda bisa lakukan pendinginan dengan mengayuh sepeda perlahan-lahan selama 10 menit.

Padatnya lalu lintas di kota-kota besar sering membuat niat bersepeda hilang begitu saja. Tapi bukankah  pagi hari di akhir pekan adalah waktu yang pas untuk berolah raga? Pada saat itu jalanan relatif sepi dari kendaraan. Udara sejuk dan segar. Suasana yang Anda temukan pasti berbeda dari suasana pada hari kerja. So, mari gowes pedal sepeda dan temukan kebugaran darinya.**

tgh

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT