Highlight

MIEN R. UNO : Menegakkan Nilai yang Baik dan Benar untuk Manusia Indonesia

Tidak banyak sosok individu yang secara konsisten menjalankan panggilan hidupnya selama 50 tahun. Salah satu yang yang sedikit itu adalah Rachmini Rachman. Anda mengenalnya? Barangkali nama itu kalah tenar dibandingkan nama Mien R. Uno. Tapi kenyataan menyatakan kedua nama terse

MIEN R. UNO : Menegakkan Nilai yang Baik dan Benar untuk Manusia Indonesia

but merujuk pada satu sosok individu yang sama.

 

Pagi yang cerah menemani perbincangan EXCELLENT dengan Mien R. Uno. Ditemui di ruang tamu Lembaga Pendidikan Duta Bangsa, wanita yang pada tanggal 23 Mei merayakan ulang tahun ke-70 ini tampak segar dan bersemangat. Selain itu, tentu saja ciri khas yang tidak mungkin hilang darinya adalah kepribadiannya yang senantiasa rapih dan tertata.

***

Terlahir dari pasangan R. Abdullah Rachman dan Siti Koersilah, Mien hidup di tengah keluarga yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan terutama adalah kedisiplinan. Profesi kedua orang tuanya adalah guru. R. Abdullah Rachman merupakan seorang pendidik yang disegani oleh setiap anak didiknya dan salah satu tokoh pendidikan pada zamannya. Siti Koersilah, sebelum menikah dengan R. Abdullah Rachman juga seorang guru. Keluarga Rachman sempat tinggal di Indramayu, Malang dan Bogor.

Pengalaman hidup di tengah keluarga besar dalam gejolak kehidupan sosial pada masa itu membuat Mien menjadi seorang pribadi yang tangguh. Pasca lulus dari SGA (Sekolah Guru Atas), yang setara dengan SMU, di Bogor, Mien memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di IKIP Bandung. Biayanya? Ia sanggup membiayai kuliahnya sendiri dari hasil upayanya sendiri. Pada masa kuliah itu, Mien mendapatkan uang dari pekerjaan sampingannya sebagai librarian perpustakaan di kampus, memberikan kursus bahasa Indonesia kepada beberapa orang asing, bahkan menjadi asisten di lembaga Penyelidikan Pendidikan IKIP Bandung.

Lebih dari Sekadar Guru

Membaca buku “Mien R. Uno, Menjadi Wanita Indonesia” seperti menghadirkan kembali kilasan peristiwa hidup seorang wanita yang luar biasa. Hal senada disampaikan oleh Ibu Ani Yudhoyono dalam testimoni yang ia tuliskan dengan tulisan tangannya sendiri di buku tersebut. Tulisnya, “12 Mei 2005. Yts mbak Mien, Salah satu wanita yang luar biasa untuk Indonesia. Sangat kreatif, cerdas, dan cantik. Menandakan kepribadian yang mantap. Terus maju ya Mbak Mien. With Love, Ani SBY”.

 

Artikel selengkapnya dapat Anda temukan di Majalah Bisnis EXCELLENT edisi Juni 2011.

tgh

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT