Highlight

HENDRA GUNAWAN : Mengubah Brand, Memperluas Pasar

 

Membicarakan camilan khas tradisional dari Sabang hingga Merauke tidak akan ada habisnya. Ada begitu banyak produk unggulan di masing-masing kota atau daerah. Dengan kondisi demikian, kekayaan kuliner Indonesia seperti terserak begitu saja di masing-masing daer

HENDRA GUNAWAN : Mengubah Brand, Memperluas Pasar

ahnya. Kenyataan inilah yang ditangkap oleh Hendra Gunawan, Managing Director PT. Zoneindo Global, dan mengumpulkan kekayaan kuliner tersebut di dalam Outlet Snack Zone.

 

Berawal dari Suhaili Gunawan yang mendirikan Rotary Snack di tahun 1989, dimanaRotary Snack adalah sebuah tempat di mana Anda bisa menemukan aneka camilan tradisional Indonesia. Pada awalnya setelah melalui beberapa pertimbangan, Suhaili menempatkan Rotary Snack di sebuah pusat perbelanjaan yang baru saja diresmikan di jantung Ibukota, Jakarta, yaitu Plaza Indonesia. Perjalanan bisnis Rotary Snack terus berjalan dan berkembang. Hingga pada bulan Agustus 2006, Rotary Snack berubah menjadi Snack Zone.

Jika ditanya siapa yang mesti bertanggungjawab, bisa jadi telunjuk kita arahkan kepada Hendra Gunawan yang menerima ‘tongkat estafet’ itu dari Suhaili Gunawan, sang ayah. Ditemui di gerai Snack Zone Mall of Indonesia, HendraGunawan menuturkan apa saja perubahan yang ia sudah lakukan dan dampak dari perubahan tersebut.

***

Camilan khas Indonesia biasanya berada di pasar tradisional atau toko pusat jajanan oleh-oleh di kota asalnya. Mengapa Anda menghadirkan camilan khas Indonesia ke dalam mall di Jakarta melalui Snack Zone?

Kami melihat adanya kesempatan dan peluang.Saat ini kebanyakan masyarakat Indonesia sudah menaruh perhatian tentangkesehatan (higienis) serta qualitaskhususnya untuk  produk makanan. Memang kalau bicara dunia makanan ringan khas Indonesia, ada banyak sekali, mulai dari jajanan pasar yang ada di daerah Pancoran, Glodok hingga sekarang levelnya mall. Kenapa kami coba melihat kesempatan, peluang dan bawa produk itu ke dalam mall? Karena kamijuga melihat bahwa saat ini tendensinya, lifestyle-nya orang-orang kalau akhir pekancenderung kepada rekreasi keluarga di mall.Di situlahkami melihat kesempatan dan peluang tersebut.Lantas kami lalu berpikir, kenapa tidak kami coba kumpulkanbeberapa produk makanan khas Indonesia yang higienis dan berkualitas untuk dijadikan satu tempat convenientbagikonsumen.Di tempat itulah konsumen bisa menemukan produk unggulan dari Sabang sampai Merauke.Begitulah ide awal dari keberadaan Outlet Snack Zone.

 

Artikel selengkapnya dapat Anda temukan di Majalah Bisnis Excellent, edisi 16, Juli 2011.

tgh

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT