Highlight

JAMIL AZZAINI : Sekarang Sudah Tidak Zamannya Sekadar Bicara Sukses

 

Ditemui di kantornya, Jamil Azzaini menceritakan sepenggal perjalanan hidup dan karirnya yang kini cemerlang sebagai salah seorang trainer terkemuka di Tanah Air. Rekan-rekannya menyebut Inspirator SuksesMulia. Di kalangan trainer, ia juga dipanggil &l

JAMIL AZZAINI : Sekarang Sudah Tidak Zamannya Sekadar Bicara Sukses

dquo;kakek” karena banyak trainer yang ia kader dan berhasil dalam dunia training. Sebelum menjadi seorang trainer, Jamil pernah bekerja sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil (1992-1994) dan Dompet Dhuafa Republika (1994 – 2006). Keberhasilannya menjadikan Dompet Dhuafa Republika sebagai sebuah lembaga nirlaba yang diakui oleh dunia telah membuat Jamil merasa perlu mencari tantangan baru bagi dirinya sendiri. Ia pun memilih profesi trainer.

 

Praktis, segala kemapanan yang ia terima sebelumnya sebagai seorang direktur mesti dilepasnya. Hal ini tidak hanya berdampak bagi kehidupan pribadi Jamil, namun juga sekaligus dalam keluarganya. Sang ayah dan sang isteri menjadi teman bicara Jamil sebelum ia memutuskan secara mantap untuk memulai kehidupan baru sebagai seorang trainer pada tahun 2006.

“Saya sangat yakin kalau kita melakukan sesuatu yang kita cintai, kemudian kita berusaha keras untuk menguasai apa yang kita cintai, hasilnya pasti akan ikut dengan sendirinya,” ujar Jamil ketika ditanya mengenai kemantapannya memilih profesi trainer.

            Di tengah hiruk pikuknya seminar motivasi dan pengembangan diri, Jamil Azzaini tampil dengan sebuah gagasan yang berbeda dari kebanyakan teori kesuksesan lainnya. “SuksesMulia” adalah jargon yang tidak hanya ia ucapkan di dalam training , namun juga ia hidupkan dalam setiap aspek kehidupannya.

Apa yang membuatnya tertarik menjadi seorang trainer? Bagaimana ia bisa sampai merumuskan gagasan tersebut dan seperti apa pemikirannya tentang kesuksesan yang menjadikan ia seorang trainer yang berbeda dari trainer people development lainnya? Berikut ini adalah penuturan Jamil dalam sesi wawancara dengan Majalah Bisnis Excellent.

***

Apa yang menarik dari dunia training  bagi Anda?

Dunia training itu yang menarik bagi saya adalah ilmunya selalu berkembang. Dan kita “dipaksa “ belajar. Karena tidak boleh dong, trainer ilmunya itu-itu saja. Belajar itu bisa dari siapapun. Dari buku, dari guru kehidupan, dari anak, dari para ahli, bahkan saya juga belajar kehidupan dari salah seorang sopir taksi.

 

Artikel selengkapnya dapat dibaca di Majalah Bisnis EXCELLENT, edisi Agustus 2011.

tgh

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT