Highlight

NILAMSARI : Learning By Doing

 

Proses belajar tidak hanya ada di sebuah ruang kelas. Pengetahuan juga bukan hanya monopoli pihak manapun yang mengklaim bahwa dirinya pemilik pengetahuan. Maka tidaklah salah jika kita memiliki kebebasan untuk belajar dari mana saja.

 

NILAMSARI : Learning By Doing

Nilamsari, Managing Director PT. Babarafi Indonesia, tampkanya mengetahi betul apa arti dari kalimat “Pengalaman ada guru terbaik.” Bersama sang suami, Hendy Setiono, ia membangun sebuah bisnis yang mulanya hanya setingkat kaki lima saja. Kini perusahaan yang ia kelola telah mendapat pengakuan tingkat nasional.

Bagaimana ia membangun bisnisnya tersebut? Apa saja tantangan yang muncul dan bagiamana ia menghadapinya? Pada sebuah kesempatan di sela-sela kesibukannya, ia menuturkan pengalamannya mendirikan PT. Babarafi Indonesia.

***

Mencari Penghidupan di Usia Muda

Menikah di usia muda, 19 tahun, bisa jadi masih dianggap baru saja meninggalkan masa remaja. Nilam yang ketika itu meresmikan hubungannya dengan seorang pria bernama Hendy Setiono, mau tidak mau harus menghadapi pertanyaan : di usia muda seperti itu, bisnis apa yang bisa dan mau dijalankan?

Kuliah belum selesai. Sertifikat yang menandakan pengetahuan yang mereka miliki dari sebuah lembaga pun tidak dimilikinya. Kala itu, Nilam hanya mengetahui bahwa dirinya menyenangi bidang penjualan / sales. Dirinya pernah bekerja sebagai broker di bidang properti dan cukup menghasilkan. Namun pekerjaan itu hanya sesaat saja karena terjadi beberapa perselisihan di antara para agen. Adanya perselisihan tersebut, maka praktis membuat pihak manajemen harus turun tangan. Mengetahui keadaan yang demikian, Nilam merasa kurang cocok. Ia tidak bisa berada di bawah orang lain yang mengatur gerak dirinya. “Saya merasa kurang cocok untuk berada di posisi tersebut karena harus merasa dikendalikan oleh pihak manajemen,” ujarnya.

 

Artikel selengkapnya dapat dibaca di Majalah Bisnis EXCELLENT, edisi Agustus 2011.

tgh

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT