Highlight

HINGDRANATA NIKOLAY : Life is A Choice

 

Berbincang dengan seorang trainer tak ubahnya melakukan sebuah perbincangan tentang dimensi yang berbeda tenangmanusia. Apa yang selama ini terandaikan begitu saja menjadi terungkap dengan jelas. Jika selama ini ia hanya sekadar tahu saja.Kiniia lebih peka terh

HINGDRANATA NIKOLAY : Life is A Choice

adap apa yang terjadi di sekelilingnya, kondisi yang ia hadapi dan tahu bagaimana harus menyikapinya secara lebih bijak. Hingdranata Nikolay, seorang trainer di bidang NLP, memaparkan bagaimana kita dapat memandang kehidupan kita dari sudut pandang NLP.

Ditemui di sebuah kedai kopi di Grand Indonesia, trainer yang memiliki latar belakang sebagai professional di berbagai bidang bisnis ini mengatakan bahwa seorang trainer mesti tahu bagaimana menyampaikan materi pelatihan dan apa keinginan peserta trainer terhadap cara penyampaian materi tersebut.

Ada tipe kelas dengan peserta yang ingin training diadakan secara fun, banyak game, bisa tertawa dalam kelas. “Tapi bisa saja training yang seperti itu tidak useful sama sekali,” ujar Hingdranata. Sementara itu, ada training yang sebenarnya sangat berbobot dan berguna tapi karena suasana di kelas tidak menyenangkan, maka para peserta ketika keluar kelas bisa mengatakan training tersebut kurang menarik. “Nah, dua sisi tersebut, yaitu fun dan useful, yang ingin saya cover dalam training saya. Saya selalu sempurnakan diri saya ke sana,” ujarnya.

***

Seperti apa perjalanan karir Anda?

Saya memulai karir saya dari salesman yang menjajakan parfum, pernak pernik pendukung penampilan di jalanan. Pekerjaan ini saya jalani selama 2 tahun, sebelum akhirnya saya masuk ke korporasi dan menjadi Asisten Eksekutif . Saya juga pernah menjadi Direktur Administrasi di sebuah bank swasta. Tidak sampai setahun saya di sana, saya dipromosikan ke Asisten Manajer untuk bagian sumber daya manusia (SDM). Setelah itu saya berkecimpung di bidang SDM  hingga saya pindah ke beberapa perusahaan di bidang makanan, perbankan, restoran, fast food,dll. Saya juga pernah bekerja di Timezone, perusahaan game multimedia di bagian SDM. Terakhir, sebelum pindah ke bisnis ini (bisnis training-Red), saya adalah General Manager di suatu perusahaan pewarnaan rambut. Barulah kemudian saya terjun sepenuhnya sebagai seorang pembicara, trainer. Jadi dari pengalaman di bermacam-macam bagian di beragam bidang bisnis, dari SDM, sales sampai pimpin perusahaan, barulah saya ke duniatraining.

 

Artikel selengkapnya dapat Anda baca di Majalah Bisnis Excellent edisi September 2011.

tgh

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT