Highlight

Mensinergikan Marketing & Advertising

 

Judul               : The Little Blue Book of Advertising

Penulis             : Steve Lance & Jeff Woll

Penerbit &n

Mensinergikan Marketing & Advertising

bsp;         : Bhuana Ilmu Populer

Jumlah hlm      : XXXII + 261 hlm

Mensinergikan Marketing & Advertising

Bidang pemasaran (marketing) & periklanan (advertising) adalah 2 bidang yang berbeda sama sekali, jika tidak bisa dianalogikan layaknya air dan minyak. Bidang pemasaran, sebuah bidang yang sifatnya linear, harafiah dan logis. Sementara itu bidang periklanan yang merupakan sebuah bidang kreatif bersifat nonlinear, emosional dan tidak logis. Steve Lance, salah seorang penulis buku ini, menyadari betul jurang perbedaan ini manakala ia terlibat dalam sebuah pertemuan antara seorang presiden dari sebuah stasiun televisi kabel dengan seorang pengarah kreatif yang membuat iklan stasiun televisi kabel tersebut. Sang presiden meminta agar logo diperbesar . Dan sebaliknya, si pengarah kreatif mengatakan bahwa hal itu mustahil karena logo yang diperbesar akah mengubah pusat visual dari iklan tersebut.  Dari pengalaman tersebut, Steve merumuskan secara sederhana yang merupakan rumusan dari sebuah kesadaran baru, yaitu seorang pemasar dan pekerja kreatif tidak berbicara dengan bahasa yang sama.

Sudut pandang kedua yang menjadi pangkal dari buku ini adalah berpikirlah di dalam “kotak.” Selama ini banyak jargon yang diakui sebagai cara memperoleh ide keratif, yaitu “Berpikirlah di luar kotak.” Analogi kotak menjadi sebuah kungkungan yang membatasi. Benarkah? Para penulis buku ini justru mengajak pembaca untuk sadar bahwa persoalan bukan apa yang ada di dalam “kotak-kotak” tersebut. Melainkan adalah sedikit sekali orang yang benar-benar meluangkan waktu untuk berhenti sejenak, mengatur nafas, dan mengajukan pertanyaan penting ini : apa yang kita lakukan? Bagaimana kita melakukannya? Mengapa kita melakukannya? Bagaimana kita tahu apakah yang kita lakukan ini bekerja dengan baik?

Sudut pandang ketiga adalah Anda tidak dapat mengatur apa yang tidak dapat Anda ukur. Maksudnya adalah ketika sudah memilih parameter yang hendak digunakan untuk mengukur keberhasilan, dampak dari kerja tim Anda, tetaplah gunakan parameter tersebut untuk satu musim agar konsisten dan tampak apa yang Anda cari.

Buku biru ini merupakan kumpulan strategi praktis untuk membangun brand yang bertahan lama, kampanye periklanan yang berhasil dan promosi yang efektif. Prinsip-prinsip dalam buku ini tidak lekang oleh waktu dan senantiasa berhasil walaupun dunia di sekitar kita terus berubah. Disusun sebagai sumber rujukan kilat, buku ini merupakan kotak gagasan yang akan membantu para pekerja kreatif dalam mengatasi kebuntuan ide, mencari solusi bagi klien ataubiro iklan, mempertajam dan menciptakan fokus, serta membenahi kampanye periklanan. Tak ayal, buku ini layak menjadi bacaan yang memperkuat strategi branding perusahaan dan produk Anda.**

tgh

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT