Highlight

INDRA BRUGGMAN : Harumnya Parfum Indonesia

 

Produk parfume buatan dalam negeri yang dimiliki oleh seorang selebriti di Indonesia masih bisa kita hitung dengan jari. Indra Bruggman, selebriti yang dikenal public dari aktingnya di sinetron “Jonny oh Jinny,” meramaikan segmen pasar parfum dalam

INDRA BRUGGMAN : Harumnya Parfum Indonesia

negeri. Ia menghadirkan 3 varian produk parfum untuk kaum pria, wanita dan unisex. Bagaimana ia memulai bisnis parfum ini? Ditemui di salah satu restoran di Epicentrum Kuningan, Indra berbagi pengalamannya dalam berbisnis.

Sekitar tahun 2000, Indra membuka sebuah butik di lantai 1 dari suatu manajemen artis. Waktu itu Indra sedang sibuk-sibuknya dengan syuting stripping sinetron. Mengenai bisnis di bidang fashion ini, ia mengakui bahwa ia menyukai bidang fashion. “Jadi ya saya pikir kalau saya mulai bisnis, ya saya harus mulai dari sesuatu yang saya senangi,” ujar Indra.

Indra mengakui bahwa segmen pasar yang hendak ia masuki dalam butiknya adalah mereka yang telah memiliki pekerjaan tetap. Hal ini tampak dari label harga yang dibandrol di setiap pakaian yang dijualnya. “Barang-barang yang saya jual memang cukup mahal. Harga untuk sebuah tshirt berkisar antara Rp. 300 ribu hingga Rp. 400 ribu,” kata Indra.

Namun, kesibukan syuting sinetron yang ia jalani saat itu ternyata menyita perhatiannya terhadap butik tersebut. Pengelolaan butik ini kemudian dialihkan ke sang kakak. Alih-alih harapan butik dapat dikelola secara lebih baik, butik itu pun tidak bisa tertangani. Butik yang sempat bertahan selama 3 tahun itu pun terpaksa harus tutup.

Masa Transisi

Pasca tutupnya butik itu, Indra memutuskan untuk fokus dengan syuting dahulu. “Saya kumpulkan modal dahulu sambil memperluas pergaulan untuk mencari partner yang bisa bekerja dan tahu dunia bisnis,” ujarnya.

Hingga pada suatu ketika Indra bertemu dengan Tata Liem yang kini menjadi salah satu mitranya dalam bisnis parfum. Tata yang memiliki pengalaman di bidang marketing dan terbiasa kerja di multi level marketing ini memperkenalkan Indra dengan Pranoto Widjojo, pemilik produk kosmetik Tje Fuk. Mendapat tawaran produk dari Pranoto, Indra dan Tata berembuk untuk membentuk tim. Terbentuklah sebuah tim kerja yang terdiri dari Indra, Tata, Andrew dan Angel. Tim inilah yang memikirkan dan menentukan produk apa yang akan diproduksi dan dipasarkan, strategi pemasaran, dll. Pilihan pun jauh kepada produk parfum.

 

Artikel selengkapnya dapat Anda temukan di Excellent Business Magz edisi November 2011.

tgh

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT