Highlight

DARMADI DARMAWANGSA : Ini Generasi Konteks, Bukan Content

 

Darmadi Darmawangsa meraih Master of Science dan Engineer degrees dari sebuah  universitas tehnik terbaik di dunia Massachusetts Institute of Technology USA. Tahun 1996, Darmadi kembali ke Indonesia yang pada saat itu sedang mengalami masa sulit. Waktu itu

DARMADI DARMAWANGSA : Ini Generasi Konteks, Bukan Content

, ia ke Surabaya dan bekerja sebagai assistent project manager. Selang dua tahun kemudian, krisis moneter yang melanda Indonesia menghajar bidang properti.

Pada saat itulah, Darmadi ditawari oleh pemilik perusahaan untuk berpindah ke bagian marketing. Meski awalnya ia agak keberatan dan tidak menyukai bidang penjualan ini, namun toh, kondisi membuatnya harus mencoba bidang baru yang baru bagi dirinya.   

Ketika ia bergabung di ERA, ia berkesempatan menempati posisi di level manajer. Bukan sebuah kebetulan jika ERA mengadakan training-training secara rutin bagi para anggota tim penjualan. Hingga suatu ketika, Darmadi mulai berpikir,”Sepertinya menarik juga ya. Kenapa saya tidak mencoba menjadi salah satu trainer internal ERA?”

Ketika keinginan itu muncul, Darmadi mendapatkan momen yang sangat pas. Saat itu General Manager bagian Human Resources (HR) di ERA pindah ke perusahaan lain. Praktis posisi tersebut kosong. “Saya langsung menawarkan diri saya ke atasan saya untuk penempatan posisi kosong itu,” ujarnya. Darmadi pun diberi kesempatan untuk memegang bagian Sales dan HR..

Sepanjang 2002 – 2005, Darmadi memberikan training untuk internal ERA. Selama itulah ia rutin mengikuti training-training di berbagai negara dan mendapatkan banyak modul pelatihan yang ia terjemahkan untuk materi training di Indonesia. Merasa memiliki jam terbang cukup tinggi, Darmadi mulai berpikir untuk berbicara di mungkin yang jauh lebih luas lagi, tak sekadar hanya sebatas ERA saja.

Suatu ketika ia bertemu dengan salah seorang pembicara yang telah sukses. Darmadi bertanya tips menjadi pembicara yang dikenal banyak orang dan sukses. Si pembicara ini pun memberitahunya bahwa Darmadi harus menulis buku. Buku pertama Darmadi, Fight Like A Tiger, Do Like A Champions, yang terbit tahun 2006 ini telah memasuki cetakan ke-19 dan hingga kini masih terpajang di toko buku. Buku motivasi setebal 328 halaman ini menularkan semangat pantang menyerah untuk mencapai kesuksesan. Semangat ini pula yang rupanya dibutuhkan oleh mereka yang bergabung dalam bisnis properti,  Multi Level Marketing (MLM) dan asuransi. “Ketiga segmen itulah yang paling banyak mencari buku saya tersebut dan dari buku itu pula saya diundang untuk berbicara di banyak tempat,” kata Darmadi.

Berselang tiga tahun kemudian, terbit buku kedua Darmadi yang berjudul Champion, 101 Tips Menjadi Juara. Salah satu karya yang unik dari Darmadi adalah buku berjudul Success Journey, sebuah buku yang iatulsi dengan kolaborasi bersama Deniek Sukarya, seorang fotografer profesional. Buku yang lain adalah  Attitude is Everything, The Best of Champion, Patterns of Success dan Heart of Gold.

 

Artikel selengkapnya dapat Anda temukan di Excellent Business Magz edisi November 2011.

tgh

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT