Highlight

SUNNY SETIAWAN : Retail : Response & Detail

 

Dunia retail sering kali direduksi hanya sebatas perdagangan. Dari beragam teori tentang bisnis retail, ternyata masih ada sisi lain yang jarang terungkap namun sangat mendasari kesuksesan bisnis ini. Sunny Setiawan, Direktur Store Operasional

SUNNY SETIAWAN : Retail : Response & Detail

PT. Matahari Department Store, menuturkan dinamika dunia retail di Indonesia.

 

Bertemu dengan sosok pribadi yang berada di balik pertumbuhan pesat PT. Matahari Department Store (MDS), tak ubahnya bertemu dengan sang dalang yang mengatur alur kisah kesuksesan MDS di bisnis retail Indonesia. Hal ini terbukti dari penganugerahan penghargaan “The Pride of Indonesia 2011” dari program televisi Economic Challenges – MetroTV bagi PT. Matahari Departement Store pada 21 November 2011 lalu.

Senyum ramah di wajahnya seakan menyembunyikan ketangguhan Sunny sebagai praktisi retail yang telah malang melintang di bisnis retail sejak 1983. Bagaimana kiat-kiat tangguhnya, inilah yang akan diungkapkan dalam perbincangan bersama EXCELLENT BUSINESS  MAGZ.

Wanita kelahiran Jakarta 46 tahun silam ini menyelesaikan studi di Universitas Tarumanagara, jurusan ekonomi tahun 1988. Namun ia telah mengenal dunia retail pada tahun 1983 ketika bekerja di Corning Glass Indonesia. Empat tahun berselang, ia pindah kerja ke PT. Milan Mulia, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang consumerism makanan ringan. Tahun 1990, Sunny sempat bergabung di PT. Johnson & Sons. Perusahaan-perusahaan di atas adalah perusahaan yang tidak berhubungan langsung dengan end costumer. Ada kerinduan untuk berkerja di bidang yang berinteraksi dengan costumer langsung, Untuk itu Sunny menimba pengalaman retail dengan berkarir di PT. Mitra Adi Perkasa dan Duty Free Shoppers. Setelah dua belas tahun bekerja di kedua perusahaan itu, tahun 2003 Sunny mendapat kepercayaan sebagai Direktur Store Operational PT. Matahari Department Store. Selain itu, ia juga bertugas sebagai Liaison Officer MDS untuk Intercontinental Group of Department Stores (IGDS), kumpulan department store sedunia.

Kini di tengah kesibukannya mengurus bidang operasional di seluruh jaringan toko MDS di Indonesia, ia sedang menyelesaikan studi S2 (MBA) di bidang manajemen retail Universitas Stirling, UK. Dengan segudang aktivitas yang menuntut perhatian penuh darinya, Sunny berpegang pada motto hidupnya, Nothing is impossible. With the Lord, everything is possible. “Jadi perjalanan saya kuliah, berkarir, memimpin tim di Matahari dengan 43.855 karyawan, di store operation. Selalu saya katakan tidak ada yang mustahil. Apapun bisa kita raih jika kita tetap teguh bersama-Nya,“ ujarnya dengan mantap.

 

Artikel selengkapnya dapat ditemukan di EXCELLENT BUSINESS MAGZ edisi 21 – Desember 2011 – Januari 2012.

tgh

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT