Highlight

ANNE AVANTIE : Ketika Bisnis Melampaui Perhitungan Kalkulatif

 

Memasuki Roemah Penganten di Grand Indonesia, seakan memasuki relung jiwa terdalam dari sosok Anne Avantie, salah satu pengusaha sukses di industri mode Indonesia. Nuansa budaya Jawa yang sederhana begitu tampak jelas. Namun di sisi lain, tampil pula sisi elega

ANNE AVANTIE : Ketika Bisnis Melampaui Perhitungan Kalkulatif

n dan mewah dalam setiap desain busana karya Anne Avantie.

Sosok Anne Avantie tidak bisa dipisahkan dari sebuah produk budaya lokal bernama kebaya. Kecintaannya terhadap kebaya, membuatnya mampu menekuni industri mode selama 23 tahun. Kini, galeri miliknya dapat ditemui di sejumlah pusat perbelanjaan terkemuka di Jakarta dan pusat bisnisnya berada di Semarang. Alhasil, beberapa waklu lalu Anne mendapat penghargaan Ernst & Young Entrepreneurial Winning Women 2011. Di sela-sela kesibukannya menerima dan melayani para pelanggannya di Roemah Penganten, Grand Indonesia, Anne berbincang bersama EXCELLENT BUSINESS MAGZ dan membagikan butir-butir refleksi perjalanan bisnisnya.

***

Isu yang terkait dengan bisnis Anda adalah plagiat terhadap produk Anda. Bagaimana Anda menyikapinya?

Tantangan sekarang memang karya saya dikloning dari Sabang hingga Merauke. Ketika setiap orang mencontek karya Anne Avantie, saya jauh-jauh hari sudah menyiapkan apa yang namanya iklhas. Ini karena saya tidak bisa mempatenkan karya saya menyangkut banyak hal. Dan saya memang bersyukur bahwa ide dan inspirasi saya menjadi berkat bagi banyak orang. Jadi saya merasa bersyukur menjadi saluran.

Tapi yang terpenting adalah bagaimana dengan banyaknya plagiat Anne Avantie, dan semua orang menjadi Anne Avantie wanna be, perusahaan Anne Avantie sendiri tidak hancur. Sehingga saya melakukan banyak kegiatan, terutama kegiatan bagaimana sekalian saya memberikan sharing tentang wirausaha, melakukan sharing rohani, saya menulis di banyak media tentang kehidupan wanita inspriatif. Saya menjadi pembicara di berbagai seminar.

Artikel selengkapnya dapat ditemukan di EXCELLENT BUSINESS MAGZ edisi 21 – Desember 2011 – Januari 2012.

tgh

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT