Highlight

AYO BRANDING !

Ketika hendak menulis artikel ini, kebetulan saya mempunyai appointment dengan satu loyal customer, dan sempat tertegun manakala di ruang meeting-nya menemukan satu poster bergambar perahu yang sedang berlayar di lautan lepas dan di bawahnya tertera tulisan <

AYO BRANDING !

em>“We can’t direct the winds, but We can adjust the sail.” Sungguh satu quote yang luar biasa bermakna dan inspiratif, karena dalam lingkup bidangsales / marketing yang tergeluti, pastilah kita tidak bisa menebak animo customer yang sangat beragam. Yang bisa diperbuat hanyalah dengan mengarahkan awareness mereka untuk memutuskan berpaling kepada produk kita. Salah satu cara yang sangat efektif adalah dengan melakukan branding terhadap produk ataupun perusahaan kita.

Akan tetapi hal ini bisa dikatakan sebagai langkah yang gampang-gampang susah. Mengapa bisa demikian? Karena mem-branding tersebut bukan hanya terpatri kepada bagaimana caranya kita berpromosi, tetapi lebih dari sekedar tahap itu. Mem-branding ibaratnya adalah menggiring konsumen untuk melirik, memakai,  mempertahankan kesetiaannya serta sekaligus mengkatrol keunikan yang mampu melekat senantiasa di ingatan mereka, selain menimbulkan suatu kebanggaan tersendiri ketika mereka mempergunakannya. Sehingga apabila konsumen membutuhkan dan ingin membeli produk sejenis, yang pertama terlintas adalah produk unggulan hasil branding kita tersebut.

Tersadari atau tidak, setiap bisnis / produk pasti mempunyai “brand” tersendiri, dari berbagai bidang industri (makanan, pakaian, properti, farmasi, IT, otomotif, media, dll) bahkan sampai ke pemerintahan pun (kota / provinsi) mencantumkan brand-nya masing-masing. Tujuannya sudah pasti untuk memudahkan konsumen (atau turis baik lokal ataupun internasional) mengingat dan membeli produknya tersebut, misal: Tahu Sumedang; Batik Solo; Apel Malang, Teh Botol Sosro; Kopi Kapal Api; Kayu Putih Cap Lang, dll.

Dan untuk melengkapi edisi sebelumnya, di mana sudah terbahas definisi, fungsi dan manfaatnya, maka pada edisi ini secara global saya akan jabarkan apa saja elemen pendukung beserta tip aplikasinya saat kita akan melakukan suatu branding.

 

Artikel selengkapnya dapat Anda temukan di EXCELLENT BUSINESS MAGZ Edisi Februari 2012

Meiga Mulyaman

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT