Highlight

BONG CHANDRA: Yang Muda, Yang Sukses

Ketika seseorang memutuskan untuk menjadi motivator, maka ia harus mempunyai bekal yang cukup mumpuni untuk dibagikan kepada siapa pun yang membutuhkan dorongan motivasi darinya. Ini berarti ia harus cukup punya kebijaksanaan dalam kehidupan. Bicara tentang kebijaksanaan dalam h

BONG CHANDRA: Yang Muda, Yang Sukses

idup, kita akan dihadapkan pada dimensi waktu. Pengalaman hidup dan refleksi atasnya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Perlu proses yang harus dijalani. Bagaimana menyatukan proses merenungkan kebijaksanaan dan dimensi waktu? Bong Chandra, seorang motivator muda Indonesia menuturkan pengalamannya dalam menyatukan kedua hal tersebut.

Bong Chandra terlahir sebagai anak kedua dari tiga bersaudara. Dengan latar belakang keluarga yang berkecukupan, Bong merasa kehidupannya berbalik 180 derajat ketika bisnis keluarganya bangkrut di tahun 1998. Kemudian Bong memutuskan untuk bekerja di sebuah perusahaan multi level marketing (MLM) ketika masih berusia 18 tahun. “Waktu itu saya punya sekitar 2000 downlinedandi sana saya belajar pengembangan diri, walau akhirnya downline saya rontok semua. Tapi saya tidak mau rugi, setelah ikut MLM itu, walau saya gagal dalam bisnisnya, saya ingin ambil pengembangan dirinya. Dan di situ, hal yang saya dapatkan adalah tentang mentalitas, komunikasi, marketingdan bagaimana kemampuan untuk menangani sebuah acara atau event,” katanya sembari mengenang pengalaman masa lalu.

Pada usia 20 tahun, Bong mendirikan sebuah perusahaanevent organizer bersama teman-temannya. Perusahaan ini fokus pada event di bidang pendidikan, training, seminar,workshop. Kala itu ia membuat seminar-semianr motivasi yang mengundang para motivator top Indonesia. Dalam bisnis ini, Bong mengalami pengalaman jatuh bangun dalam berbisnis.

Ketika sedang mempersiapkan suatuevent, sering kali Bong menjadi promotor bagi event tersebut di radio. Dari sinilah Bong menjadi seorang pembicara publik di bidang motivasi. “Kemudian di situ mulai banyak panggilanuntuk saya. Memang saya tidak rencanakan ya lalu saya mulai bikin seminar secara gratis. Saya diundang ke beberapa kota, berbicara secara gratis. Saya memang senang di bidang public speaking,” ujarnya.

 

Artikel selengkapnya bisa Anda baca di EXCELLENT BUSINESS MAGZ Edisi Maret 2012

Bong Chandra

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT