Highlight

Tak Gentar Bisnis Spa

“Tak gentar.” Begitu kata yang diucapkan Annie Savitri, SE, Dipl. Cidesco, ketika harus merintis bisnis spa dengan konsep yang terintegrasi dengan berbagai perawatan tradisional Indonesia. Naluri bisnisnya mengatakan, keragaman perawatan tubuh dan kecantikan tanah ai

Tak Gentar Bisnis Spa

r memiliki daya tarik yang sangat luar biasa. “Misalnya saja orang Kalimantan, mereka punya tradisi merawat tubuh, namun tak terpelihara sebaik masyarakat Jawa atau Bali,” jelasnya, ketika diwawancarai secara ekslusif oleh EXCELLENT BUSINESS MAGZ di Andaru Spa, miliknya di kawasan Kemang Jakarta Selatan.

 

Ada beberapa hal yang membuatnya yakin akan bisnis ini. Selain lokasi yang dipilihnya sangat strategis, juga konsep yang dijualnya ini dianggapnya sebagai pelopor (pioneer) dalam dunia spa. “Perawatan tubuh ini belum ada yang menggarap, dan memodifikasi dalam konsep spa yang lebih modern,” jelas ibu satu anak ini.
            Lebih jauh Annie mengungkapkan, sejauh ini belum ada yang mengangkat spa Indonesia sebagai satu kesatuan yang utuh. Sebenarnya, berbagai perawatan tubuh khas yang dimiliki Indonesia bisa dimodifikasi menjadi sesuatu yang berbeda dan lebih modern lagi. ‘’Jadi, ketika turis datang, mereka bisa mengenal spa Indonesia secara utuh dengan berbagai pilihan termasuk Balinese dan Javanese spa. Seperti Thailand yang lebih dikenal dengan Thai Spa, bukan Phuket Spa,’’ tuturnya.

Dalam rencana bisnisnya, ke depan, bisnis ini akan dikembangkan dengan berbagai perawatan khas tradisi dari berbagai daerah di Indonesia, seperti dari Makassar, dan daerah lainnya. "Bisnis yang dirintis sebagai pioneer, terasa berbeda karena belum pernah ada sebelumnya sekaligus memberikan keunikan yang khas, apalagi dengan pilihan perawatan spa yang kaya dengan berbagai pilihan dan tidak fokus pada satu perawatan saja. Konsep spa yang unik, baru, dan belum pernah ada akan bertahan lebih lama di bisnis jasa spa dibandingkan menjalani konsep yang sudah banyak ditemui," lanjut perempuan yang aktif sebagai Ketua Lembaga Sertifikasi Spa Nasional ( LSP Spa Nasional) dan Master Penguji Spa dari Kementerian Pendidikan dan Budaya, Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan. 

Nama “Andaru” diambil Annie dari bahasa Sansekerta yang berarti “wahyu” atau “berkah.” Annie meyakini konsep spa miliknya akan merambah pasar dunia. Annie menjelaskan bahwa Bali dinobatkan sebagai destinasi spa favorit dunia pada tahun 2009. Meski begitu Thai Spa masih tak bergeser sebagai destinasi spa pertama di dunia. Annie berharap, nantinya, spa Indonesia juga populer di dunia bisnis spa internasional. Tentunya melalui konsep spa di Andaru Spa, Annie berharap agar tradisi Indonesia tetap terpelihara dan dinikmati penduduk dunia.

Annie mengklaim Andaru Spa sebagai pioneer dalam konsep spa Indonesia yang mengombinasikan perawatan tradisi dengan teknik perawatan tubuh yang telah teruji secara medis. Annie menyebut rumah usahanya, ‘Spa Indonesia dengan bahan organik.’

Sejak awal mendirikan Andaru Spa, Annie berpikir bahwa jualannya harus bisa ke luar negeri. Annie berkeinginan agar Indonesia bisa menjadi leader sebagai destinasi spa favorit dunia dengan mengedepankan spa Indonesia secara terintegrasi, bukan hanya fokus pada daerah tertentu saja. Kini, Annie secara mandiri membangun bisnis spa secara profesional yang didukung oleh tenaga terapis handal dan bersertifikasi yang dilatih dan diawasinya langsung untuk menjamin kepuasan pelanggan.

Menurut Annie, sudah waktunya spa Indonesia berdiri sejajar dengan berbagai pilihan spa favorit dunia seperti Thailand, India, China, atau spa yang menggabungkan konsep perawatan tradisi Timur dan Barat. Karena itulah, Annie menawarkan pilihan spa yang mewakili Indonesia di Andaru Spa, seperti Balinese Ritual Treatment dan Exotic Ratus Herbal Infuse yang mengadopsi perawatan tradisi ratus masyarakat Jawa. Berbagai perawatan tubuh untuk kesehatan dan kecantikan tersedia dengan ramuan alami yang diproduksi secara mandiri oleh rumah industri Andaru Spa di Jakarta.

Terdepan Baca Pasar

Tantanganyang dihadapi Annie saat membangun Andaru Spa terletak pada building brand dan menentukan konsep yang akan digunakan. Bagi Annie, penentuan konsep itulah yang paling berat. Ia membutuhkan waktu 6 bulan untuk menentukan konsep maupun ciri khasnya. Untuk itu, dalam menghadapi tantangan, Annie memilih menggunakan konsep yang unik, yakni gaya khas Indonesia (Indonesian style), dengan visi melestarikan budaya nasional, terutama di bidang spa treatment hingga ke mancanegara. “Agar Andaru Spa ini dikenal masyarakat, untuk pemasarannya saya menggunakan media internet dengan membuat website, maupun seminar kecantikan yang dihadiri oleh kaum wanita,” tegas mantan model di era tahun 80’an ini.

            Bagi Annie, tak mudah mempopulerkan spa baru miliknya. Namun perempuan yang mengawali karier sebagai make-up artist ini meyakini sudah waktunya nama Indonesia dikenal dunia, terkait dengan keragaman layanan spa tradisional Indonesia. Menurut Annie, Indonesia punya ragam pilihan perawatan tubuh dan kecantikan, seperti masyarakat Kalimantan yang memiliki tradisi perawatan tubuh khas Kalimantan. Namun Annie menyayangkan, tradisi perawatan tubuh di sana tidak terpelihara sebaik perawatan tradisi masyarakat Jawa atau Bali. “Mungkin hanya generasi pendahulunya yang masih menggunakan bedak dingin, sementara generasi muda sudah mulai meninggalkan penggunaan bedak dingin. Selain itu belum ada yang menggarap perawatan tubuh ini dan memodifikasinya dalam konsep spa yang lebih modern," jelasnya.

Annie tak gentar menghadapi tantangan merintis bisnis spa dengan konsep integrasi berbagai perawatan tradisi Indonesia. Ibu dari satu anak remaja yang terlihat awet muda ini meyakini bahwa bisnis spa yang dimulai sebagai pioneer akan lebih mudah merebut hati pasar. Apalagi, lokasi bisnis yang dipilihnya strategis untuk mengembangkan bisnis spa. Maklum, potensi pasar spa di kawasan Selatan Jakarta masih belum banyak tersentuh.

"Banyak pasangan muda dan konsumen matang yang mandiri secara finansial bermukim di kawasan Jakarta Selatan. Mereka membutuhkan perawatan spa, namun kerapkali terkendala karena harus ke pusat Jakarta dan memakan waktu yang panjang jika ingin menikmati spa," tutur Annie,

Annie meyakini, Andaru Spa yang berada di Kemang mampu menjawab kebutuhan pasar di Jakarta Selatan.

Prospek Cerah Bisnis Spa

Hingga saat ini, minimnya informasi dan sosialisasi yang baik dan benar mengenai konsep perawatan dan bisnis jasa spa membuat pengusaha spa kerapkali terkendala mengembangkan bisnisnya. Akhirnya, banyak pengusaha spa yang tidak berani memperkenalkan bisnisnya sebagai rumah usaha khusus spa, dan memilih bisnis salon yang juga menyediakan jasa spa.

Annie memahami masalah ini dan berani mengambil keputusan untuk menjalani Andaru Spa sebagai fokus bisnisnya. Menurutnya, bisnis spa masih memiliki prospek yang cerah di masa mendatang. Apalagi Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga mempromosikan spa sebagai Produk Unggulan Pariwisata Indonesia.**

 

Artikel selengkapnya bisa Anda baca di EXCELLENT BUSINESS MAGZ Edisi April 2012

tgh

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT