Highlight

Emila Susilawaty: Berkarya lewat Bisnis Sepatu

Pepatah lama yang mengatakan, tantangan, pengorbanan, perjuangan dan kesuksesan adalah satupaket, dipahami betul oleh Emila Susilawaty, Direktur PT.Milenia Berkat Abadi. Pepatah itu pun diaplikasikan dalam mengembangkan usahanya. ‘’Dengan mengetahui ini, tantangan yang ada selalu a

Emila Susilawaty: Berkarya lewat Bisnis Sepatu

kan dihadapi dengan tegar untuk meraih kesuksesan’’ujar pengusaha sepatu ini.

Karena mengaplikasikan dengan baik pepatah tersebut, maka ketika ada halangan menghadang, Emila pun menggunakannya sebagai jurus jitunya. Misalnya saja ketika kendala dari dalam dan luar perusahaan seperti harga bahan baku yang meningkat, persaingan ketat di pasaran. ‘’Ini adalah sebuah tantangan yang memacu saya sebagai direktur, untuk lebih kreatif dan produktif untuk memenangkan tantangan yang ada,’’ tegas pemilik merek sepatu wanita JOO Couture untuk merek dagang sepatunya ini.

            Untuk mencari bahan baku yang berkualitas, Emilamelakukan business trip 4-5kali dalam setahun. Adapun dalam business trip ini ada beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti fisik yang kuat, persiapan apa saja yang mau dikerjakan dengan siapa, lokasi di mana, detail waktunya, hingga budget keuangannya, harus dibuat sebelum business trip.  

 

Buat Sepatu Wanita

 

Ide untuk membuat brand sepatu wanita, Emila terinspirasi dari banyaknya customer ayahnya yang memesan sepatu dari PT. Foximas Mandiri, Bandung dengan menggunakan brand international. ‘’Ternyata sepatu produksi FMB mampu bersaing dalam harga, desain dan kualitas dengan produk-produk branded asal mancanegara seperti Singapura, Jepang, Australia, Eropa, Prancis, Italia,’’ tuturnya.

                Mengetahui hal tersebut, maka Emila mulai mencoba untuk membuat konsep produk, konsep brand dan konsep pemasaran untuk brand sepatu wanita JOO Couture dengan mengacu desain dari mode fashion internasional. Ternyata hasilnya sangat mengembirakan. Desain produk JOO Couture diterima di pasar lokal dan internasional dengan baik. ‘’Untuk lebih memasarkan brand JOO Couture, saya menjual sepatu JOO Couture ke boutique-boutique fashion, tegasnya.

                Nampaknya hasil produksi Emila mulai terkenal. Dimulai dari boutique sepatunyadi  Bandung, konsep brand dan produknya yang berkualitas international, dilihat oleh pihak Sogo Department Store, dan  Emila mendapat kesempatan untukmempresentasikannyake Jakarta. Presentasinya ternyata berhasil. Tahun 1999, JOO Couture pun membuka dua counternya di Jakarta, yaitu di  Sogo Plaza Indonesia dna Sogo Plaza Senayan.

            Dari dua lokasi itu, JOO Couture semakin berkembang. Ekspansi ke Sogo lainnya pun dilakukan oleh Emila. Saat ini JOO Couture Shoes berkembangke cabang Sogo lainnya, seperti Sogo Kelapa Gading Mall, Sogo Central Park, Sogo Emporium Mall, SogoPondok Indah Mall, Sogo Kota Kasablanka, Sogo Sun Plaza Medan dan Sogo Paris van Java Bandung, juga Keris Gallery Puri Indah,Jakarta.

 

Artikel selengkapnya bisa Anda baca di EXCELLENT BUSINESS MAGZ Edisi Juni 2012

ls

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT