Highlight

Ratih Sang: Ratih Sang Buka Gerai Busana Muslim

Membangun bisnis bisa dimulai dari hobi atau kesenangan kita kepada sesuatu. Mungkin itu pula yang menginspirasi Ratih Sang untuk menekuni bisnis busana, khususnya busana Muslim. Sebagai mantan peragawati terkenal pada era 90-an, Ratih Sang tentu tidak bisa dilepaskan dari image sebag

Ratih Sang: Ratih Sang Buka Gerai Busana Muslim

ai ikon mode di tanah air. Dengan image yang sudah terbangun di mata masyarakat seperti itu, maka pilihan Ratih untuk menekuni bisnis busananya boleh dibilang pilihan yang cerdas dan bijak.

Ratih Sang dikenal public sebagai seorang pragawati papan atas yang memulai kariernya sebagai None Jakarta 1983. Meskipun image pragawati biasanya identik dengan dunia gemerlap, tetapi perempuan kelahiran Ngawi, Jawa Timur, ini dikenal sebagai sosok yang rendah hati. Bahkan pada tahun 90-an, Ratih memilih menutup kepalanya dengan jilbab sehingga membuat sosoknya juga  menjadi ikon mode busana Muslimah yang belakangan semakin marak di tanah air.

Sejak berjilbab itu, banyak orang yang ditemuinya di berbagai kesempatan menanyakan dimana ia membeli kerudung dan busana yang dipakainya. Maklum, sebagai peragawati, tentu ia paham betul busana yang seperti apa yang sangat pas dan tampak anggun dipakainya. Maka tak heran banyak orang, utamanya ibu-ibu yang tertarik ingin memiliki busana yang dipakainya.

 “Bahkan kemudian di daerah banyak yang meminta (busana yang saya kenakan) dilepas, dibeli. Akhirnya saya membuat butik.” Kenang isteri dari Isman Budisepta Zen ini.

Begitu menyadari banyaknya orang yang tertarik dengan model dan gaya busana yang dikenakannya, maka terbetiklah naluri bisnisnya untuk membuat butik yang menjual koleksi model busana yang biasa dikenakannya. Maka berdirilah Butik miliknya sejak lima tahun lalu.

Meskipun butiknya berjalan lancar, tetapi Ratih Sang belum merasa puas. Pasalnya, busana kelas butik biasanya dibuat exclusive, sehingga harganya pun sangat mahal untuk ukuran kebanyakan masyarakat, sehingga hanya kalangan atas saja,  yang sanggup membelinya. Padahal, Ratih Sang ingin busana-busana koleksinya bisa dimiliki oleh lebih banyak kalangan lagi, termasuk sampai ke daerah-daerah. Karena itu, ia pun mengalihkan bisnis butiknya dan merubahnya menjadi Gerai Ratih Sang.

“Saya ingin membuat baju saya bisa dinikmati oleh kalangan menengah, kalau bisa sampai ke bawah. Maka dibuatlah Gerai Ratih Sang ini, yang sistemnnya ini semi franchise, semi waralaba, semi directselling, sehingga tetap ada untungnya bagi mereka yang bergabung di bisnis ini,” tutur ibu dengan tiga orang anak ini.

Ratih Sang mengaku, sejak butiknya beralih menjadi gerai, beberapa pelanggan butiknya sempat kaget dan kecewa, karena koleksinya dianggap sudah tidak exclusive lagi. Kalau waktu masih di butik harga busana yang dijualnya bisa mencapai 1,5 juta hingga 2 jutaan, kini busana yang dijual di gerai hanya 200 ribu atau 300 ribu saja. Tapi Ratih Sang menanggapinya dengan tenang dan bijak.

“Kan ada orang-orang yang gak mau pakai baju yang lebih murah. Ya gak apa-apa, tapi kan memang tujuan saya kan bisa menjangkau sampai semua kalangan. Ketika sudah menjangkau semua kalangan, itu memang tujuan saya. Jadi gak ada butik lagi,” ujar Ratih kalem.

Meskipun Ratih Sang mengaku sulit menjelaskan kepada pelanggan lama yang terbiasa membeli busana mahalnya, tetapi ia punya trik untuk menyikapinya. Ia pakai saja busana-busana yang dijual di gerainya, sehingga orang yang mellihatnya pun akan tahu, bahwa meskipun bukan kelas butik lagi, tetapi busana yang dijual di gerainya tetap pantas dan cocok dikenakan oleh Ratih Sang.

Pantas dan cocok dengan Ratih sang, itulah yang memang menjadi konsep busana yang dijual di gerainya. Sebelum busana itu diproduksi massal, biasanya dicek terlebih dahulu, dengan cara dicoba oleh Ratih Sang sendiri. Jika kelihatan bagus dan compertable, baru diproduksi massal.

“Konsep busana gerai ini, baju itu harus bagus saya pakai, baru diproduksi massal. Kalau saya memakainya tidak convertable, saya tidak akan produksi massal, meskipun lagi inn,” papar Ratih Sang.

 

Artikel lengkap dapat Anda baca di EXCELLENT BUSINESS MAGZ  edisi Sept – Okt 2012

Untuk Pemesanan Telp ke: 081298161166

ls

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT