Highlight

Anita Ekasari: Spirit Try To Do The Best

Memiliki karier cemerlang di dunia pofesional merupakan mimpi setiap orang. Tetapi tidak semua orang bisa meraihnya. Dibutuhkan kerja keras dan sikap hidup positif untuk meraih sukses. Itu pula yang tampaknya berlaku bagi Anita Ekasari untuk meraih sukses seperti yang berhasil dicapainya sekar

Anita Ekasari: Spirit  Try To Do The Best

ang.

Sikap hidup positif yang selalu dikembangkannya telah mengantarkannya ke jenjang karier yang cemerlang. Perempuan kelahiran Yoggyakarta ini berhasil menduduki posisi Senior Vice President Chief Bancassurance Officer di perusahaan asuransi papan atas, Allianz Life Indonesia.

Menurut Anita, perjalanan karier setiap orang tidak selalu sukses terus, dan juga sebaliknya, tidak selalu gagal terus. Yang penting menurutnya, dalam situasi apa pun kita harus berusaha mencoba melakukan yang terbaik.

“ Yang penting, saya sih spiritnya selalu try  to do the best . Saya selalu expect melakukan yang terbaik, saya juga expect my team melakukan yang terbaik. Begitu juga pada saat kita melayani mitra bisnis. Pokoknya everything we do we try to the best. Yang kedua, mungkin selalu punya aspirasi yang tinggi. Bagaimana caranya kita tetap bisa punya aspirasi, misalnya bagaimana ya kita bisa jadi nomor 1 di market. Jadi ada drive untuk selalu berpikir sukses,”  ujar Anita.

Goal Oriented

Selain selalu berusaha melakukan yang terbaik dalam setiap pekerjaan yang diembannya, Anita juga tergolong tipe wanita yang goal oriented. Dia senang membuat goal –goal atas apa yang dia impikan. Dengan goal-goal itu, dia bisa fokus mengejar mimpinya.

“Prispin hidup saya lebih kepada goal oriented. Saya selalu bikin goal apa yang saya mau. Saya easy going juga, tapi juga goal oriented. Apa yang selalu saya impikan, biasanya terjadi. Waktu itu saya punya dream anak kedua saya cowok, itu saya dream-kan. Karena anak pertama saya perempuan, pengen yang kedua cowok,” kenang ibu dari Jenna Andriani (11 tahun)  dan Aje Derian (7 tahun) ini.

Anita masih ingat, ketika baru 3 tahun bekerja di dunia professional, ia membaca sebuah majalah ekonomi  yang menulis profile seorang eksekutif perempuan di salah satu perusahaan berskala besar waktu itu yang sudah berhasil mencapai posisi direktur sebelum umur 35. Profile eksekutif perempuan  dengan pencapaian karier yang cemerlang itu menginsiprasi dirinya. Dia berpikir, jika orang tersebut bisa, maka dirinya pun harus bisa. Maka ia pun membuat goal untuk mencapai posisi yang sama sebelum usia 35. Ternyata mimpinya itu benar-benar berhasil ia raih ketika usianya baru mencapai 32 tahun.

“Saya terinspirasi oleh profile yang dimuat di majalah itu, kayaknya keren ya, cewek jadi direktur sebelum umur 35. Jadi saya selalu punya dream, punya target-target yang ingin saya capai,” ucap Anita.

Semangat goal oriented dan berusaha melakukan yang terbaik itu pula yang selalu ia terapkan dalam membangun dan mengembangkan tim yang dipimpinnya. Ia selalu menekankan kepada timnya untuk selalu berusaha melakukan yang terbaik, sebagaimana yang ia sendiri tunjukkan kepada mereka.  Ia berharap, dengan prinsip seperti itu, timnya akan bisa berkembang terus menjadi lebih baik. Maka tidak heran jika banyak orang-orang dari timnya yang saat ini sudah berhasil memegang posisi-posisi penting di perusahaan tempatnya bekerja.

Menurut Anita, sebagai pemimpin, dirinya sangat suka melihat orang-orang dalam timnya terus berkembang, sehingga mereka bisa mencapai mimpi mereka sendiri. Ada kepuasan batin yang tidak bisa diukur dengan uang ketika melihat orang-orang yang dipimpinnya berkembang dengan baik dan berhasil mencapai mimpi mereka.

Growing  people itu saya suka, kemudian juga bisa membuat orang achieve their dream. Saya rasa itu lebih berharga dari uang yang kita dapatkan. Kemudian kita bisa fun bareng- bareng. Saya orangnya informal, kalau kita fun, ya fun, kalau kerja, ya kerja,” kata lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Parahyangan Bandung ini.

Tantangan dan Bagi Waktu Keluarga

Ketika awal-awal bekerja, banyak saudara dan temannya yang bertanya, kenapa bekerja di asuransi, bukan di bank? Maklum, tahun 1990-an adalah tahun sedang booming-nya perbankan di Indonesia. Kebanyakan  teman-teman seangkatannya tertarik bekerja di bank. Kesannya bekerja di bank lebih prestise ketimbang bekerja di asuransi. Apalagi pada waktu itu asuransi image-nya masih belum terlalu populer di mata masyarakat.

Tetapi Anita tidak ambil pusing. Bagi dia, semua itu ia anggap sebagai tantangan dalam meniti kariernya di dunia professional. Yang penting ia bekerja dengan sebaik mungkin dan mampu menunjukkan prestasinya.

“Tapi sekarang lebih equal-lah. Orang bank respect ke orang insurance, orang insurance respect ke orang bank. Apalagi saya di bancassurance. Kalau sekarang sih tantangannya lebih ke bisnis bancassurance, how to grow the business, karena (perusahaan) kami kan sekarang no. 3 di market. Itu kuartal 1 tahun 2012. Tahun 2011 kita masih no. 4. Jadi challenge-nya sekarang, bagaimana bisnisnya bisa sustain sama how to grow to business. Karena membesarkan yang sudah besar itu lagi lebih sulit daripada membuat yang kecil menjadi besar,” ungkap wanita yang memulai karier professionalnya dari perusahaan asuransi Sewu New York Life ini.

Salah satu tantangan sebagai seorang professional  yang juga menjadi ibu di rumah adalah membagi waktu antara kepentingan karier dan mengurus atau menemani anak-anak di rumah. Pada awal-awal memiliki anak, ia mengakui tantangannya lumayan menguras tenaga . Sebagai professional yang masih muda, orientasi kerja tidak bisa ia tinggalkan, sementara anak-anak yang masih kecil juga butuh perhatian lebih. Tapi semua itu ia jadikan pelajaran berharga bagi kehidupannya, karena itu, sejak memiliki anak kedua, ia mulai berusaha membagi waktu dengan seimbang.

 

Artikel lengkap dapat Anda baca di EXCELLENT BUSINESS MAGZ  edisi Sept – Okt 2012

Untuk Pemesanan Telp ke: 081298161166

ls

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT