Highlight

CHANGE IT !

Pria itu berusia kira-kira 20 tahun, dia berjalan dengan cepat beberapa meter didepan saya. Dipunggungnya tergantung sebuah ransel yang terlihat cukup berat, menandakan ada sebuah komputer jinjing dan mungkin beberapa buah folder didalamnya. Dari pakaian yang diken

CHANGE IT !

akannya, yaitu kemeja yang terlihat cukup rapi dan pantalon hitam, serta sepatu pantovel, maka dapat saya simpulkan dia adalah seorang eksekutif perusahaan.

Ketika hampir mendekati sebuah eskalator, terlihat di kiri kami berderet trolley dari sebuah supermarket asing terkenal yang baru saja digunakan oleh para pembelanja. Memang ada larangan untuk membawa trolley melewati eskalator itu. Para pembelanja, banyak yang meninggalkan trolleynya dengan sembarangan dan agak menghalangi jalan kami menuju eskalator. Pria didepan saya mengambil 1 buah trolley yg menghalangi kami dan dia mendorongnya kederetan trolley di kiri kami. Kemudian dia melanjutkan perjalanannya menuju eskalator.

Ketika saya melihat kejadian tersebut, saya tersenyum kagum dan langsung teringat kalimat 'If you don't like what you see, change it !'

Saya sering bertemu dengan pengusaha dan pemilik bisnis yang mengeluhkan mengenai berbagai hal tapi tidak melakukan tindakan apa-apa. Dia hanya mengeluh dan ingin dikasihani, tetapi ketika diberikan usulan atau masukan, tetap tidak menjalankan tetapi tetap mengeluh.

Sebagai contoh, ada yang mengeluhkan mengenai sikap karyawannya yang bekerja sembrono, tidak disiplin, dan suka melawan, walaupun sudah ditegur berkali-kali. Saya mengusulkan agar beliau melakukan tindakan disipliner, baik berupa surat peringatan tertulis bahkan sampai pemutusan hubungan kerja, karena kalau dibiarkan, maka akan terjadi penurunan motivasi dan moral seluruh karyawan. Dampaknya, akan terjadi penurunan tingkat produktifitas dan juga penurunan tingkat keuntungan perusahaan. Jawaban yang saya terima adalah : "iya sih, tapi ....", beribu alasan keluar dari mulutnya.

Akhirnya setelah saya berikan penjelasan dan pengertian baru beliau melakukan tindakan pemutusan hubungan kerja kepada karyawan tersebut.

Seminggu kemudian, dalam kesempatan pertemuan berikutnya, beliau berkata bahwa dia sangat lega dan tidak stress lagi, tidak marah-marah lagi di kantor.  Karyawan lainpun, yang tadinya sering bersungut-sungut, sekarang menjadi lebih banyak tersenyum gembira, serta terlihat lebih semangat dalam bekerja.

Tingkat produktifitas seluruh karyawannya meningkat. Kemudian beliau berkata :"wah problem ini sudah 2 tahun terjadi di perusahaan, pantas saja, perusahaan saya semakin terpuruk. Untung saja saya bertemu dengan Coach", katanya.

Sahabat Excellent, sebagai seorang Leader, Anda harus berani mengambil keputusan dan tindakan tegas, walaupun mungkin keputusan dan tindakan Anda tersebut tidak populis.

Ketika Anda berdiam diri dan membiarkan sesuatu berjalan dengan tidak seharusnya, Anda sebetulnya sudah mengambil keputusan. Yaitu keputusan untuk membiarkan perusahaan Anda semakin jatuh dan terpuruk. Anda seperti sedang melihat seseorang menyuntik mati Anda, dan Anda tidak mengambil tindakan apapun.

Sebagai Leader, seluruh anggota tim Anda akan melihat apakah Anda akan lepas tangan atau akan mengambil tindakan. Ketika Anda mengambil keputusan dan tindakan tegas, maka kredibilitas Anda dimata anggota tim akan meningkat, respect terhadap Anda pun meningkat.

Sahabat Excellent, di dalam dunia Bisnis, saya sering bertemu dengan para pengusaha dan pemilik bisnis yang mengalami kemunduran dalam tingkat penjualan dan keuntungan perusahaan.

Mereka mengeluhkan berbagai hal, mulai dari pasar dan ekonomi yang tidak mendukung, pesaing yang terlalu ganas, pelanggan yang terlalu memilih, dan berbagai alasan lain. Semua yang dikeluhkan kebanyakan adalah faktor eksternal.

Sebetulnya, hambatan terbesar dalam upaya meraih kesuksesan sebuah bisnis, datang dari diri sendiri, dari tim sendiri, dari perusahaan kita sendiri.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa 80% hambatan dalam upaya meraih kesuksesan dan menjadi faktor terbesar dalam  kegagalan sebuah bisnis, ada didalam diri kita sendiri, di dalam organisasi kita sendiri.

80% kesuksesan atau kegagalan sebuah bisnis adalah karena faktor internal, hanya 20% saja yang disebabkan oleh faktor eksternal.

Kegagalan sebuah bisnis dan perusahaan bisa saja terjadi karena kemampuan Leadership pemimpinnya yang kurang memadai, strategi dan program pemasarannya yang kurang tepat, kemampuan tim penjualnya yang lemah, dan berbagai faktor internal lainnya.

Apabila Anda sebagai Pengusaha dan Pemilik Bisnis, Anda tidak suka dengan apa yang Anda lihat, tidak suka dengan hasil penjualan yang dicapai, tidak puas dengan keuntungan yang diperoleh, maka Anda harus mengambil keputusan dan tindakan untuk merubahnya.

Anda bisa memutuskan untuk dibantu oleh seorang Business Coach yang sudah memiliki jam terbang yang tinggi untuk membimbing Anda dan bisnis Anda. Seseorang yang memiliki pengalaman memimpin perusahaan, pengalaman mengembangkan dan membesarkan bisnis.  Seseorang yang mampu meningkatkan kemampuan Leadership Anda, meningkatkan kemampuan Anda memimpin perusahaan serta kemampuan  mengembangkan dan membesarkan bisnis Anda.

Anda bisa mempelajari bagaimana cara memimpin, menginspirasi, memotivasi, dan mempengaruhi tim untuk menjadi yang terbaik.

Anda bisa mempelajari cara meningkatkan produktifitas dan kinerja serta performa seluruh anggota tim Anda.

Anda bisa meningkatkan kemampuan Anda dalam menentukan strategi yang tepat untuk mempromosikan dan memasarkan produk atau jasa Anda ke pasaran dengan lebih efisien, efektif dan tepat sasaran.

Anda bisa mempelajari cara menjual produk atau jasa Anda lebih cepat dan lebih mudah kepada calon pelanggan ideal Anda.

Anda bisa mempelajari cara meningkatkan omset, mengefisienkan pengeluaran, meminimalkan biaya serta meningkatkan keuntungan perusahaan.

Anda bisa mempelajari cara mengembangkan dan membesarkan bisnis Anda lebih mudah dan lebih cepat dari yang Anda bayangkan.

Jadilah seorang Leader yang mendapatkan respect dari tim Anda dan mampu mengembangkan kemampuan tim dan membawa perusahaan Anda menjadi lebih produktif, lebih menguntungkan dan menjadi yang terbaik dan terbesar di kelasnya!
Ambil alih dan ambil kendali atas kehidupan dan kesuksesan bisnis Anda.

If you don't like what you see, change it!

Ubah hidup Anda hari ini!
Ambil keputusan hari ini!
Ambil tindakan hari ini!

Strive for Excellence!

Coach Ellies Sutrisna
The BEST (Bookwriter, Entrepreneur, Speaker, Trainer)
Master License and Certified Business Coach
Brian Tracy's FocalPoint Coaching Excellence
Twitter.     : @elliessutrisna
Facebook : Ellies Sutrisna

 

Artikel lengkap dapat Anda baca di EXCELLENT BUSINESS MAGZ  edisi Sept – Okt 2012

Untuk Pemesanan Telp ke: 081298161166

ls

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT