Highlight

Jessica Jong: Menemukan Pelangi di Bisnis Karoseri

Hidup ini memang tidak seindah pelangi, dengan warna-warna nya yang lembut, begitu juga dengan perjalanan hidup. Warna-warni hidup itu telah menghiasi hidup seorang Wanita yang tegar, tekun dan sabar sehingga bisa mencapai titik-titik terbaik di kehidupannya. Jessi

Jessica Jong: Menemukan Pelangi di Bisnis Karoseri

ca Jong, pemilik PT. Harapan Duta Pertiwi, sebuah perusahaan Karoseri yang tetap konsisten mengembangkan perusahaannya di industri otomotif.

Seiring perkembangan perekonomian indonesia, dan semakin meningkatnya kebutuhan di Industri otomotif, khususnya kendaraan niaga yang biasanya dibutuhkan untuk angkutan logistik, komoditas maupun pertambangan dan sebagainya, mendongkrak produksi jasa karoseri. Peluang ini ditangkap dengan sangat cermat oleh alm Jong Kanesis, suami Jessica Jong  yang memulai bisnis Karoseri di tahun 2005.

Melalui wawancara dengan EXCELLENT BUSINESS MAGZ, Jessica Jong, berbagi kisah pengalaman  kehidupan dan bisnisny sampai berkembang seperti sekarang ini. 

 

Bisakah Bu Jessica ceritakan mengenai perjalanan hidup ibu?

 

“Saya lahir di kota kecil di Pontianak, Kalimantan Barat dari keluarga sederhana. Saya adalah anak ke 4 dari 6 bersaudara. Ketika saya kalas 3 SD keluarga kami pindah ke Jakarta. Kehidupan keluarga kami di Jakarta tidaklah senyaman di Pontianak. Kami sempat mengalami kesulitan ekonomi karena usaha papa saya tidak berjalan baik. Kakak saya yang tertua menjadi penjahit pakaian wanita untuk membantu ekonomi keluarga. Saya yang mengantar jahitannya dengan naik sepeda. Saya juga belajar mencari uang dengan mengambil pakaian jadi di konveksi untuk di ‘som’. Saat itu saya dibayar Rp 20,- (pada saat itu tahun 70an) per 1 rok yang saya ‘som’ dengan tangan. Kami juga pernah menjual kertas ke tukang pakaian sebagai kertas pembungkus. Setiap malam, kami kakak beradik  membantu papa memotong kertas dari kertas gelondongan (gulungan besar) menjadi lembaran-lembaran kecil. Kondisi sulit bukan menjadi penghalang, tapi menjadi penggerak bagi kami untuk terus maju dan berkarya. Sampai pada akhirnya  kehidupan ekonomi keluarga kami membaik ketika saya sudah di SMP. Mama saya membuka toko pakaian wanita dewasa dan anak-anak di glodok building.

 Di keluarga saya, hanya saya dan adik bungsu yang sempat mengecap pendidikan di perguruan tinggi. Saya lulusan akademi bahasa asing karena dari kecil saya suka bahasa. Sebelum lulus akademi saya sudah bekerja sebagai assisten sekertaris di perusahaan yang cukup berkembang. kemudian saya sempat kerja menjadi sekertaris di beberapa perusahaan. Ketika menikah saya membantu usaha suami di toko pakaian anak-anak. Suami saya alm Jong Kanesis, seorang  insinyur teknik mesin dan ‘sempat’ bekerja di beberapa perusahaan sebagai factory manager sampai akhirnya membuka usaha karoseri bersama rekan kerjanya pada tahun 1998. Tahun 2005 suami saya  memulai usaha karoseri sendiri, dengan mengusung PT Harapan Duta pertiwi sebagai benderanya, yang memiliki pabrik di kawasan industri Cikupa, Serang.

 

 

Bisa Ibu ceritakan tentang bisnis yang sekarang digeluti?

 

HDP sendiri bergerak di bidang Karoseri, yaitu  menyediakan jasa pembuatan Dump Truck, Trailer dan Tanker dengan tipe dan  merek mobil apa saja yang sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan. Model yang dibuat juga bervariasi mulai dari model Kotak, U-type, Scope End, dan Flat Deck. Dump Truck HDP telah dikenal karena kekuatannya dalam system pengelasan-nya yang baik. Dengan melewati proses quality control (QC) yang ketat, kami senantiasa memprioritaskan kepuasan pelanggan kami. Kami juga selalu menjaga kualitas bahan baku kami serta menggunakan produk hydrolic import dan terpercaya, sehingga pada akhirnya pelanggan mencapai kepuasan akan keseluruhan produk yang kami sajikan. Faktor penting lain yang tidak luput dari perhatian kami adalah support after sales service kepada customer. Dengan keseluruhan proses yang kami lakukan, Puji syukur atas pimpinan Tuhan perusahaan kami berjalan dengan baik sampai hari ini. Semua berkat kepercayaan dan kesetiaan customer kami, dan juga doa, dukungan dan kerjasama dari staff dan karyawan, walaupun perintis HDP (alm Jong kanesis) dipanggil pulang kerumah Bapa di surga pada tahun 2006, tetapi usaha ini boleh dilanjutkan oleh saya bersama adik saya  (Then Ta Liang) dan anak saya Kevin Jong yang sudah ikut terjun menangani usaha kami sejak 2 tahun terakhir ini. HDP ini adalah bisnis keluarga dan saya melihat bahwa untuk menjadi perusahaan yang  solid di bidang ini, perlu pengembangan dari sisi sistem management yang sudah ada selama ini. Maka dari itu, sejak setahun terakhir saya bersama Kevin mengikuti Coaching di FocalPoint. Pada kesempatan ini pun saya mengucapkan terima kasih kepada Bu Ellies dan Pak Afandy yg telah membimbing kami selama ini.

 

Artikel selengkapnya bisa Anda baca di EXCELLENT BUSINESS MAGZ  edisi 29

Pesan : Call  021 - 70877876

ls

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT