Highlight

BAMBANG SYUMANJAYA: Membangun Keluarga Indonesia Menjadi Lebih Kuat Membangun Generasi Masa Depan Menjadi Lebih Sehat

"Keutuhan dan kebahagiaan keluarga adalah hal yang diidamkan setiap keluarga, tetapi banyak keluarga telah kehilangan kesempatan untuk memilikinya".

(Bambang Syumanjaya)

BAMBANG SYUMANJAYA: Membangun Keluarga Indonesia Menjadi Lebih Kuat Membangun Generasi Masa Depan Menjadi Lebih Sehat

> Melalui PT.Konsultan Masa Depanyang melayani jasa Konsultasi dan Pelatihan yang bergerak dalam bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Manajemen Bisnis, mencermati kebutuhan dan masalah dalam keluarga akhir-akhir ini yang tidak kalah banyaknya dengan masalah yang ada di dalam sebuah perusahaan, maka untuk meresponi kebutuhan ini, diciptakan FAMILY DISCOVERY sebuah pelayanan khusus untuk keluarga.

Kepada EXCELLENT BUSINESS MAGZ, Bambang Syumanjaya yang adalah seorang Konsultan Bisnis dan sekaligus founderPT. Konsultan Masa Depanberbagi kisah mengenai perjalanan hidupnya dan visi misi yang ingin diwujudkan dalam membangun Keluarga Indonesia dan Generasi Masa Depan

 

Bisa Pak Bambang ceritakan pengalaman pribadi dan perjalanan Bapak sampai menjadi Public Speaker?

Perjalanan saya sampai saat ini adalah sebuah PROSES panjang karena saya percaya menjadi seorang Public Speaker adalah sebuah PROSES yang kadangkala tidakdimengertipada awalnya.PROSES itu terjadi berkesinambungan lewat proses latar belakang keluarga, pendidikan danpengalaman. Proses menjadi Public Speakertidak lepas dari pengalaman-pengalaman yang dialami dan proses yang dilewati, tidak ada proses yang INSTAN !

 

PROSES lewat latar belakang keluarga, saya dibesarkan dari satu keluarga yang berekonomi pas-pasan,semuanya harus berjuang hidup.Saya anak paling bungsu dari 4 saudara, jadi kakak saya yang paling besar hanya dapat bersekolah pendidikan secukupnya supaya adik-adiknya bisa mendapatkan jatah sekolah.Kebetulan saya anak paling bungsu, jadi kakak-kakak saya berusaha mendukung sepenuhnya.Pada waktukecil orang tua kami mempunyai warung kecil, sebuah warung makan.Kami berempat harus bersama-samamendukungsupaya bisa menjalankan operasional warung tersebutdan membiayai kehidupan keluarga kami.

 

Dengan modal secukupnya, saya dipacu untuk bisa menyelesaikan pendidikan yang paling baik dibandingkan saudara-saudara yang lain. Saya juga diharapkan untuk studidengan maksimal.Kebetulan saya diberikan anugerah Tuhan dengan kecerdasan yang cukup danpada usia16 tahun saya sudah selesai SMA, sehingga sayadapat lompat kelassupaya bisa menghemat biaya, terlepasdari kecerdasan,sebenarnya tuntutan yang paling utama adalah ekonomi.Semakin cepat sekolah, makin cepat selesai dan biaya juga cepat selesai.Bersyukur saya bisa menyelesaikan studi dengan baik.Setelah itu saya diharapkan masuk ke tingkat sarjana.

 

PROSES lewat pengalaman hidup, di awal kuliah saya mengalami sebuah kecelakaan mobil, sebenarnya inilah awal yang inspiratif mengapa akhirnya saya bisa menjadi seorang inspirator dan motivator seperti sekarang. Dalam kecelakaan itu, bukan saya yang mengendarai mobil tapi temansatu kampus, saya duduk di tengah dan baris paling belakang. Tetapi saya bisa terlempar keluar mobil dan harus dirawat selama 70 hari di Rumah Sakitserta harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit pada waktu itu. Yang paling menyakitkan akhirnya saya juga divonis akan cacat kaki akibat kecelakaan tersebut, sungguh menyedihkan. Pada awalnya saya tidak menerimakejadian inidan merasa Tuhan tidak adil. Saya melewati sebuah PROSES yang berat dalam pembentukan percaya diri saya.

 

Setelah melewati PROSES yang tidak sebentar, akhirnya saya disadarkan Tuhan, mengapa saya harus berfokus pada keterbatasan saya semata, padahal Tuhan sudah berikan BANYAK KEKUATAN dalam hidup saya ? Sejak saat itu saya BERLATIH dengan keras untuk bangkit dari ketidak percayaan diri untuk menjadi orang yang lebih baik. Sekarang saya mengerti,justru lewat kecelakaan ini kisah hidup saya menjadi sumber motivasi dan inspirasi bagi banyak orang bukan saja di Indonesia, tetapi di Korea, Jepang dan Australia.

 

“Setiap individu memiliki KEKUATAN dan KETERBATASAN, jangan tangisi keterbatasan kita tetapi FOKUS-lah pada KEKUATAN untuk membangun HIDUP menjadi lebih baik lagi.”

Bambang Syumanjaya

 

PROSES panjang ini juga terjadi di dunia pendidikan saya. Beberapa waktu setelah kecelakaansaya menyelesaikanpendidikandanmulai bekerja, disela-sela pekerjaan saya bisa menyelesaikan pendidikanS2, dua gelar saya raih MM dengan predikat cum laude dari IPMI dan MBAdengan predikat high distinction dari Monash University, Melbourne - Australia. Pengalaman panjang sebagai profesional juga terjadi dalam hidup saya, diawali dengan bekerja di bidangproperty, kemudian mulai masuk ke dunia bisnis, trading, manufacturing, business development dan semua itu melengkapi pengalaman kerja saya.

 

PROSES penting lainnya dalam keluarga, sayamenikah padatahun 1986, bulan Februari ini sudah mencapai yang ke 27 tahun. Kehidupan keluarga dan cara mendidik saya telah memberi inspirasi sahabat dan lingkungan pergaulan. Pada saat yang sama saya juga melihat banyak diantara kita yang terjebak dalam dilema antara sukses dalam keluarga atau sukses dalam karir atau bisnis, namun saya percaya kesuksesan sejati itu adalah dimana kita harus sukses dalam karir, keluarga dan kehidupan. Latar belakang ini jugalah yang mengkonfirmasi saya untuk menjadi seorang KONSULTAN BISNIS dan KELUARGA. Di pertengahantahun 2004 resmilah saya mengambil keputusan untuk menjadi seorang wirausaha yang khususnya dibidang konsultasi dengan memiliki keunikan yang melayani BISNIS & KELUARGA. SampaisekarangSmartFM menyebut saya sebagai Konsultan Bisnis & Keluarga yang Pertama & Terlengkap di Indonesia, disebut demikian karena saya merasa sampai saat ini selain melayani korporasi sebagai konsultan bisnisnya, saya dan istri juga berperan sebagai konsultan keluarga.

 

Kesimpulan saya bahwa semua yang kita alami adalah sebuah PROSES perjalanan yang panjang, setelah kita tahu gambaranbesarnya, kita baru tahu bahwa ternyata potongan-potongan puzzleyang dilewati akan membentuk sebuah gambaran yang jelastentang hidup. Waktu awal dilewati tahun ke tahun kita tidak tahu mau dibawa kemana hidup kita namun ketika kita bersyukur, mensyukuri apa yang dialami, berjuang keras dalam kehidupan, semua yang kita lakukan selama hidup benar, bertindak benar, berkata benar, berpikir benar maka segala sesuatu akan menjadi baikpada akhirnya.

 

Artikel selengkapnya dapat anda baca di EXCELLENT BUSINESS MAGZ edisi 31

Pesan : 021 - 27112009

ls

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT