Highlight

Sandiaga Salahudin Uno: Saatnya Indonesia Setara

Sandiaga Salahudin Uno atau yang sering dipanggil Sandi Uno, pengusaha berdarah Gorontalo ini lahir di RumbaiPekanbaru, 28 Juni 1969. Sandi  sering hadir di acara seminar-seminar dan  kerap memberikan pembekalan tentang jiwa kewirausahaan (entrepreneurshi

Sandiaga Salahudin Uno: Saatnya Indonesia Setara

p), utamanya pada pemuda.

Sandi Uno adalah seorang lulusan Wichita State University, Amerika Serikat dengan predikat summa cum laude. Setelah sempat berkarir di sebuah bank, kemudian Sandi mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikanMagisternya  di George Washington University, Amerika Serikat.Pada tahun 2009, Sandi Uno tercatat sebagai orang terkaya urutan ke-29 di Indonesia menurut majalahForbes. Saat ini berada dalam jajaran Direksi dibeberapa perusahaan,  antara lain  PT. Andaru Indonesia, PT. Indonesia Wood Terminal, PT Mitra Global Telekomunikasi Indonesia, NTI Resources Limiteddan PT. InfoSolusi Infotec. Pada bulan Mei 2011 lalu, perusahaannya membeli 51% saham dari Mandala Airline.  

Melalui sharing di acara Pesta Wirausaha, menuju Indonesia Emas, yang diselenggarakan oleh komunitas TDA, dimana EXCELLENT BUSINESS MAGZ berkesempatan meliput session sharing Pak Sandiaga Uno, Uno, Co-founder of PT Recapital Advisors, bisa berbagi dengan Sahabat Excellent mengenai perjalanan hidup dan karirnya yang menginspirasi.  

Bisa Pak Sandi ceritakan perjalanan hidup dan karir Bapak?

Saya mengawali karir sebagai karyawan sebuah bankdi tahun 1990, kemudian melanjutkanstudyMagisterdi Universitas George Washinton DC tahun 1992.Sebagai entrepreneur yang lahir secara‘kecelakaan’, saya tidak memiliki kesempatan seperti kebanyakan entrepreneur lainnya yang bisa mendesign dirinya untuk menjadi seorang entrepreneur.Ceritanya, di akhir tahun 1997, karena krisis moneter, menyebabkan perusahaan tempat saya bekerja bangkrut, alhasil saya di PHK dan sempat menyandang predikat pengangguran. ‘Sangking’keadaan ekonomi saat itu ‘morat-marit’ jadi kalaupun saya melamar pekerjaan bisa 20 perusahaan menolak. Dari situ saya mengubah cara pandang dan balik arah menjadi untuk memulai usaha sebagai seorang Penasehat Keuangan. Karena bidang saya adalah sebagai penasehat investasi dan keuangan. Akhirnya tahun 1997, PT. Recapital Advisors, kami bangun bersama 3 orangteman SMA, dan kami bersyukur hari ini sudah mampu mempekerjakan 25ribu karyawandi seluruh Indonesia. Ini merupakan suatu catatan bagi kami dan juga tantangan. Selama 17 Tahun perusahaan berkembang, kami melihat bahwa perekonomian Indonesia terus meningkat.Apakah kita bisa menhasilkan brand-brand yang bisa bersaing di kancah global? Suatu Pertanyaan & juga tantangan bagi kami adalah apakah Recapital & Saratoga masih memiliki posisi yang sama di tahun 2020 sampai 2030 (Menurut riset McKinsey, Indonesia diprediksi menempati urutan 7 besar dalam perekonomian dunia di tahun 2030).

 

 

Apa yang bisa dipelajari & dipersiapkan oleh Pengusaha Indonesia dalam merespon riset McKinsey?

Ada 1,8 triliun dolar pertumbuhan Indonesia akan diisi oleh pundi-pundi dari beberapa sektor. Pilar yang paling besar itu adalah pilar consumer dan consumer product dan Jasa(services). Sudah tidak lagi kita mengandalkan sumber daya alam. Era kita mengekpor sumber daya alam kita sudah lewat, kita harus mampu mengolahnya untuk konsumen maupun pasar di Indonesia. Nah itu butuh pola pikir dari entrepreneur-entrepreneurIndonesia yang tangguh.Saya percaya bahwa segala sesuatu yang mau kita buat itu di awali dengan niat. Kalau niat kita baik dan memiliki visi yang jauh saya percaya suatu ketika akan mendapatkan prestasi yang baik. Belajar dari beberapa tokoh sentral dunia yang memiliki niat dan visi yang baik mampu memberikan solusi yang sampai saat ini bisa dirasakan manfaatnya bagi dunia. Antara lain, Larry Pange pendiri Google. Hal menarik yang bisa dipelajari dari Larry Pange adalah motivasinya dalam membangun google bukan uang semata, tetapi membangun solusi, yaitu bagaimana mendapatkan situs dengan mudah ketika berselancar di internet. Dan secara numbers, perusahaannya saat ini dinilai lebih dari 2800 kali nilainya daripada nilai yang ditawarkan pada 10 tahun yang lalu. Sama halnya, ketika saya membangun usaha, motivasi saya adalah survive. Bagaimana memberikan solusi keuangan kepada perusahaan-perusahaan supaya tetap survive menghadapi krisis ekonomi. Jadi niatnya menghadirkan solusi. Tokoh berikut yang memberi inspirasi juga adalah Sandy Learners pendiri perusahaan Cisco System. Bagi Sandy “I don’t do it for the money. If I see myself that way, probably I couldn’t look at myself in the mirror in the morning”. niatnyamenciptakan Cisco adalah untuk membuat solusi sistem berinternet dengan mudah. Sehingga bagi pengusaha yang usahanya dilakukan secara online bisa merasakan manfaat dari solusi ini. Tokoh yang tidak kalah menariknya sebagai inspirator di dunia kesehatan adalah Dr. Herbert Boyer, pendiri Genetec. Genetec adalah sebuah perusahaan biotechnology yang terbesar di dunia. Katanya “ I never though I will start in industry. I just want to do my research”.  Perusahaan ini  mencari solusi dan melakukan research untuk menghadirkan obat-obatan  yang dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan kesehatan. Sehingga yang dihasilkan pada akhirnya adalah sebuah industry.

 

Apa pandangan Pak Sandy mengenai masa depan ekonomi Indonesia?

Indonesia saat ini menjadi primadona dari dunia investasi. Semua orang melihat Indonesia. Indonesia Emas itu akan menjadi kenyataan, karena Indonesia mampu menghadirkan 2 pilar yang sangat relevan, yaitu menyangkut pasar (market). Di Indonesia ada 250 juta orang yang terus bertumbuh dan terus berkonsumsi. Kedua, pasar Indonesia itu adalah pasar yang sangat-sangat muda, 50% dari populasi Indonesia itu umur di bawah 29 tahun. Artinya kita betul-betul mampu hadirkan pasar yang potensi sampai tahun 2030. Tinggal apakah dunia entrepreneur mampu melakukan terobosan-terobosan menuju Indonesia Emas itu. Karena pengusaha itu tidak lahir dari sesuatu yang instan. Selalu ada kegagalan, ada kekecewaan, ada susah. Kuncinya adalah tidak pernah putus asah. Karena kegagalan itu adalah kesuksesan yang tertunda. Seorang tokoh Indonesia yang juga mengispirasi dunia adalah Dr. Sehat Sutardja. Dalam kesempatan pertemuan makan malam saya dengan beliau dan keluarga, beliau bercerita “Saya tidak pernah mengira apa yang saya tekuni bisa menjadi bisnis”. Intinya, beliau tidak mengira ada orang Indonesia yang dipandang remeh di Negara lain ternyata mampu menciptakan 260 paten dan mendapat penghargaan Junior Achievement Business Hall of Fame pada tahun 1998. Perusahaannya menciptakan microchip untuk membantu memberikan solusi. Sekarang perusahaannya menjadi salah satu perusahaan besar dan disegani di Amerika.

 

Siapa tokoh dunia yang paling menginspirasi Bapak?

Beliau adalah Henry Ford. Berliau yang menginspirasi saya, dan saya harap juga bisa menginspirasi Sahabat Excellent. Katanya “If money is your hope for independence, you will never have it. The only real security.. is a reserve of knowledge, experience and ability”. Yang kita tuju, yang kita aspirasikan dan yang kita niat adalah seperti yang dikatakan Henry Ford, yaitu Pengetahuan (knowledge), Pengalaman (experience) dan Kemampuan (ability), itulah asset yang paling berharga. Inilah yang harus kita jalankan.  Salah satu mentor saya Pak WilliamSoeryadjaya, pendiriASTRA, beliau katakan bahwa niat mendirikan ASTRAlebih kepada ASTRA harus menjadi Asset of Nation (Aset Bangsa). Inilah yang harus menjadi inspirasi kita, dan mindset kitakedepansebelum memulai usaha kita. Mungkin usahayang kita lakukan mulai dari kecil, It’s ok. Tapi kalau kita memiliki visi yang besar,kita memiliki niat yang tulus dan ikhlas,saya yakinkita punya kemampuan untuk menghasilkan industri di manapun kita berada.

 

Artikel selengkapnya bisa Anda baca di EXCELLENT BUSINESS MAGZ edisi 32

ls

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT