Highlight

Insomnia

Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Kita akan membahas masalah ini secara u

Insomnia

mum, sehingga nada mudah mengerti. Anda bisa lanjut ke dokter apabila merasa sudah sangat mengganggu. Dan anda perlu tau, bahwa insomnia mengganggu anda dan prestasi kerja di tepat anda. Apalagi kalau ternyata pekerja di tempat kerja anda banyak yang mengalami masalah ini.

Seringkali orang beranggapan kalau insomnia adalah masalah psikologis semata dan banyak orang yang kemudian apatis ketika setelah  konseling psikologi, masalah insomnia tidak teratasi. Hal yang seharusnya kita lakukan adalah identifikasi dulu kondisi insomnia yang kita alami, apakah ini masalah medis atau non medis.

Untuk masalah medis yang sudah diketahui, selesaikan masalahnya.

1.      Masalah Fisiologis

Aktivitas fisik yang berlebihan, termasuk olahraga berlebihan menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon adrenalin yang banyak. Khususnya bila dilakukan pada saat malam hari. kelebihan adrenalin akan menyulitkan orang untuk tidur karena adrenalin memang membuat manusia menjadi siaga. Bila ini yang menjadi kendala, coba atur kembali ritme kerja anda

Jet lag terutama jika bepergian dari timur ke barat atau bepergian ke zona waktu yang berbeda, dan kondisi ini kronis, dalam arti menjadi bagian dari gaya hidup. Apabila ini yang terjadi, kita bisa menggunakan melatonin. Melatonin adalah hormon yang menyebabkan orang tertidur. Melatonin sendiri dijual sebagai suplementasi makanan, dan dipakai apabila di lokasi tempat kita hendak tidur, sudah memasuki jam tidur

Bekerja pada malam hari. atau sering berubah-ubah jam kerja. Hal ini terjadi pada karyawan yang bekerja dengan moda shift yang umum terjadi di industri pertambangam, hotel, rumah sakit.  Pada saat masih muda, usia di bawah 30 tahun  di saat kemampuan pemulihan tubuh masih baik, maka perubahan jadwal kerja dan jam tidur tidak menjadi masalah besar. Akan tetapi seiring dengan semakin tua usia mnausia, kemampuan adaptasi ini semakin berkurang. Bila ini yang terjadi, anda harus memikirkan ulang jam kerja anda. Anda harus tau, bahwa insomnia kronis bisa menyebabkan gangguan kesehatan nantinya.

Lifestyle dan kehidupan sosial, mengkonsumsi kafein dan bahan aktif lain menyebabkan tubuh dipaksa untuk terus aktif di malam hari yang pada saatnya akan bisa menyebabkan orang mengalami sulit untuk tidur di jam yang “normal”.

Terlalu banyak cahaya dalam ruangan. Ini pun bisa jadi sebab akibat. Karena tidak bisa tidur maka wanita ingin ruangan terang. Atau karena ruangan terang wanita jadi sulit tidur. Akan tetapi, memang secara alamiah, jaman dulu kala, sejak matahari terbenam dan cahaya berkurang, maka otomatis tubuh memproduksi hormon yang disebut melatonin. Hormon inilah yang memaksa manusia untuk mengantuk dan akhirnya tertidur. Kehidupan modern yang menyebabkan wanita terpapar cahaya terlalu lama memang menyebabkan jam tidur pun menjadi bergeser.

Anggit

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT