Highlight

KRISHNAMURTI: Never Stop Learning

Menurut Wikipedia motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Tiga elemen utama dalam definisi ini adalah intensitas, arah, dan ketekunan.Berbeda dengan motivasi dalam pengertian yang berkembang di masyarakat yang seringkal

KRISHNAMURTI: Never Stop Learning

i disamakan dengan semangat, seperti contoh dalam percakapan "saya ingin anak saya memiliki motivasi yang tinggi". Statemen ini bisa diartikan orang tua tersebut menginginkan anaknya memiliki semangat belajar yang tinggi. Maka, perlu dipahami bahwa ada perbedaan penggunaan istilah motivasi di masyarakat. Ada yang mengartikan motivasi sebagai sebuah alasan, dan ada juga yang mengartikan motivasi sama dengan semangat. Sementara itu, Motivator adalah orang yang memiliki profesi atau pencaharian dari memberikan motivasi kepada orang lain. Pemberian motivasi ini biasanya melalui pelatihan (training), namun bisa juga melalui mentoring, coaching atau counselling. Dunia motivator di Indonesia mulai marak sekitar 20 tahun belakangan. Krishnamurti, adalah salah satu motivator top Indonesia saat ini. Berikut sekelumit kisah hidupnya yang penuh inspirasi.

Inside-out Motivation

Sukses haruslah berawal dari keyakinan di dalam diri agar kita bisa mengendalikannya, mempertanggungjawabkan hasilnya, serta terus bertumbuh dan maju. Demikianlah kutipan kata-kata dalam karyanya yang bertajuk “Si Monyet Cerdik, Ayah ala Motivator”. Kata-katanya bukan sekedar kata-kata. Melalui proses hidup yang panjang dan berliku menciptakan pengalaman, menumbuhkan kebijaksanaan yang berbuah inspirasi dan motivasi bagi sesama dalam sajian kata-kata. Terlahir dari keluarga sederhana di Bumi Sriwijaya Palembang Sumatera Selatan. Krishnamurti kecil hidup dalam keluarga yang sangat cinta akan pendidikan. Masa SD dan SMP ia habiskan di Palembang, masa SMA ia mulai hidup di Jakarta bersama orang tuanya. Membantu orang tuanya berjualan mpek-mpek sebelum sekolah menjadi rutinitasnya. Melanjutkan kuliah di Universitas Guna Dharma (dulu PPIK-Pendirian Pusat Pendidikan Ilmu Komputer), menjadi yang paling kerja keras dibandingkan teman-temannya di kampus menjadikan ia matang secara sosial. Bekerja menjaga laboratorium komputer, menjadi asisten dosen dan aktifitas lain ia lakoni di sela-sela kuliahnya. Akitivitasnya yang lebih banyak di luar perkuliahan membuatnya berfikir tentang bagaimana nasib perkuliahannya. Sedari kecil ia memang menyukai kata-kata yang berhubungan dengan filsafat, lalu ia merenungkan kata-kata ”sukses itu bukan ditentukan oleh sertifikatnya tetapi ditentukan oleh sikapnya”bagaikan memperoleh jawaban akan kegelisahannya ia berkesimpulanm bahwa attitude jauh lebih berharga dari ijazah. Jika sesorang itu akhlaqnya baik, rajin, dan jujur maka ia pasti akan sukses demikian simpulannya.

Setelah lulus kuliah, ia mulai mencari pekerjaan. Dalam mencari pekerjaan, ia tidak seperti yang biasa orang lakukan dengan cara membuat lamaran dan menyerahkan fotocopy ijazah, tapi ia membuat semacam proposal yang berisi tentang kontrubusi apa saja yang ia akan berikan terhadap perusahaan jika ia diterima di perusahaan tersebut. Praktis ia tidak pernah memberikan ijazah pada perusahaan yang ia tuju. Selama 12 tahun malang melintang menjadi karyawan, baik sebagai system analist, programmer dan manager. Sambil bekerja di kantor ia juga bekerja di perusahaan MLM (Multi Level Marketing). Pernah dipecat dua kali karena persoalan perintah untuk memanipulasi pajak dari atasannya dan sempat menganggur delapan bulan membuat ia tak patah semangat. Dari kejadian itu ada pelajaran yang ia petik bahwa ketika kita berpijak pada kebenaran, kesengsaraan bisa datang namun tidak akan membuat kita mati. Setelah itu dia berfikir ia harus memiliki usaha sendiri, ia tidak mungkin bisa bekerja tanpa satu paket dengan kejujuran di dalamnya.

 

Artikel selengkapnya dapat dibaca di Majalah Excellent edisi 35

Anggit

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT