Highlight

Irfan Hakim: Sosok Entertainer dalam Bisnis Properti

Irfan hakim lelaki kelahiran Bandung 15 Oktober 1975 mengawali karier profesionalnya sebagai model. Kemudian merambah menjadi bintang iklan, pemain sinetron, dan pembawa acara. Peraih Panasonic Award tahun 2013 sebagai Presenter Terfavorit ini membawakan acara anta

Irfan Hakim: Sosok Entertainer dalam Bisnis Properti

ra lain Game Zone, Unik, KDI 3, KDI 4, KDI 5, Titian Semangat, dan Insert Pagi. Sedangkan sinetron yang pernah dibintanginya adalah Anak Mami Jatuh Cinta, Joe Bebek, Kurindu Jiwaku, Putri Keempat, dan Bang Jagur.

Tak hanya berperan di dalam dunia hiburan, Irfan Hakim juga membuka usaha Manajemen Artis dan Properti. Irfan pun semakin giat mengembangkan usahanya di tengah kesibukannya sebagai artis. Manajemen Artis yang ia rintis Pickmark Event Organizer & Management artist dibuat special dengan tidak menerima banyak artis, yang tujuannya adalah agar usaha ini dapat dijalankan dengan focus. Selain itu idemi profesionalisme ia juga mensyaratkan para artis yang berada di bawah manajemennya memiliki perilaku atau attitude yang baik dan etos kerja yang tinggi. Sementara bisnis propertinya ia kelola bersama-sama dengan kawan-kawannya.

Berikut adalah perbincangan Majalah Excellent dengan Irfan Hakim, perusahaan properti Rancang Bangun Rumah tentang kisah hidup dan perjalanannya membangun bisnis properti.

Bisakah Pak Irfan Hakim ceritakan perjalanan hidup Pak Irfan secara personal?

Kisah saya seperti anak-anak lainnya. Saya anak ketujuh dari tujuh bersaudara. Enam kakak saya perempuan. Orang tua saya Papa H.R. Sukarya dan Ibu saya Hj. Juariyah mendidik kami anak-anaknya dengan pemahaman agama yang ketat. Berhubung keluargaku dikenal sebagai keluarga pemuka agama, maka Papa mewajibkan semua anaknya sekolah di madarasah. mengaji sudah menjadi kewajibanku. Papaku memiliki usaha jualan beras, mungkin secara native ilmu bisnisku aku dapatkan dari Papaku. Sedari kecil saya memang sudah suka sekali dengan segala sesuatu yang berbau seni dan suka sekali tampil di depan umum, mungkin itu cikal bakal yang membawaku hingga sekarang menyukai pekerjaanku di dunia entertaintment.

Bagaimana perjalanan karir Pak Irfan Hakim di dunia entertaintment?

Karierku berawal dari job  iklan, lalu sinetron kemudian merambah ke dunia presenter. Iklan pertamaku adalah iklan permen. Dalam iklan itu saya berpura-pura rambut saya terbakar setelah makan permen yang menyegarkan. Saya sudah terbiasa berada di atas panggung dari kecil, baik untuk membaca puisi, menari maupun menyanyi. Bahkan pada tahun 1997, saya pernah menjadi duta seni Indonesia. Saya mendapat kesempatan pergi ke Jepang dan Eropa untuk menunjukkan kebudayaan Indonesia. Pengalaman tersebut membulatkan tekadnya untuk serius menekuni profesi di dunia hiburan. Awalnya keluarga, terutama Papa, sempat menentang keinginan saya terjun ke dunia seni. Mereka ingin saya bekerja di kantor. Tapi larangan itu justru membuat saya semakin semangat menekuni dunia seni. Bagi saya, dunia seni selalu penuh tantangan. Hasilnya? Ya, seperti sekarang ini.

Apa yang membuat Pak Irfan tertarik dan terjun ke dunia bisnis?

Saya berfikir, pekerja seni itu kan ada masanya, ada waktunya. Sekarang kita bisa saja muncul di berbagai stasiun televisi dalam sehari, bahkan bisa saja muncul di berbagai stasiun tivi pada jam tayang yang bersamaan. Namun, apakah ini juga akan terjadi di kemudian hari, 10 tahun atau dua puluh tahun mendatang. Jadi, bisnis itu buat saya selain hobi dan saya senang menjalankannya juga untuk mempersiapkan untuk masa depan.

Bisa Pak Irfan ceritakan tentang Bisnis ‘Property Rancang Bangun Rumah’ yang digeluti?

Sebenarnya saya tidak punya basic pendidikan aristek, cuma saya hobi aja bikin bangun rumah. Usaha rancang bangun rumah ini tidak sendiri, saya bergabung bersama teman-teman. Saya kenal dengan kawan yang berprofesi sebagai design interior dan arsitek, kami sepakat untuk membuat usaha rancang bangun rumah dan design interior, pekerjaan saya bagian mengecek dan survei ke lokasi. Rumah saya model joglo tapi semi modern ini juga saya yang merancang. Saya survey dulu ke Jogjakarta supaya dapat feel-nya.

Apa visi & misi yang ingin Pak Irfan wujudkan melalui bisnis ini?

Yang pasti ketika kita mendesain atau membangun rumah maupun renovasi rumah  kami selalu memiliki visi, memikirkan sebuah tampilandenganinovasi rumah yang ramah lingkungan atau juga special theme sehingga bangunan rumah yang didesain maupun yang di bangun memiliki ciri khas tertentu, unik dan memiliki filosofi, namun itu juga tergantung dari pembicaraan sebelumnya dengan client, apa sih yang mereka inginkan. Klien dapat mereview setiap desain yang diajukan pada kita, hingga design rumah itu dirasa sudah sempurna barulah masuk pada tahap pembuatan gambar kerja untuk persiapan pembangunan.Pada prinsipnya bangunan yang kami desain maupun bangun harus ada “makna” behind design itu, sehingga dengan ciri tersebut kami dapat membuat penjelasan tentang desain  yang bisa dipahami oleh klien. Jadi bukan hanya tampilannya saja yang terlihat bagus dari luar tapi juga memiliki makna juga kualitas baik itu di sisi dalam (interior) dan keseluruhan bangunan itu sendiri.

 

Artikel selengkapnya dapat dibaca di Majalah Excellent edisi 35

Anggit

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT