Highlight

Juli Triharto:Menuju Indonesia Langsing 2015

World Health Organization (WHO) dalam rilisnya menyatakan bahwa prosentase orang kegemukan atau overweight selama 2010 di negeri ini tercatat sebanyak 32,9 persen atau sekitar 78,2 juta penduduk. Prosentase tadi bisa dibandingkan dengan data obesi

Juli Triharto:Menuju Indonesia Langsing 2015

tas WHO pada 2008 yang hanya 9,4 persen. Dengan peningkatan jumlah penduduk yang mengalami kegemukan ini, ikut mendorong peningkatan faktor resiko penyakit kronis. Namun demikian tidak banyak personal yang peduli akan peningkatan kegemukan pada masyarakat. Adalah Juli Triharto, seorang therapist yang dikenal dengan program hypnolangsing dan MindSlim Program menjadi salah seorang yang peduli akan problem kegemukan ini. Pada satu kesempatan yang baik, Master Juli demikian ia biasa dipanggil, berkenan membagi kisah suksesnya dalam membangun MindSlim Program kepada Majalah Excellent. Berikut ulasannya.

Bisa Master Juli ceritakan perjalanan hidup Master secara personal?

Masa kecil saya tidak ada yang special, sama seperti dengan anak-anak lainnya. Saya berasal dari kota Purwokerto, Jawa Tengah. Sejak lahir sampai dengan SMA tinggal di Purwokerto, lalu melanjutkan kuliah di jurusan teknik informatika di STT (Sekolah Tinggi Teknologi Telkom, sekarang Institut Teknologi Telkom-red) Bandung. Kemudian saya sempat membuka bisnis di bidang IT. Tahun 2005 saya memutuskan untuk masuk ke dunia hypnotherapy. Saya belajar tentang hypnotherapy, NLP dan juga teknik-teknik coaching yang memang sudah cukup lama saya kenal.  Tahun 2001-2002 saya mulai belajar NLP (Neuro Linguistic Programming). Mungkin karena Passion saya membantu orang lain, hingga mengantarkan saya menjadi hypnotherapist. Tahun 2005 saya mulai yakin bahwa ternyata skill saya bermanfaat buat orang lain dan tentunya bisa membantu diri saya sendiri. Karena pada waktu yang bersamaan saya juga sedang membutuhkan soft-therapy karena kehilangan orang tua yang meninggal dunia.

Berawal dari situ saya menyukai dunia hypnotherapy, NLP dan yang berkaitan dengan itu. Tahun 2008 setelah banyak membantu orang lain dengan hypnotherapy, baik itu untuk mengatasi pobia, trauma dan stress sampai pada akhirnya saya berfikir bagaimana membantu orang lain menurunkan berat badan dengan pendekatan hypnotherapy. Saya dan beberapa anggota keluarga juga mengalami kondisi over weight. Saya jadi berfikir bagaimana caranya membantu menurunkan berat badan tanpa obat, tanpa harus diet, dan tanpa jarum. Begitu pula ketika menjalankan diet, harus dilarang makan ini dan itu, porsi makan pun harus ditakar, jelas itu sangat melelahkan bagi kami. Saya juga menemui kawan-kawan yang melakukan penurunan berat badan yang menggunakan jarum, pil dan lain-lain sehingga akhirmya membuat mereka tergantung dengan faktor eksternal yang melelahkan. Waktu itu dalam pikiran saya masih blank apakah tepat menurunkan berat badan dengan pendekatan hypnotherapy, lalu saya melakukan research dan percobaan ke diri saya, keluarga dan teman-teman. Dan yang menarik adalah saya menemukan bahwa dengan perubahan mindset tubuh kita bisa menyesuaikan dan mengikuti perubahan yang diinginkan, inilah yang disebut dengan pemrograman pikiran.

Banyak dari teman-teman saya berhasil menurunkan berat badan dengan mempraktekkan cara ini, dari pengalaman mereka kemudian saya susun kedalam satu buku dengan judul the secret of slimming-Hypnolangsing. Dari tahun 2008-2011 kami mengembangkan teknik-teknik baru dan me-redevelop lagi dan menyajikannya dalam bentuk konsep-konsep baru dalam hal penurunan berat badan. Saya juga banyak berguru kepada para pakar baik di Indonesia maupun di luar negeri. Saya belajar pada Richard Bandler, Paul McKenna, Monisha Assudani, dan beberapa tokoh lainnya. Belum lama ini saya belajar dari Marilyn Atkinson murid langsung dari Milton H Erickson seorang tokoh hipnotis modern.  Beliau usianya hampir 70 tahun, dari situ saya semakin yakin bahwa menurunkan berat badan dengan pemrograman pikiran itu semakin logic jika dipraktekkan.

Bidang teknik informatika pada dasarnya adalah pembuatan program, dan sekarang Anda mem-program pikiran seseorang untuk menjadi langsing ?

Kalau dalam teknik informatika dulu, ada prinsip pemrograman ada garbage ingarbage out, itu yang kita programkan, itu pula yang jadi keluaran. Hal itu ternyata meniru cara berfikir manusia, dalam arti manusia itu ada perasaan, ada pikiran dan ada perilaku. Jadi apa yang ada dalam pikirannya dia itulah yang akan jadi perasaannya, ketika ada dalam perasaan inilah yang kemudian jadi perilaku. Sehingga apa yang kita programkan itulah yang akan jadi perilakunya. Dalam hal ini meskipun saya tidak mengatakan bahwa pikiran manusia itu seperti komputer yang mudah diprogram sedemikian rupa tetapi kita menyadari cara kerja pikiran bisa membantu mereka untuk memprogram ulang pikiran tersebut. Oleh karena itu, selalu saya katakan dalam konteks kegemukan bahwa gemuk bukan salah mereka tetapi pikiran alam bawah sadar mereka yang perlu diprogram ulang sehingga perilaku mereka juga berubah. Yang berubah adalah perilaku mereka yang berhubungan dengan makanan dan tubuh. Mereka yang mengalami over weight biasanya memiliki perilaku lifestyle yang membuat mereka makan lebih banyak, malas bergerak dan itu dimulai dari pikiran. Oleh karena itu, dari tahun 2011 programnya kami ubah dari hypnolangsing menjadi program MindSlim. Kita lihat secara keseluruhan over weight menjadikan seseorang berkurang produktivitas, vitalitas, dan percaya diri mereka maka program yang kita lakukan adalah bagaimana  mengubah mindset-nya agar mindset-nya seperti mindset-nya orang langsing. Seperti dalam istilah komputer adalah meng-copy kemudian meng-install ulang pikiran orang kemudian oleh mereka di-charge sesuai dengan kondisinya. Mereka mengubah kebiasaannya yang pada akhirnya adalah kilogram mengikuti seiring dengan perubahan itu. Kita cuma menekankan bahwa fokusnya bukan badan atau kilogram tapi fokuslah pada perubahan kebiasaan.

Karena kebiasaan-kebiasaan orang over weight berbeda dengan kebiasaan orang langsing, dan kebiasan-kebiasaan inilah yang di-copy. Dalam hal ini, apa saja kebiasaan-kebiasaan orang langsing yang di-copy?

Orang langsing memiliki kebiasaan pola yaitu makan pada saat mereka lapar, dan mereka berhenti makan pada saat sebelum kenyang. Itu hal yang sangat sederhana, tapi tidak semua orang mempraktekkannya. Biasanya, mereka makan padahal tubuhnya sudah kenyang tapi pikirannya masih ingin dipuaskan, sehingga ia selalu makan berlebihan. Atau mereka tahu bahwa dirinya lapar, tetapi karena saking sibuknya dengan pekerjaannya atau lainnya hingga akhirnya mereka menahan lapar, ujung-ujungnya begitu ketemu makanan maka mereka akan makan balas dendam atau compulsive overeating ini yang seringkali terjadi, ini adalah contoh pola atau perilaku mereka pada makanan. Yang kedua adalah pola atau cara mereka berhubungan dengan tubuh. Dalam kasus kegemukan, seringkali mereka skeptic dengan tubuhnya, mereka “membenci tubuhnya sendiri” dan ini terbentuk sedari kita kecil. Idealisasi tubuh yang bagus itu seperti Barbie dan penokohan lainnya membawa stigma ini sampai seseorang menjadi dewasa, dan ketika itu tidak terjadi pada dirinya menjadikan ia kecewa dengan keadaan tubuhnya. Itulah perilaku yang membedakan antara yang langsing dengan yang gemuk.

Apa yang membuat Master Juli tertarik untuk menekuni Hypnolangsing dan MindSlim Program ?

Yang pertama, karena tingkat obesitas di Indonesia sangat tinggi. Kemudian saya juga pernah merasakan sendiri bagaimana rasanya over weight. Waktu itu yang ada dalam pikiran saya adalah Hypnodiet, saya mempraktekkan diet tapi menggunakan hypnosis tetapi akhirnya setelah saya mempraktekkan hypnodiet untuk diri saya, saya meyakini bahwa diet gagal untuk mengatasi berat badan, itu juga didukung oleh survey American Health Institute yang menyatakan bahwa 91% orang yang mengatasi kegemukan dengan cara berdiet adalah gagal permanen. Karena diet itu kan tidak boleh makan ini dan itu, takaran porsinya dibatasi, jadi tidak akan mengalami keberhasilan secara permanen. Walaupun didukung dengan hypnosis, diet yang dikawal dengan hypnosis justru akan menjadi sebuah habit di dalam alam bawah sadar kita.

 

Artikel selengkapnya dapat Anda baca di Majalah EXCELLENT edisi 38

ls

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT