Highlight

Kiki Amalia: Kiki Amalia & Mie Balungan

Kiki mengawali karier di dunia model dari pemilihan Cover Girl Majalah Aneka Yess di tahun 1995. Kiki yang terlahir dengan nama Andi Kiki Amalia ini bahkan pernah berpose untuk majalah FHM. Sebelum terjun ke dunia sinetron, pemenang Wajah Femina tahun 2000 ini pern

Kiki Amalia: Kiki Amalia & Mie Balungan

ah membintangi berbagai iklan televisi. Beberapa sinetron yang pernah dibintangi Kiki antara lain Legenda Misteri, Wewe Gombel, Bule Betawi, Jodoh Apa Bodoh, Anak Ajaib, serta sinetron religius Islami Hidayahdan Rahasia Ilahi. Lulusan D3 Business Management London School ini juga pernah membintangi film Rantai Bumi.

Meski sibuk menjadi presenter, namun Kiki tak lupa tetap mengasah bakat aktingnya melalui layar lebar. Ia berkesempatan bermain di film Mas Suka Masukin Aja produksi K2K Production.

Mulai tahun 2011, Kiki Amalia bukan hanya sebagai seorang artis, tapi ia juga mencoba mengasah kemampuannya dalam dunia bisnis dengan membuka bisnis kuliner bertajuk “Mie Balungan by Kiki Amalia”.

Berdasarkan riset pemasaran dari Kantar Worldpanel merilis Kantar World's Brand Footprint Ranking untuk produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG). Dari hasil riset yang dilakukan pada 2012 tercatat bahwa konsumen Indonesia gemar mengkonsumsi mie instan. Asosiasi Roti, Biskuit dan Mi Instan (Arobim) memperkirakan permintaan mi instan pada tahun 2013 bisa mencapai 18 miliar bungkus. Angka ini menunjukan sinyal meningkat 10% lantaran pada tahun kemarin realisasinya hanya 16,5 miliar bungkus. . Kenaikan penjualan ditopang tren penggunaan mi instan sebagai makanan pengganti nasi.

Mie Balungan by Kiki Amalia pertama di dirikan pada bulan Agustus 2011 oleh artis cantik Kiki Amalia bekerjasama dengan dua orang kawannya, pengusaha muda asal kota Solo bernama Tri Handayani dan Hendri. Usahanya ini berada dibawah naungan bendera AutoBridal, berkat kecintaannya yang besar terhadap dunia kuliner akhirnya ia menumpahkan hobi berkulinernya dengan membuka “Mie Balungan“. Awalnya, Mie Balungan bernama “Baso Balungan“, namun mengingat tingginya angka permintaan pelanggan terhadap yamin, dan  baso yang merupakan jenis makanan yang massif maka di ubahlah nama “ Baso Balungan“ menjadi “ Mie Balungan“. Dengan menu yang menarik dan menggugah selera, Mie Balungan yang berkantor pusat di Jl. Surya Sumantri 94 Kota Bandung ini menyediakan pilihan kuliner yang beragam, memberikan pilihan yang menarik bagi para penikmatnya. Saat ini menu andalan dari Mie Balungan adalah Mie Balungan, Mie Balungan Komplit, Mie Yamin, Mie Yamin Komplit dan Bihun komplit ini membuat para pecinta kuliner merasa dimanjakan dengan menu yang disediakan.

Balung atau tulang merupakan kunci utama dalam menu Mie Balungan by Kiki Amalia. Kita sudah terbiasa dengan sajian mie namun dalam penyajiannya, Mie Balungan by Kiki Amalia bukan berarti hanya Mie Ayam biasa namun dengan bumbu special dan semakin lengkap dengan balung (tulang iga sapi) yang gurih. Sebagaimana kita ketahui bahwa balungan bukan berarti hanya tulang namun tulang yang masih berbalut daging, dan justru daging sapi yang paling gurih adalah daging yang menempel pada balung atau tulang, disamping itu balungan juga berkomposisi minim lemak, itulah mengapa balungan menjadi salah satu bahan makanan yang istimewa bagi warga Indonesia. Mie Balungan menawarkan rasa asin dan manis dari mie yamin, balungan ( iga sapi ) yang gurih, baso yang terbuat dari 100% daging sapi, dorokdok ( kerupuk rambak ) yang terbuat dari kulit sapi, sayuran yang organik dan aman untuk di konsumsi, dan kuah kaldu sapi sebagai pelengkap menu makan para pecinta kuliner.

Selain menu utama di atas, Mie Balungan by Kiki Amalia juga menjual menu kampung yang unik yaitu Kopi Joss, Kopi Joss adalah kopi hitam yang disajikan dengan arang yang masih membara sehingga arang tersebut dapat menetralisirkan racun yang ada di dalam kopi tersebut. Selain itu juga terdapat Wedang Susu Jahe, wedang dalam bahasa jawa dapat diartikan sebagai sajian air panas hangat, di kombinasikan dengan Jahe dan Susu Kental Manis, Es Kelapa Gula Jawa yang pastinya berbeda dari Es Kelapa pada umumnya, Es Durian Purbalingga juga telah menjadi salah satu menu favorit pecinta durian yang datang ke Mie Balungan. Untuk side-dish, Mie Balungan juga menyediakan Roti Bakar kampung  dan Pisang Bakar Owol. Mie Baso merupakan makanan masyarakat Indonesia yang biasa  / dikonsumsi rata-rata 2-3 kali dalam seminggu, Bisnis Mie Baso bisa beroperasi dimana saja, tidak perlu tempat yang khusus dan Mie Baso dengan balungan dipadukan dengan wedangan merupakan perpaduan yang sangat mantap.

Slogan serupa tapi tak sama tepat di berikan kepada mie yamin dan mie ayam, mungkin tidak banyak yang tahu apa perbedaan antara mie yamin dan mie ayam. Perbedaannya adalah dari jenis mie dan penyajiannya. Untuk penyajiannya, mie yamin tidak bergantung pada kuah seperti mie ayam.

Dalam memenuhi kebutuhan pasar kuliner, Mie Balungan membagi menunya ke dalam beberapa 6 paket.

1. Paket Mie Balungan ( Dine In )

2. Pesan antar

3. Paket pernikahan

4. Paket meeting

5. Paket Ulang Tahun

6. Paket seminar

Pada tahun 2012, Mie Balungan by Kiki Amalia resmi memperoleh sertifikasi halal dari Majelis Uama Indonesia (MUI), namun bukan berarti sebelumnya Mie Balungan tidak memperhatikan dan menerapkan kehalalan produknya. Hanya saja sertifikatnya baru diperoleh tahun 2012.

 

Artikel selengkapnya dapat Anda baca di Majalah EXCELLENT edisi 38

ls

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT