Highlight

Diet Sehat

Rahasia hidup sehat pada dasarnya adalah melakukan 4 hal berikut makan sehat, olahraga, pikiran sehat, dan istirahat cukup.

Diet sebagai bagian dari hidup sehat pada dasarnya berarti mana

Diet Sehat

jemen makan, atau mengatur makan. Jika kita mengatur agar makanan yang sehat yang masuk ke dalam mulut kita maka konsekuensi logisnya adalah tubuh akan menjadi sehat, demikian sebaliknya. Bila kita memilih makana yang tidak sehat seperti  junk food yang masuk ke dalam perut kita, maka tubuh kita akan merasakan dampaknya baik yang langsung maupun tidak langsung.

Saat ini ketika semakin tingg kebutuhan akan hidup sehat, maka semakin banyak yang menawarkan berbagai jenis diet dan memberi nama agar terlihat “fancy”. Memberi penekanan pada metode tertentu atau bahan pangan tertentu.

Ada berbagai macam diet saat ini. mulai dari diet green smothies, diet golongan darah, sampai diet bebas gluten. Bagaimana memilih diet yang tepat dengan beragamnya jenis diet saat ini? apa yang harus dipertimbangkan dalam memilih jenis diet yang ingin dijalani?

Sebetulnya kalau hendak menggunakan akal sehat, maka “diet” yang kita butuhkan adalah persis seperti yang dimakan nenek moyang kita ribuan tahun yang lalu.

Artinya, tubuh terpenuhi kebutuhan pokok nutrisinya yaitu karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, air.

Untuk mendapat tubuh sehat artinya, kita harus berusaha agar nutrisi yang masuk adalah nutrisi yang sehat, yang bisa saya sederhanakan sebagai berikut

Karbohidrat yang kompleks artinya yang masih banyak seratnya seperti nasi merah, ubi, singkong;

Sumber protein yang relatif rendah lemak dan mengandung kadar toksin relatif sedikit seperti ikan laut ( hindari terlalu banyak  udang kerang kepiting karena kaya akan mercury). unggas atau kalau memilih daging sapi pilih sirloin atau tenderloin. Sumber protein yang dari tumbuhan seperti biji-bijian dan kacang-kacangan;

Sumber lemak sehat seperti minyak zaitun, minyak kelapa; atau menggunakan suplementasi makanan seperi omega 3, minyak flaxseed, atau evening primrose oil

Sumber vitamin dan mineral yakni buah-buahan dan sayuran.

Jadi, kalau mendengar diet yang “fancy”, sebaiknya perhatikan dulu isis makanan yang ditawarkan, karena umumnya konsep sehatnya mirip-mirip kok. Tapi mungkin ada yang “berbeda”, karena kita suka mendengar “cerita”. Misalnya diet mediterania, adalah diet yang dikonsumsi oleh orang di sekitar laut mediterania, seperti Italia, Yunani. Mereka banyak mengkonsumsi buah, dan lemak sehat seperti minyak zaitun.. dan karbohidrat mereka adalah pasta yang masih banyak seratnya beda dengan mi instan.

Ketika seseorang sedang “berdiet” dengan orientasi tubuh lebih langsing, maka dia sering “membentur tembok “ yang disebut deengan plateau. Artinya, ketika sudah dijalankan, kita seperti membentur tembok. Misal yang ingin menurunkan berat badannya, setelah turun beberapa kilo, prosesnya terhenti.

Cara mengatasinya adalah dengan pertama kali melakukan cek dan ricek, apa penyebab kegemukan. Harus dibereskan dulu akarnya, baru sambil jalan kita menjalankan diet yang sehat. Kalau diet yang dikerjakan mengandalkan mengurangi makanan baik dengan sengaja menahan nafsu makan, akupunktur, atau pil pelangsing, maka hampir pasti akan bertemu dengan efek plateau ini. cara berpikir seperti ini, mengurangi makan, maka pola ini harus dihilangkan. Pola inilah yang menyebabkan kita seperti “membentur tembok”.  Kembali ke awal, yakni belajar memakan makanan sehat

Kedua apabila sudah “mentok”, periksa, apakah kita sudah melakukan olahraga dengan baik. Diet sehat tanpa olahraga efeknya tidak akan pernah optimal. Lebih disiplin dalam berolahraga, dan pilih yang disukai.

Ketiga, apabila sudah olahraga masih kurang memuaskan, mungkin perlu alat bantu berupa suplementasi makanan  “fat burner”. Bisa berupa teh hijau, kopi, CLA ( Conjugated Linoleci Acid)

Keempat , untuk yang berusia di atas 30 tahun, di mana terjadi penurunan hormon secara alami, bisa dibantu dengan penggunaan hormon melatonin yang berfungsi meregulasi growth hormone secara alami, atau 7 keto DHEA, hormon yang membantu proses pembakaran lemak

Kelima, masih banyak lagi cara, akan tetapi yang barusan diampaikan adalah yang mendasar.

Dalam menjalankan aktivitas sehari hari, hal terpenting soal diet adalah selalu mendahulukan diet yang sehat. Karena tanpa diet yang sehat, maka tubuh kita akan menjadi tidak sehat. Tentu anda tau konsekuensi logis dari hidup yang tidak sehat. Produktivitas berkurang dan biaya kesehatan bertambah

 

Artikel selengkapnya dapat Anda baca di Majalah EXCELLENT edisi 40

ls

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT