Highlight

Ignatius Lesmana: Rasa Kekeluargaan Kunci Kemajuan Perusahaan

PT Inprintama Asri yang berlokasi di Cengkareng, Jakarta ini adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang produk barang dan jasa khususnya barang-barang untuk seminar, lokakarya, rapat kerja, konferensi, maupun untuk keperluan intern perusahaan. Has

Ignatius Lesmana: Rasa Kekeluargaan Kunci Kemajuan Perusahaan

il produksi perusahaan ini antara lain adalah map, cover agenda , sertifikat, dll. Tapi sejalan dengan berkembangnya jaman, belakangan mereka mulai memproduksi automotive support seperti misalnya tool bag.

Perusahaan yang digawangi oleh Ignatius Lesmana ini selalu mengedepankan kepuasan pelanggan dan juga menciptakan suasana kekeluargaan dalam hubungan kerja di perusahaannya dan ini dianggap sebagai kunci keberhasilannya. Bagaimana kiprah perusahaan ini hingga mampu berdiri kokoh dan semakin tangguh hingga saat ini, mari kita simak kisahnya.

Terbentuknya Perusahaan

Mulai dirintis sejak 1988, pada waktu itu masih bentuknya hanyalah sebuah Perusahaan Perseorangan (PO) kemudian sejalan dengan perkembangan omset yang diterima perusahaan ini, pada 1991 bentuk perusahaan ini naik kelas menjadi Perseroan Terbatas (PT). Awal perusahaan ini berdiri masih menggunakan Inprint tapi setelah terbentuknya badan hukum, perusahaan ini berubah nama menjadi PT Inprintama Asri.

Modal perusahaan ini pada tahun 1991 sebesar 50 juta rupiah, dua tahun kemudian tepatnya di tahun 1993 mereka mendapat kepercayaan dari Bank Internasional Indonesia (BII) untuk mendapatkan pinjaman walhasil mereka mendapatkan suntikan dana segar dalam bentuk Kredit Usaha Kecil sebesar 200 juta rupiah yang dananya itu bersumber dari Bank Exim Jepang, pada saat itu dirasa cukup ringan dengan tempo pembayaran 5  tahun dan juga bunga yang relative rendah. Pada saat itu perusahaan ini di armadai oleh 2o orang karyawan. 

Awalnya mereka mengontrak bangunan untuk produksi selama 3 tahun, kemudian setelah 2 tahun perusahaan ini berdiri, mereka bisa menabung untuk membeli tanah di lokasi yang sekarang (Cengkareng), pada saat itu mereka menyiasati dana yang mereka miliki dengan cara membagi dana untuk membeli lahan dan sebagian lagi untuk modal.

Inprintama sendiri pada awalnya bergerak dalam bidang produk barang dan jasa, yaitu barang-barang untuk keperluan kantor, barang-barang untuk seminar dan lokakarya tapi sejalan dengan berkembangnya jaman, belakangan perusahaan ini mulai memproduksi automotive support seperti misalnya tool bag, bahkan sekarang presentasinya lebih banyak ke tool bag jadi sebenarnya perusahaan ini sudah mulai banyak bergeser dalam hal jenis barang produksinya.

Proses Produksi

Proses produksi di perusahaan ini sendiri selain didukung oleh sekitar 45 karyawan yang tentunya sudah handal dibidangnya juga dibantu oleh mesin-mesin pendukung terciptanya hasil produksi yang berkualitas secara efisien.

Pada pembuatan tool bag sendiri, Bahan baku plastik PVC yang masih dalam bentuk rollan dipilah sesuai ukuran untuk pembuatan tool bag, pemotongan sendiri dibuat siku sesuai kebutuhan agar nantinya memudahkan pada saat proses finishing, dengan menggunakan mesin potong yang mampu mengerjakan 300 lembar sekali pengerjaan dalam waktu 10-15 menit, pada pemotongan ini bahan baku yang masih panjang dipotong menjadi lima bagian, mesin potong ini juga digunakan untuk pemotongan kertas board yang akan digunakan untuk pembuatan map.

 Lalu masuk ke proses pengeboran yang bertujuan untuk tanda pada saat pemasangan kancing dari sini bahan baku siap masuk ke tahapan cetak lipat yang selanjutnya akan masuk ke proses pemasangan kancing, ada yang unik pada proses ini mesin pasang kancing yang digunakan dilengkapi dengan sinar laser untuk mengetahui kemana posisi kancing itu akan dipasang, setelah itu barangpun siap packing dan dikirim ke pelanggan.

Untuk pembuatan map sendiri prosesnya diawali dengan pemotongan menggunakan mesin potong yang sama dalam proses pembuatan tool bag tadi, lalu masuk ke proses pengeleman, lalu ada yang namanya hot print untuk pembuatan tulisan, cetak jadi / press agar map dapat terlipat dan rapi pada sisi-sisinya lalu yang terakhir ada proses  finishing untuk pemasangan ring yang digunakan untuk menjepit kertas.

Ciptakan Suasana Kekeluargaan

Berkembang pesatnya perusahaan ini bukan semata mata hanya hasil dari jerih payah seorang Ignatius Lesmana sebagai pemilik perusahaan namun juga berkat kiprah para karyawan-karyawannya yang loyal terhadap perusahaan, hal ini diamini oleh beliau “Apa yang kami capai selama ini merupakan usaha bersama, bukan karena saya pribadi melainkan karena kerjasama dengan karyawan.”

Lesmana yakin dengan terciptanya suasana kekeluargaan di lingkungan tempat mereka bekerja maka akan tercipta pula kenyamanan dan suasana yang kondusif sehingga akan membuat karyawan-karyawannya betah serta terus bersemangat. Dalam hal kenyamanan ini berimbas positif kepada karyawan itu sendiri, tercatat belum pernah ada yang mengalami kecelakaan kerja alias zero accident selama 25 tahun perusahaan berdiri.

Disamping itu perusahaan ini juga menanamkan tiga nilai untuk para karyawannya yaitu, nilai kejujuran, nilai ketekunan, dan nilai tanggung jawab karena ketiga nilai ini merupakan hal penting untuk para karyawan dan juga untuk perusahaan sendiri sehingga bisa tercipta bukan hanya barang-barang yang berkualitas saja, namun juga senyum manis dari para pelanggan setianya. Karena kebanggan dan keunggulan perusahaan ini adalah kepuasan pelanggan dimana kepuasan itu ada terkait dengan kualitas barang produksi, ketepatan pengiriman barang produksi, serta kepuasan harga yang ditawarkan.

 

Artikel selengkapnya dapat Anda baca di Majalah EXCELLENT edisi 40

ls

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT