Highlight

Mari Elka Pangestu : Infrastruktur Baik, Angka Wisatawan Naik

Menjadi perempuan Tionghoa Indonesia pertama yang memegang jabatan sebagai Menteri di republik ini. Sebelum menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif seperti saat ini, beliau juga sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan Indonesia pada masa jabatan 2004 hingga 2011.

Mari Elka Pangestu : Infrastruktur Baik, Angka Wisatawan Naik

Beberapa gelar pendidikan telah beliau raih seperti gelar Bachelor and Master of Economics dari Australian National University, Canberra dalam bidang Microeconomics, Macroeconomics, International Trade, Economic Development & Accounting pada tahun 1980 dengan mengangkat tema disertasi “Direct Foreign Investment in the ASEAN Countries”. Dan gelar PhD (Doctor of Philosophy) dalam bidang Perdagangan Internasional, Keuangan, dan Ekonomi Moneter dari University California Davis Amerika Serikat pada tahun 1986 dengan tema disertasi “The Effect of Oil Shocks on a Small Oil Exporting  Country: The Case of Indonesia.

Beliau adalah Dr. Mari Elka Pangestu, Ph.D, yang pada 2013 lalu mendapatkan gelar Doctor of Letter, Honoris Causa dari College of Business and Economics, Australian National University. Pemberian gelar ini diberikan atas kontribusinya sebagai akademisi di bidang ekonomi sebelum menjabat sebagai Menteri. Beliau juga dianggap memiliki kontribusi penting di bidang perdagangan internasional dan kerjasama regional baik dalam kapasitasnya sebagai akademisi maupun saat menjabat sebagai Menteri Perdagangan. Dan yang tak kalah penting, beliau dinilai memberi role model bagi kaum perempuan, sebagai perempuan Indonesia pertama yang meraih gelar Doktor di bidang ekonomi dari universitas di luar negeri dan sebagai salah satu perempuan yang menjadi menteri di kabinet Pemerintah Indonesia.

Selain itu wanita kelahiran Jakarta 23 Oktober 1956 ini juga telah berhasil menyabet beberapa penghargaan diantaranya dari Korean Press Agency Award pada tahun 1993, Nestle Bear Brand Women Award pada tahun 1998, 100 Potential Leaders in Asia versi Business Week pada tahun 1998, dan Distinguish Australian National Hall of Fame pada tahun 2006. Beliau juga tercatat sebagai dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia sejak tahun 2007 hingga sekarang.

Jurnalis, Dokter Anak, dan Menteri

Putri bungsu dari pakar ekonom wahid Prof. Dr. Jusuf Pang Lay Kim ini sebelumnya tidak pernah sama sekali bercita-cita untuk menjadi seorang Menteri. Atas dasar dilatarbelakangi oleh hobi menulisnya saat masih kecil maka beliau terobsesi menjadi seorang jurnalis. Diakuinya saat masih sekolah beliau suka menulis untuk majalah sekolah dan juga sering membuat cerpen yang bukan untuk dijual melainkan untuk dibagikan kepada keluarganya.

Istri dari Adi Harsono ini mengakui bahwa pada awalnya sama sekali tidak tertarik untuk terjun serius di bidang ekonomi, bahkan selain memiliki impian kecilnya menjadi seorang jurnalis beliau juga memiliki impian menjadi seorang dokter anak karena diilhami oleh kebaikan dokter pribadinya di masa kecil. Untuk mewujudkan impiannya ini maka beliau mendaftar di Fakultas Kedokteran Australian National University, tapi setelah sudah diterima ke Universitas tersebut beliau malah merasa terbebani menjalani pendidikannya di bidang kedokteran, maka setelah berkonsultasi dengan keluarga akhirnya beliau pindah ke jurusan science tapi beliau mengambil kelas ekonomi dan disitulah beliau mulai tertarik pada bidang ekonomi berkat pengaruh dosen yang mengajar di kelas tersebut.

Berbagai artikel telah beliau buat baik berupa kritikan maupun konsep-konsep ekonomi sehingga mengantarkan ibunda dari Raymond Bima dan Alexander Arya ini masuk dalam jajaran ekonom papan atas Indonesia. Beliau juga sering diminta menjadi narasumber diberbagai media internasional seperti majalah Time, CNN, dan Asiaweek. Karya-karyanya baik artikel maupun buku juga banyak dipublikasikan oleh berbagai media lokal dan internasional. 

Selengkapnya dapat Anda baca di Majalah EXCELLENT edisi 41

Arra

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT