Highlight

Inovasi IT dalam Perusahaan

Oleh : Sutiono Gunadi

Hampir seluruh bidang bisnis kini memanfaatkan implementasi IT sebagai bagian prosesnya. Selain ketergantungan pada keputusan CIO (Chief Information Officer), yang dikenal sebagai 'Innovation Accelerators', peru

Inovasi IT dalam Perusahaan

sahaan juga mendorong implementasi teknologi  dengan terus memadukan inovasi bisnis dan IT sebagai strategi inti di seluruh organisasi perusahaan.

Innovation Accelerators

Menurut hasil survei “Business Transformation and the CIO Role” yang diumumkan oleh Red Hat, dari 420 pemimpin bisnis di dunia, melalui Harvard Business Review Analytic Services, menemukan bahwa para Innovation Accelerators ini (32% dari responden survei) menantikan perubahan yang signifikan dalam tiga tahun mendatang, terutama dalam hal bagaimana mereka terlibat dengan belajar memahami pelanggan, serta menerapkan dalam model bisnis mereka, produk dan jasa, juga proses bagi pengguna akhir.

Mereka juga lebih cenderung untuk fokus pada kesempatan untuk menghasilkan pendapatan dengan strategi-strategi pengalaman dengan pelanggan yang baru (71%), inovasi model bisnis (69%) dan inovasi layanan (68%). Sebaliknya, perusahaan-perusahaan yang tidak menjadikan inovasi sebagai prioritas hanya akan lebih fokus pada otomatisasi proses bisnis (70%).

Responden juga percaya inovasi dengan IT akan mengubah cara karyawan melakukan pekerjaan mereka (48% mengatakan hal tersebut akan berubah secara signifikan, 15% mengatakan itu akan berubah secara keseluruhan); produk/jasa perusahaan (46% mengatakan cara karyawan akan berubah secara signifikan; 11% mempredikasi hal tersebut berubah secara keseluruhan), dan model bisnis (42% berharap akan berubah secara signifikan, 13% mengatakan hal berubah secara keseluruhan).

Untuk Innovation Accelerators, jumlahnya jauh lebih tinggi: 70% mengatakan pendekatan mereka ke pelanggan dan wawasan akan berubah secara signifikan, dan 33% mengindikasikan akan berubah secara keseluruhan.

Perubahan-perubahan ini juga mengarah kepada sejumlah proyek tertentu yang akan dikerjakan para responden dalam 3 tahun mendatang. Lebih dari setengah responden survei berencana untuk mengotomatisasi proses bisnis (67%); menjalankan strategi pengalaman pelanggan (66%); menciptakan aplikasi baru (60%); dan berinovasi dalam layanan (57%) dan model bisnis (56%).

Hasil survei menjelaskan bahwa setiap organisasi harus berusaha untuk menjadi Innovation Accelerator. Peran CIO juga berpengaruh terhadap hasilnya, mereka memainkan peran penting dalam inovasi bisnis yang digerakkan IT.

Salah satu cara guna mendapatkan masukan bagi perusahaan adalah dengan memanfaatkan teknologi
Contact Centre.

 

 

Contoh Inovasi IT

Beberapa contoh inovasi IT yang sangat mempengaruhi kehidupan manusia adalah pemanfaatan perangkat mobile, seperti ponsel cerdas atau smartphone.

Di masa mendatang, ponsel cerdas akan otomatis membantu Anda, misalkan dengan menyarankan makanan terbaik hari ini berdasarkan kondisi kesehatan, lokasi Anda berada, selera, sampai jumlah dana yang Anda miliki saat ini.

Contoh inovasi IT lainnya yang agak ekstrim adalah merubah spam men jadi sahabat. Meskipun terdengar konyol, tetapi email iklan sampah alias spam dapat diolah dan bakal sangat dibutuhkan jika disajikan pada saat yang tepat.

Di masa depan dengan adanya teknologi analisis masif terhadap data yang tersebar, termasuk data yang saat ini dianggap sebagai sampah seperti spam yang selama ini menjengkelkan pengguna IT.

Anda tidak percaya? Tunggu saja, dalam beberapa tahun mendatang inovasi IT akan mewujudkan semua hal yang sekarang dianggap khayalan atau hal-hal yang konyol.

Sutiono Gunadi,pemerhati masalah Teknologi Informasi, dapat dihubungi melalui email sutiono2000@yahoo.com

DR

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT