Highlight

Berani Mencoba,Berani bicara.

Dalam setiap kesempatan saya mengisi seminar atau training public speaking, diakhir sesi saya selalu memberikan waktu kepada seluruh peserta untuk tampil secara impromptu alias tanpa persiapan. Mereka harus berani maju dan tampil berbicara dihadapan peserta lainnya tanpa dibe

Berani Mencoba,Berani bicara.

ri kesempatan untuk mempersiapkan diri atas materi yang akan dibawakan. Disinilah kerap terlihat aksi yang unik,lucu dan tidak jarang penampilan konyol yang dihadirkan oleh peserta. Anda mungkin akan berkesempatan juga seperti ini,yaitu harus tampil secara mendadak dihadapan publik. Lalu apa yang anda akan lakukan ketika hal ini menimpa anda?

Keahlian public speaking memang harus selalu dilatih dengan cara sering tampil dihadapan publik. Semakin sering anda berlatih dan tampil dihadapan publik,maka semakin fasih dan lancar anda berbicara. Butuh keberanian untuk berdiri dan melangkahkan kaki menuju panggung dan mulai berbicara. Walaupun memang hasilnya tidak maksimal, namun penampil terburuk masih lebih baik daripada penonton terbaik. Karena setiap penampilan butuh keberanian. Dan keberanian itu patut dihargai.

Saya ingin berbagi tips agar anda memiliki peluang untuk bisa tampil secara impromptu alias tanpa persiapan dihadapan publik. Silakan berlatih seperti berikut ini.

 

Laporan Pandangan Mata

Cara ini mirip dengan laporan yang disampaikan oleh seorang penyiar radio. Ketika penyiar radio melaporkan sebuah peristiwa,ia mewakili mata pendengar dilokasi kejadian dan menuangkannya dalam bentuk auditif (suara) yang diterjemahkan sebagai narasi dan diterima oleh pendengar. Apa yang dilihat oleh mata penyiar radio,diterjemahkan dalam narasi yang mudah dipahami oleh pendengar. Karena pendengar tidak bisa melihat secara langsung,maka mata pendengar ada pada sang penyiar radio. Anda dapat melakukan latihan seperti penyiar radio ini dalam kondisi apapun dan dimanapun. Bahkan saat anda harus menikmati kemacetan jalan di ibukota dari dalam kendaraan umum yang anda tumpangi, tetap bisa berlatih. Perhatikan sekeliling anda. Lihat dan gambarkan situasi yang anda alami saat itu. Misalnya ada sebuah mobil disamping anda yang juga terjebak macet, deskripsikan secara jelas mobil tersebut dalam bentuk narasi. Anggap saja anda tengah melaporkan situasi kemacetan di jalan laksana seorang reporter radio. Lalu anda bisa juga membaca nama nama toko yang anda lihat sepanjang jalan sambil mengulas keadaan disepanjang jalur yang dilalui. Lakukan seperti sedang siaran radio. Hal ini bisa melatih improvisasi dan meningkatkan kemampuan pemilihan kata.

 

Tema favorit

Ini salah satu cara yang paling mudah anda lakukan. Pilih sebuah tema atau topik yang sangat anda sukai. Lalu ceritakan tema tersebut dihadapan teman teman anda. Karena memilih topik yang anda sukai,pasti anda telah menguasai apa yang akan anda sampaikan. Misalnya anda senang traveling,maka pilihlah cerita tentang obyek wisata favorit anda dan keluarga. Ceritakan tentang bagaimana keindahan obyek wisata itu,bagaimana cara menuju ke lokasi wisata itu serta apa yang bisa anda dapatkan disana sebagai cendera mata. Ceritakan secara antusias dan yakinkan kepada rekan anda bahwa obyek wisata itu layak dijadikan tujuan wisata bagi mereka. Setelah itu lihat bagaimana respon mereka . Topik yang anda sukai tentu merupakan tema yang dikuasai juga,karena sebelumnya anda sudah melakukan riset yang mendalam sehingga bisa menghemat waktu dalam penyusunan data.

 

Kata Kunci

Ada sebuah permainan kata kata yang unik yang bisa dijadikan cara untuk belajar. Ambillah beberapa lembar kertas lalu potong kedalam beberapa bagian yang sama besar,seukuran kartu permainan. Taruhlah anda memiliki sebanyak 20 lembar kartu. Disetiap kartu itu tuliskan kata kata apa saja yang anda sukai. Misalnya jenis makanan,tokoh idola,artis idola,tempat wisata atau bisa juga nama buah atau hewan. Setelah selesai anda tuliskan,kocok kartu tersebut lalu ambillah kartu satu persatu. Dalam setiap kartu yang anda ambil,anda harus bacakan tulisan yang tertera pada kartu lalu anda harus menceritakan sebanyak mungkin yang anda ketahui tentang topik tersebut. Agar lebih bersemangat,lakukan cara ini berdua dengan rekan anda secara bergantian dan biarkan rekan anda yang menuliskan topiknya sehingga setiap topik yang anda baca akanmenjadi topik kejutan yang menantang. Lihatlah betapa anda dan rekan anda akan saling berlomba untuk menjadi penutur yang paling menguasai topik. Bila anda ingin lakukan cara ini dengan banyak rekan, lakukan seperti saat mengikuti arisan. Tuliskan tema atau topik pada kertas kecil yang digulung,lalu biarkan setiap orang mengambil satu gulungan kertas dan membukanya. Setiap orang harus mempresentasikan apa yang menjadi topik yang dipilihnya sendiri pada gulungan kertas.

 

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk berlatih secara mandiri tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun. Hanya perlu keberanian mencoba dan sedikit kreativitas. Apakah setelah melakukan latihan dengan cara diatas akan membuat anda lancar berbicara dihadapan publik? Memang tidak ada yang bisa menjamin hal itu. Namun ketika anda mulai berlatih dan mencoba,anda punya peluang yang lebih besar untuk sukses sebagai public speaker dibanding mereka yang hanya berani menjadi penonton. Selamat mencoba.

 

 

Donny de Keizer

Speakerpreneur & TV Broadcaster

CEO Media Dreyasa Komunitama

Twitter @DonnydeKeizer

DR

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT