Highlight

Evasi dan Etika Komunikasi

Evasi dan Etika Komunikasi 

Perang mulut ant aranggota panitia khusus (pansus) Bank Century, Ruhut Sitompul dan Gayus Lumbuun, menjadi sebuah drama parlementer sarkastis terawal di tahun 2010. Arus komunikasi yang berlangsun

Evasi dan Etika Komunikasi

g dalam hitungan menit dengan eskalasi emosi jiwa dan kata pun menjadi tontonan jutaan pemirsa televisi di seantero nusantara. Elemen komunikasi, baik verbal mau pun nonverbal ditampilkan secara dramatik vulgar dan sempurna tanpa mengindahkan ruang, waktu, etika apalagi estetika kala komunikasi itu dilakukan. Telah terjadi apa yang dalam komunikasi dikenal dengan istilah evasi komunikasi. Wajar jika sebagian kalangan menganggapnya sebagai sebuah pemandangan yang jauh dari tuntunan yang seyogyanya mengedepankan etika, moral dan estetika kepangkatan orang-orang yang melakukannya. Ada kekhawatiran tesis Gus Dur (Alm.) tentang anggota yang terhormat itu mendekati titik kebenarannya.  

Menurut E. Cooper dan M. Johada, evasi komunikasi adalah sebuah gejala dan tindakan mencemooh dan mengelakkan suatu komunikasi untuk mendiskreditkan atau menyesatkan pesan komunikasi (understanding derailed), mencacatkan pesan komunikasi (message made invalid) dan mengubah kerangka referensi (changing frame of reference). Pencemoohan terhadap pribadi dan kepribadian seseorang (dalam kasus di atas dengan membawa-bawa soal ‘profesor’ sebagai atribut pribadi) tentu dapat dikatakan mendiskreditkan komunikan yang tidak ada hubungannya dengan substansi apalagi esensi yang tengah dibahas di ruang yang terhormat itu. Hal ini bukan hanya mengeluarkan pesan dari rel sesungguhnya melainkan juga menyia-nyiakan narasumber berkompeten yang telah diundang ke parlemen untuk tujuan klarifikasi kasus yang tengah ditangani oleh panitia khusus tersebut. Bukankah kejadian itu hanya menghabiskan waktu tanpa hasil?

 

Artikel selengkapnya dapat Anda baca di Majalah EXCELLENT edisi 44

19 November 2014

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT