Highlight

Komunikasi Manusiawi Korporasi

Keberhasilan sebuah perusahaan bukan hanya diukur dari berapa banyak laba yang diperolehnya, tetapi juga dari setiap tetes keringat yang dikorbankan oleh setiap pekerja yang terlibat di dalamnya -Konosuke Matsushita-

 

Betapa luhur pernyataan sang pendiri El

Komunikasi Manusiawi Korporasi

ectric yang sekarang terkenal dengan produk berkualitasnya Panasonic. Matsushita tidak mengukur kesuksesan sebuah perusahaan dari sisi materi saja. Ia sadar, jika hal itu saja yang menjadi ukuran keberhasilan sebuah korporasi berarti ia telah mengabaikan sisi non-materi yang menjadi stimulator, generator dan operator keberhasilan itu. Ia sadar bahwa ada hal-hal non-materi yang perannya sungguh besar untuk dipertimbangkan dan diapresiasi guna melanggengkan kesuksesan korporasi jika kesuksesan dimaksudkan untuk tercatat sebagai legenda. Tidak tampak keserakahan membabi buta ala machiavelis. Ia sadar betul bahwa paham machiavelistis mungkin bisa membuat pelaku bisnisnya meraup laba dan harta dalam jumlah luar biasa dalam tempo singkat dan cepat, namun hal itu tidak ia lakukan. Buktinya, produk-produknya seperti Panasonic, Technics, JVC, dan sejenisnya yang merupakan produk andalah dari Matsushita Electric bertahan hingga saat ini. Puluhan tahun ia berjaya dan berhasil menancapkan kesadaran brand (brand awareness) tersebut ke benak konsumennya. Tidak hanya tertanam disana sebagai produk elektronik biasa, namun berkualitas baik dan tahan lama. Itulah komunikasi manusiawi yang dibangun Matsushita kepada para pekerjanya dan konsumennya. Setiap tetes keringat pekerja dihargai dan diapresiasi dan setiap produk berkualitas diberi garansi buat setiap konsumennya. Luar biasa!

 

Di Jepang ada Konosuke Matsushita, di Inggris ada Anita Roddick. Dialah wanita pengusaha asal Inggris, pendiri perusahaan kosmetik The Body Shop yang memproduksi dan menjual produk kecantikan dari bahan-bahan alami dan ramah lingkungan. Slogannya adalah No Animal Testing. Seluruh produknya tidak ada satu pun yang diujicobakan kepada hewan terlebih dahulu. Semuanya harus berdasarkan riset yang sangat akurat dan presisi. Ia tidak mau mengorbankan makhluk lain untuk mengeruk keuntungan darinya. Sekali pun itu hewan! Sebuah komunikasi manusiawi dalam arti tidak mengorbankan pihak mana pun dalam meraup laba. Menarik juga untuk melihat sejarah dan prestasi bisnis yang mengedepan unsur kemanusiaan tanpa menghalalkan segala cara ini. Roddick mulanya membuka toko Body Shop untuk menambah penghasilan bagi dirinya dan dua orang putrinya, Sam and Justine, ketika suaminya sedang berada di Amerika. Kesuksesan toko pertamanya diikuti 6 bulan kemudian dengan membuka toko kedua. Setelah kembali ke Inggris, suaminya juga ikut membantu usaha Body Shop. Sejumlah 700 cabang Body Shop berhasil didirikan hingga tahun 1991. 

Konosuke Matsushita dan Anita Roddick adalah contoh tokoh yang menghargai setiap tetes keringat pekerja.. Mau tahu kisah lengkapnya?

Informasi selengkapnya dapat Anda baca di Majalah EXCELLENT edisi 46. Bisa Anda dapatkan dalam versi CETAK dan Digital.

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT