Highlight

Strive To Reach The Goal

Never give up sebuah kalimat yang pantas diberikan kepada Fransiscus Budi Pranata. Peraih Best Chief Financial Officer (CFO) sebanyak dua kali ini tidak serta merta meraih kesuksesan dengan mudah. Pengalaman menyakitkan sedari kecil membuatnya tumbuh menjadi sosok yang kuat. Tidak ada

Strive To Reach The Goal

lagi seorang Frans—sapaan akrab Fransiscus Budi Pranata—yang minder. Sosok yang minder tersebut kini menjadi CFO dari Zalora Indonesia, The Biggest Fashion Online Shopping di Indonesia, Southest Asia bahkan di dunia.

Frans, anak ke enam dari delapan bersaudara ini adalah anak dari seorang supir mikrolet. Kondisi ekonomi keluarga yang kurang baik, membuatnya menjadi sosok yang tidak percaya diri. Bahkan untuk mengatakan bahwa ‘ini Ayah saya’ dihadapan guru saja sulit. “Saya pernah suatu kali bertemu dengan guru SD di dalam mikrolet yang dikendarai oleh Ayah saya. Guru itu bertanya saya mau kemana. Saya bingung jawabnya karena mikrolet yang saya naiki tidak searah dengan sekolahan. Saya jadi speechless tidak bisa jawab. Sampai Ayah saya bilang, ‘Budi ini anak saya’. Saat itu saya sampai tidak berani katakan bahwa ‘ini Ayah saya’. Sampai sedemikiannya saya minder,” kenang Frans.

Menginjak dunia perkuliahan, sedikit demi sedikit, rasa minder itu pun hilang. Berhasil diterima di Universitas Indonesia Fakultas Ekonomi adalah sebuah hadiah dari kerja kerasnya belajar. Dijuluki sebagai anak kutu buku, membuat Frans meraih top rangking di semester pertama kuliahnya. Hal tersebut membuatnya memiliki banyak teman dan mulai bergaul dengan banyak orang. “Menjadi pengalaman pertama bagi saya untuk bisa main, jalan-jalan, dan nonton bersama teman-teman. Dari situ lah saya baru belajar berelasi dengan orang lain. Dan saya pun mulai menyadari pentingnya hubungan antar manusia. Pintar di otak saja tidak cukup, kemampuan berbicara di depan banyak orang itu tak kalah penting,” ucap sang pemilik mimpi untuk bisa sekolah business school di Harvard. 

Ingin tahu kelanjutannya? Informasi selengkapnya dapat Anda baca di Majalah EXCELLENT edisi 48. Majalah Excellent edisi 48 bisa Anda dapatkan dalam versi CETAK dan Digital (Scoop, Scanie, WayangForce atau ExcellentMediaStore). Jika ingin bentuk cetak, Anda dapat temukan di Toko Buku Gramedia Se-Jabodetabek atau bisa melakukan pemesanan dengan menghubungi 021-29034288 atau 0851 0011 2009 (Sara).

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT