Highlight

Meningkatkan dan Mengakselerasi Pertumbuhan Bisnis di Indonesia

Melalui BetterMind Indonesia—yang melayani konsultasi bisnis, training, coaching, dan hipnoterapi—mencermati bahwa Indonesia membutuhkan pengembangan di bidang Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk meresponi kebutuhan tersebut, diciptakanlah BetterMind Indonesia untuk memberika

Meningkatkan dan Mengakselerasi Pertumbuhan Bisnis di Indonesia

n solusi yang praktis dan menyeluruh demi membantu manusia Indonesia menjadi lebih profesional sehingga dapat meningkatkan dan mengakselerasi pertumbuhan bisnis di Indonesia.

Kepada Excellent Public Speaker, Bapak Adang Adha yang adalah seorang speaker, trainer, coaching sekaligus founder dari BetterMind Indonesia berbagi kisah mengenai perjalanan hidupnya dan impiannya untuk dapat memberikan manfaat lebih banyak bukan hanya di Indonesia tetapi juga di negara ASEAN.

 

Bisa Bapak ceritakan kepada Sahabat Excellent mengenai perjalanan kehidupan Bapak?

Saya lahir di Bandar Lampung sekitar 32 tahun silam. Dari kecil, saya bersekolah di Lampung. Orang Lampung itu berpendapat jika kuliah di Pulau Jawa itu luar biasa. Maka saya punya niat untuk kuliah di Pulau Jawa. Setelah lulus SMA, saya sempat berkuliah di Bandung. Saat itu belum punya gambaran untuk menjadi seperti apa. Setelah tanya ke beberapa orang, akhirnya saya memutuskan kuliah Jurusan Teknik Informatika di salah satu Universitas di Bandung. Ketika, semester pertama, IP saya hanya 1,9 dan semester kedua hanya 0,9. Melihat itu, saya berpikir sepertinya saya salah jurusan. Lalu, saya kembali mencoba UMPTN dan keterima kuliah di Jakarta. Jurusan ini sudah saya pikirkan secara matang dan sesuai dengan kesukaan saya yaitu Jurusan Psikologi. Kuliah itu akan terasa berbeda jika kita mengambil jurusan yang benar-benar kita senangi.

Saya masuk psikologi, saya suka berhubungan dengan banyak orang, saya suka mengamati perilaku orang. Dari situ, semester pertama saya mendapatkan IP 3,4. Sebelum lulus dari psikologi, saya sudah diterima bekerja karena kakak-kakak kelas saya itu mengetahui bahwa saya mempunyai kompetensi sebagai trainer. Dari kuliah semester 3 itu, saya sudah punya tujuan untuk menjadi apa. Awal saya berkarier itu tahun 2008 dan tahun 2010, saya sudah menduduki jabatan sebagai manajer di sebuah perusahaan. Sedari masuk kuliah, saya sudah mempunyai cita-cita bahwa tahun 2010 saya harus mendirikan lembaga konsultan sendiri. Dan benar cita-cita saya tercapai. Saya mendirikan BetterMind Indonesia pada tahun 2010.

Bapak sempat menjalani karier sebagai Training and Development Head, lalu beralih profesi dengan mendirikan BetterMind Indonesia. Apa yang menyebabkan Bapak melepaskan karier tersebut?

Tahun 2009, saya sudah mulai training ke luar. Setiap Sabtu dan Minggu, jika ada perusahaan yang meminta saya untuk mengisi training maka saya melakukannya. Dan kebetulan juga, pada tahun 2010 itu, kegiatan saya sebagai trainer cukup padat. Saya juga teringat lagi mengenai mimpi di awal kuliah saya untuk mendirikan lembaga konsultan. Lalu, saya berpikir, ini waktu yang tepat untuk keluar dari perusahaan dan mendirikan lembaga konsultan saya sendiri.  Saat saya melepaskan karier saya tersebut, itu bukanlah keputusan yang sulit karena saya sudah tahu apa yang saya mau.  

 

Ingin tahu kelanjutannya? Informasi selengkapnya dapat Anda baca di Majalah EXCELLENT edisi 48. Majalah Excellent edisi 48 bisa Anda dapatkan dalam versi CETAK dan Digital (Scoop, Scanie, WayangForce atau ExcellentMediaStore). Jika ingin bentuk cetak, Anda dapat temukan di Toko Buku Gramedia Se-Jabodetabek atau bisa melakukan pemesanan dengan menghubungi 021-29034288 atau 0851 0011 2009 (Sara).

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT