Highlight

Simplify Your Words

Rangkaian kata yang terlalu panjang dan rumit bukan hanya mengaburkan makna dan substansi pesan, melainkan juga melelahkan pendengarnya. Menurut salah satu hasil penelitian tentang kemampuan daya dengar manusia, ternyata durasi kekuatan menyerap kata-kata hanya sebatas lebih kurang dua ratus k

Simplify Your Words

ata per menit. Artinya, jika kata-kata yang diujarkan lebih dari batas maksimum, kemampuan pendengar untuk menangkap substansinya mengalami penurunan secara kualitatif.

Penyederhanaan kata-kata perlu dipertimbangkan terutama jika berhadapan dengan pelanggan awam yang tidak mengerti terminologi teknis sebuah produk atau jasa. Istilah teknis yang canggih memang bisa mengundang decak kagum pendengarnya. Kelas pembicaranya juga akan bergerak naik seiring dengan penggunakan terminologi classy tersebut. Namun, hal ini tidak akan banyak artinya jika pelanggan yang diharapkan kurang memahami koleksi kata-kata yang terujar itu. Secara fungsional, penggunaan kata-kata itu menjadi kurang mencapai sasaran.

Tingkat sosial ekonomi, edukasi, tipologi dan psikologi pelanggan harus dipahami secara komprehensif sebelum formulasi kata-kata dibuat. Jika hal ini memungkinkan untuk dilakukan, tentu hasil yang dapat dicapai akan semakin mencapai target. Namun, jika pendeteksian karakter dan latar belakang itu terlalu sulit untuk dilakoni, penyederhanaan kata akan menjadi instrumen generik yang berlaku universal. Tetap harus ada upaya yang menjurus pada kondisi siapa saja yang mendengar kata-kata sederhana itu dijamin langsung bisa mengerti apa yang dimaksudkan oleh penuturnya. Masalah apresiasi yang berjenjang diberikan oleh pendengarnya, itu tidaklah penting sepanjang pesan itu dapat ditangkap dengan baik. Dalam kaitannya dengan pelanggan, terutama yang berada di tataran pasar tradisional dan semi-modern, tentu penyederhanaan kata-kata membuat mereka lebih menyatu dengan penjelasan yang diberikan. Pada akhirnya, integrasi makna dalam ruang kognitif itu akan menggerakkan hati untuk melakukan transaksi sesuai dengan yang dipahami. Dengan demikian, bukankah tujuan sebuah percakapan sales telah mencapai sasarannya: closing.  

 

Ingin tahu kelanjutannya? Informasi selengkapnya dapat Anda baca di Majalah EXCELLENT edisi 48. Majalah Excellent edisi 48 bisa Anda dapatkan dalam versi CETAK dan Digital (Scoop, Scanie, WayangForce atau ExcellentMediaStore). Jika ingin bentuk cetak, Anda dapat temukan di Toko Buku Gramedia Se-Jabodetabek atau bisa melakukan pemesanan dengan menghubungi 021-29034288 atau 0851 0011 2009 (Sara).

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT