Highlight

Prinsip Social Proof (2)

Sahabat excellent, di artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang prinsip social proof, bagaimana efeknya terhadap perilaku sosial manusia dan kenapa kita terprogram untuk mengikuti perilaku orang-orang di sekeliling kita, bahkan tanpa disadari kita sering juga ikut terpengaruh secara emosi

Prinsip Social Proof (2)

onal.

Dalam artikel kali ini saya akan bahas bagaimana memanfaatkan prinsip ini dalam hidup sehari-hari, dalam pekerjaan dan bisnis, serta bagaimana caranya menghindari efek negatif dari prinsip ini dalam pengambilan keputusan penting.

Hukum social proof ini menjelaskan kecenderungan manusia untuk mengikuti perilaku orang orang di sekeliling mereka karena mereka berpikir kalau sudah banyak orang yang sudah melakukannya, maka itu adalah benar dan karena sudah benar maka mereka harus ikut melakukannya juga.

Dengan memahami cara kerja prinsip tersebut akan mempermudah kita dalam membujuk dan mempengaruhi perilaku seseorang, dan tentu saja dalam konteks yang positif dengan hasil yang win-win.

Bagaimana caranya memanfaatkan prinsip ini dalam pekerjaan & bisnis

Anda bisa memanfaatkan prinsip ini sebagai strategi untuk mempengaruhi dan membujuk teman, rekan kerja dan partner bisnis Anda. Contoh di antaranya:

·Bersikap proaktif untuk mengambil alih tanggung jawab dan memberi contoh dalam mengerjakan sebuah tugas yang kurang disukai atau juga tugas yang sering dihindari di kantor. Dalam hal ini, Anda juga bisa mengajak rekan kerja yang sependapat untuk ikut mengerjakannya. Semakin banyak rekan kerja Anda yang ikut, maka semakin mudah mempengaruhi rekan lain untuk ikut berpartisipasi dalam tugas tersebut.

·Membuat daftar dan mengumpulkan tanda tangan persetujujuan yang diedarkan. Anda bisa mulai dari orang yang sudah setuju. Semakin panjang daftar tersebut maka semakin mudah bagi Anda untuk mempengaruhi yang lain untuk ikut setuju.

·Terkadang banyak pemilik rumah makan, cafe dan resto baru yang memenuhi ruangan dengan teman-teman dan keluarga sendiri supaya kelihatan ramai sehingga mempengaruhi tamu yang lain untuk ikut datang.

·Dalam presentasi selling customer, Anda akan lebih percaya jika Anda memberikan statistik dan testimoni tentang orang orang yang sudah pernah menggunakan produk Anda.

 

Ingin tahu kelanjutannya? Informasi selengkapnya dapat Anda baca di Majalah EXCELLENT edisi 49. Majalah Excellent edisi 49 bisa Anda dapatkan dalam versi CETAK dan Digital (Scoop, Scanie, WayangForce atau ExcellentMediaStore). Jika ingin bentuk cetak, Anda dapat temukan di Toko Buku Gramedia Se-Jabodetabek atau bisa melakukan pemesanan dengan menghubungi 021-29034288 atau 0851 0011 2009 (Sara).

Artikel Lainnya

  1. Prinsip Social Proof (1)

    Sahabat Excellent, di artikel sebelumnya kita sudah membahas beberapa hukum persuasi, dalam artikel kali ini saya akan bahas hukum persuasi yang berikutnya, yaitu Hukum Social Proof.

    Read More

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT