Highlight

Roy Darmawan: Memberi Inspirasi dan Motivasi untuk Membangun Negeri

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) ini lahir dan besar di Bandung. Masa kecil dan remajanya—termasuk seluruh jenjang pendidikannya hingga meraih gelar sarjana—dihabiskan di Kota Kembang. Di tempat kelahiran itulah untuk pertama kalinya Roy Darmawan men

Roy Darmawan: Memberi Inspirasi dan Motivasi untuk Membangun Negeri

dapat berbagai tempaan dan bimbingan dari sosok kedua orangtuanya. Gelar Sarjana Ekonomi yang melekat di belakang nama Roy Darmawan didapat dari aktivitas studinya di Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Padjajaran (UNPAD).

Perjalanan Karir

Sejak mahasiswa, Roy sering kali diminta menjadi pembicara ataupun mengisi training mengenai keorganisasian baik di kampus sendiri maupun di kampus lain. Kebiasaan itu lalu berkembang sebagai profesi. Roy pun menekuni dunia public speaker secara profesional.

Menariknya, pilihan Roy menjadi seorang public speaker tidak semata terkait urusan profesi. Lebih dari itu, adalah panggilan dan passion. “Kebahagiaan dan keberhasilan saya memang banyak bersumber dari situ. Sejak sekolah dulu, saya sudah senang membawakan training serta berbagi inspirasi mengenai cara pandang. Saya senang membantu seseorang merubah cara berpikirnya ke arah yang positif—lebih-lebih saat orang tersebut tengah menghadapi sebuah masalah” ujarnya.

Perjalanan karir Roy Darmawan sebagai seorang public speaker seiring sejalan dengan perjalanan karirnya di bidang akademik. “Sejak kuliah di semester 3, saya sudah banyak diminta memberikan berbagai pelatihan hingga kemudian menjadi asisten dosen di Fakultas Ekonomi UNPAD. Hal demikian juga terjadi saat aktivitas saya pindah ke Depok, melanjutkan kuliah pascasarjana di Fakultas Psikologi UI, kekhususan Psikologi Industri dan Organisasi”.

Saat itu, selain kuliah Roy pun kembali menjalankan aktivitas sebagai asisten dosen di FE UI (kini FEB UI). Roy juga mulai sering mendapat undangan untuk memberi pelatihan dan tampil di berbagai forum sebagai pembicara. “Singkatnya, karir saya sebagai public speaker berhubungan erat dengan kegiatan-kegiatan saya di kampus, yang nuansa akademik dan norma ilmiahnya terasa demikian kental”.

Setelah menyelesaikan studi magister Psikologi di UI, tak sampai setengah tahun kemudian Roy diangkat menjadi dosen di Fakultas Ekonomi UI. Karirnya pun kian berkembang saat diberi kesempatan menjadi Staf Khusus Deputi Menteri Negara Pemuda dan Olahraga bidang Kewirausahaan Pemuda dan Industri Olahraga.“Berbagai pengalaman dan kesempatan yang saya dapat membuat saya banyak belajar mengenai skill dalam komunikasi dan negosiasi yang efektif”. Sebuah kesempatan emas kemudian datang saat Roy dikirim ke Guangxi, Tiongkok, untuk studi khusus mengenai entrepreneurship danaktivitas kepemudaan selama dua bulan. “Dan puji syukur, dengan ilmu, pengalaman, dan kemampuan membawakan ceramah ataupun training dalam kemasan entertainment, saya semakin sering diundang mengisi berbagai acara yang berlangsung tidak hanya di Jakarta ataupun Bandung, tapi juga meluas secara nasional ke berbagai wilayah di tanah air, bahkan luar negeri”.

Roy kian sering diundang memberi ceramah atau kuliah oleh berbagai perguruan tinggi, kementerian-kementrian dan lembaga negara (baik Pusat atau Daerah), hingga perusahaan-perusahaan BUMN maupun swasta berskala nasional dan multinasional. “Saya biasa diundang untuk memberikan pelatihan, khususnya di bidang motivasi, change management, leadership, dan entrepreneurship,” tambahnya.

Kehidupan dan keseharian Roy Darmawan sebagai seorang public speaker tak bisa dilepaskan dari dunia entrepreneurship yang telah melekat dalam dirinya. Itulah sebabnya sebagai seorang public speaker atau motivator, Roy kerap mengemukakan pentingnya seseorang memiliki Entrepreneurial Mindset. “Saat saya diamanahi untuk memegang jabatan Ketua Pokja (Kelompok Kerja) Penumbuhan Wirausaha Nasional di Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian RI merangkap Tim Ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, hal yang saya prioritaskan adalah menumbuhkan dan mengembangkan pola pikir entrepreneurial dalam diri masyarakat Indonesia, utamanya generasi muda. Hal itu lalu saya bawa juga hingga ke level ASEAN,” papar Roy.

Ya, di sela kesibukannya menjalani berbagai aktivitas, Roy Darmawan kini menduduki posisi Ketua Dewan Pembina ASEAN YouthPreneur Community (AYPC). “Organisasi ini dibentuk untuk membangun kesiapan menghadapi MEA. Inisiatornya adalah Indonesia dan Malaysia, lalu diikuti Filipina dan Brunei Darussalam.  AYPC adalah wadah untuk membentuk generasi muda ASEAN yang memiliki pola pikir dan spirit entrepreneurial. Organisasi ini diharapkan bisa menjadi solusi bisnis lintas negara yang membuka kesempatan terciptanya business matching antara pelaku wirausaha dengan buyer maupun angel investor,” jelas keynote speaker pada forum internasional “Bali for MEA” ini.

 

Ingin tahu kelanjutannya? Informasi selengkapnya dapat Anda baca di Majalah EXCELLENT edisi 50. Majalah Excellent edisi 50 bisa Anda dapatkan dalam versi CETAK dan Digital (Scoop, Scanie, WayangForce atau ExcellentMediaStore). Jika ingin bentuk cetak, Anda dapat temukan di Toko Buku Gramedia Se-Jabodetabek atau bisa melakukan pemesanan dengan menghubungi 021-29034288 atau 0851 0011 2009 (Zulkifli).

admin

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT