Highlight

Seminar Nasional Excellent Entrepreneurs in Digital Era

Menumbuhkembangkan jumlah dan semangat para pelaku wirausaha tidak semata tanggungjawab pemerintah. Pihak-pihak yang punya kepedulian terhadap kewirausahaan, baik instansi pendidikan, asosiasi-asosiasi, komunitas, maupun individu yang mempunyai kapabilitas di bidang tersebut diharapkan dapat s

Seminar Nasional Excellent Entrepreneurs in Digital Era

ilih bantu mewujudkan salah satu program pemerintah yakni menjadikan sektor ekonomi kreatif—yang di dalamnya melibatkan sektor wirausaha—sebagai tulang punggung perekonomian nasional di masa depan.

Bertolak dari pemikiran di atas, Komunitas Wirausaha Excellent dan Majalah Excellent menyelenggarakan Seminar Nasional “Excellent Entrepereneurs in Digital Era” beberapa waktu lalu di Assembly Hall, Plaza Bapindo, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 54-55, Jakarta.

Mengapa mengambil tema tersebut? “Sejumlah perusahaan besar dan kecil, di dalam dan di luar negeri, tutup karena tergerus arus informasi dan teknologi digital. Perubahan arus teknologi digital membuat semua pelaku bisnis harus merubah strategi promosi, pemasaran, dan penjualan mereka,” demikian papar Ellies Sutrisna, Founder & Ketua Umum Komunitas Wirausaha Excellent.

Seminar Nasional yang diselenggarakan guna sekaligus memperingati 6 tahun berdirinya Komunitas Wirausaha Excellent dan Majalah Excellent tersebut menghadirkan para pakar teknologi digital dan praktisi yang telah menerapkan teknologi digital dalam mengembangkan bisnis dan usaha mereka.

Para pakar dan praktisi tersebut antara lain Dr. Dewi Motik Pramono, M.Si. (Ketua Umum Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia periode 2008-2004), Sally Geovani (CEO Batik Trusmi Cirebon), William Sutrisna (Game Development Director, CEO Level Up Entertainment), Ellies Sutrisna (CEO Excellent Group), Dr. Bayu Prawira Hie (Sekjen Asosiasi Digital Entrepreneur Indonesia), Soegiharto Santoso (Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia), Fredy Gumulya (Entrepreneur), Ir. Jarot Trisunuwarso (CEO ukmbisnis.com & Founder klicksolo.com), Affandy Totong (Entrepreneurs, Business Coach), dan Antonius Thedy (Founder TX Travel).

Seminar dibuka dengan keynote speech dari Sudradjat Rasyid selaku Pembina Komunitas Wirausaha Excellent. Dalam sambutannya, Pak Dradjat—demikian mantan Deputi Bidang Kewirausahaan Pemuda dan Industri Olahraga Kemenpora RI ini biasa disapa—menyebut bahwa lewat Seminar Nasional “Excellent Entrepereneurs in Digital Era”, Komunitas Wirausaha Excellent terus menunjukkan komitmennya untuk mengembangkan sektor wirausaha. “Saat pemerintah dan semua eksponen bangsa bahu membahu membangun komitmen kolektif untuk mengembangkan kewirausahaan, kita (Komunitas Wirausaha Excellent—red.) sudah melakukannya sejak 6 tahun lalu. Dan kini sudah saatnya kita harus masuk pada era baru untuk mencetak entrepreneurs yang gemilang,”demikian papar pria asal Kuningan Jawa Barat tersebut.

Sementara Dewi Motik yang datang didampingi suaminya mengingatkan hal yang tidak boleh hilang sekalipun di era digital. “Kini revolusi bisa muncul dari hal yang ‘se-uprit’ ini (menunjuk handphone). Perkembangan teknologi digital telah merubah cara kita hidup dan cara kita memandang dunia,” papar Dewi. “Hanya, dengan segala yang ditimbulkan teknologi digital, kita jangan sampai melupakan hubungan kemanusiaan,” tambahnya.


Ingin tahu kelanjutannya? Informasi selengkapnya dapat Anda baca di Majalah EXCELLENT edisi 50. Majalah Excellent edisi 50 bisa Anda dapatkan dalam versi CETAK dan Digital (Scoop, Scanie, WayangForce atau ExcellentMediaStore). Jika ingin bentuk cetak, Anda dapat temukan di Toko Buku Gramedia Se-Jabodetabek atau bisa melakukan pemesanan dengan menghubungi 021-29034288 atau 0851 0011 2009 (Zulkifli).

admin

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT