Highlight

10 Pelajaran Penting Soal Kecerdasan Emosional dari Film "Inside Out" (Bagian 1)

Akhirnya, kini ada film yang sangat EQ bikinan Hollywood! Judulnya INSIDE OUT! Inilah film kerjasama antara Disney dan Pixar, yang menghabiskan waktu 5 tahun untuk pembuatannya. Banyak yang telah menontonnya memberikan komentar yang positif (meskipun, ada pula yang mengatakan bingung dan menga

10 Pelajaran Penting Soal Kecerdasan Emosional dari Film

takan “biasa saja” dengan isi film ini).  Tapi, buat Anda yang telah menontonnya, bagaimana pendapat Anda?

Yang menarik, film ini dianggap mengajarkan banyak pelajaran soal mengelola emosi di kepala kita. Karena film ini sangat EQ banget, rasanya sayang kalau saya melewatkan kesempatan untuk membahas film ini.

Nah, untuk itulah pada kesempatan ini, saya akan membagikan “10 Pelajaran Kecerdasan Emotionaldari Film Inside Out”. Nah, apa saja isinya? Ayo, kita bahas film ini, khususnya buat Anda yang sudah menontonnya!

Sinopsisnya Dulu!

Eih buat yang belum sempat nonton, saya ceritakan sedikit sinopsisnya dulu. Film ini pada dasarnya berkisah tentang seorang anak perempuan kecil bernama Riley. Film ini menceritakan perkembangan Riley dari sejak lahir sampai sekitar 11 tahun. Cerita soal kepindahan mereka dari Minnesota ke San Fransisco. Riley hidup bersama dengan ayah dan ibunya. Yang menarik, sepanjang berbagai gejolak yang terjadi, film ini menunjukkan pertarungan 5 emosi penting dalam tubuh Riley: Joy (senang), Sadness (sedih), Fear (takut), Disgust (Jijik) serta Anger (marah), yang silih berganti mengendalikan hidupnya. Emosi-emosi ini mengendalikan kehidupan dan tindakan Riley di suatu tempat control yang namanya: headquarter (Kantor Pusat). Dan penonton pun diajak untuk melihat bagaimana emosi-emosi itu silih berganti mempengaruhi hidupnya.

Sungguh, buat Anda yang pernah belajar tentang Kecerdasan Emosional, film ini akan membuat Anda semakin paham dan semakin mengerti. Tapi buat yang belum pernah belajar soal EQ, justru di sinilah Anda jadi paham bagaimana sebenarnya emosi mengendalikan diri kita. Dan menariknya, apa yang disampaikan dalam film ini sebenarnya cukup bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah!

Inilah Kesepuluh Pelajarannya!

Pertama, Who’s in Charge? Tahukah kamu, emosi manakah yang mengendalikan dirimu saat ini? Ingatlah, berbagai emosi SENANG, TAKUT, SEDIH, MARAH, JIJIK yang sebenarnya merupakan emosi dasar kita (menurut penelitian antropologis Paul Eikman). Meskipun, sebenarnya masih ada satu emosi yang terlupakan, yakni KAGET. Tapi, kelima emosi ini cukup mewakili dinamika yang terjadi di kepala kita setiap hari.  Nah, kembali ke persoalan yang sebenarnya. Ingatlah, kesemua emosi ini akan silih berganti mempengaruhi hidupmu. Apakah kamu sadar, apakah kamu tahu, emosi apa yang sedang berkecamuk dalam dirimu. Kalau kamu sendiri tidak sadar, bagaimana kamu akan mengendalikannya?

Kedua, All Emotion is Equally Important! Banyak orang suka dengan perasaan SENANG. Lalu tidak suka dengan perasaan SEDIH. Film INSIDE OUT justru memberikan pelajaran penting. Semua emosi kita adalah penting. Bahkan, untuk merasakan kebahagiaan, emosi sedih pun cukup berperan . Inilah yang tidak banyak disadari orang. Jadi, tidak ada emosi yang lebih baik. Semua emosi itu penting. Dan, setiap emosi punya peran tersendiri. Intinya, kita membutuhkan emosi yang pas dalam kehidupan kita.

(Anthony Dio Martin).

 

Ingin tahu kelanjutannya? Informasi selengkapnya dapat Anda baca di Majalah EXCELLENT edisi 50. Majalah Excellent edisi 50 bisa Anda dapatkan dalam versi CETAK dan Digital (Scoop, WayangForce, atau ExcellentMediaStore). Jika ingin bentuk cetak, Anda dapat temukan di Toko Buku Gramedia Se-Jabodetabek atau bisa melakukan pemesanan dengan menghubungi 021-29034288 atau 0851 0011 2009 (Zulkifli).

admin

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT