Highlight

Inovasi dalam Bisnis

Sebagai pemilik bisnis Anda harus selalu memikirkan kelangsungan hidup bisnis Anda. Salah satunya adalah dengan terus berinovasi dan menemukan produk atau jasa up-to-date yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan masa kini. Ada beberapa cara sederhana dan relatif murah yang dapat dilakuk

Inovasi dalam Bisnis

an untuk mendapatkan produk maupun jasa yang baik bagi perusaahaan Anda. Bagaimana caranya menemukan produk atau jasa tersebut?

 

Rajin Membaca

Bacalah majalah atau koran tentang bisnis di bidang Anda atau bisnis secara umum. Di sana banyak informasi yang bisa didapat. Berlanggananlah majalah, koran, atau apapun yang berhubungan dengan bisnis. Jadikan kebiasaan membaca menjadi hal yang Anda lakukan secara rutin, dan jangan menunggu sampai Anda membutuhkannya. Mulailah dari sekarang.

Gagasan atau ide banyak didapat dari apa yang kita baca. Datangnya ide tersebut melintas begitu cepat—jadi semua tergantung seberapa cepat Anda dapat melihat peluang itu dan secepat apa pula Anda dapat mengambil peluang itu hingga menjadikannya mesin uang bagi bisnis yang Anda kelola. Semakin banyak pengetahuan Anda tentang bisnis semakin banyak pula peluang yang dapat Anda raih.

Salah seorang sahabat saya mendapatkan ide bisnis saat dia membaca majalah dan menemukan sebuah artikel mengenai budidaya rumput laut di Indonesia bagian timur. Di sana diceritakan betapa bagusnya hasil budidaya rumput laut tersebut—lantaran belum terlalu banyak polusi—hingga kualitasnya menjadi yang terbaik di seluruh dunia.

Tetapi karena keterbatasan biaya dan minimnya dukungan pihak dari luar daerah, para petani rumput laut itu terkendala dalam memasarkan produknya. Lalu sahabat saya mencari tahu produk apa yang membutuhkan rumput laut sebagai bahan baku dan perusahaan mana yang bergerak di bisnis itu. Kini sahabat saya menjalin hubungan baik dengan petani di Indonesia bagian timur dan memasarkan hasil budidaya rumput laut terbaik di dunia tersebut ke pabrik-pabrik yang berada di wilayah Indonesia bagian barat.

 

Rajin Menghadiri Pameran

Saat Anda membaca koran atau majalah bisnis, akan Anda temukan informasi mengenai berbagai pameran perdagangan yang diadakan di dalam maupun di luar negeri. Banyak hal-hal mutakhir ditampilkan di pameran-pameran tersebut, termasuk peluang-peluang usaha yang ditawarkan di bidang produk maupun jasa. Pameran ini ditujukan untuk melakukan penjualan kepada para pembeli profesional maupun konvensional yang ingin mendapatkan lisensi atau mendapatkan penjualan langsung. Pada dasarnya mereka ingin melakukan ekspansi dan mengenalkan produk atau jasa yang mereka sediakan dengan membuka market baru.

Jadi sebagian besar yang ditawarkan adalah terobosan atau hal-hal baru. Anda dapat belajar banyak dari pameran-pameran seperti ini dan bertanya langsung untuk mendapatkan penjelasan yang lebih rinci tentang produk atau jasa yang ditawarkan, prospek ke depan, juga kemungkinan menjalin kerjasama dengan mereka. 
 

Belajar dari Orang-orang yang Telah Sukses

Mencari inovasi untuk bisnis dapat pula dilakukan dengan membaca biografi orang-orang sukses. Anda akan menemukan kisah mengenai munculnya ide-ide bisnis brilian yang mereka jalani hingga meraih kesuksesan.

Dolf de Roos penulis Real Estate Riches mengajarkan bagaimana membeli rumah dengan harga “murah” dan “tanpa uang muka”. Dia menyebutnya “Formula 100-10-3-1”. Bagaimana formula ini bekerja? Mula-mula carilah 100 rumah yang dijual, lalu hubungi pemiliknya. 10 rumah di antaranya dapat Anda tawar “tanpa uang muka”. Dapatkan harga murah dan persyaratan lunak dari 3 di antara 10 rumah tersebut. Terakhir, belilah 1 rumah yang sesuai dengan kondisi dan keinginan Anda.

Formula ini memberikan Anda perbandingan 100:1. Menghubungi 100 orang hanya untuk mendapatkan 1 rumah memang terlihat sangat melelahkan. Tetapi coba Anda bayangkan berapa uang yang bisa Anda hemat dengan melakukan hal tersebut? Mungkin puluhan juta, ratusan juta, mungkin juga milyaran rupiah. Formula ini sangat mudah diprediksi. Anda mencari seratus rumah lalu membeli satu rumah dengan harga yang sangat murah, kemudian rumah tersebut Anda renovasi hingga terlihat bagus dan memiliki nilai jual yang lebih menguntungkan. Anda bisa menyewakan atau menjualnya kembali dengan harga lebih tinggi. 

(Affandy Totong)


Ingin tahu kelanjutannya? Informasi selengkapnya dapat Anda baca di Majalah EXCELLENT edisi 50. Majalah Excellent edisi 50 bisa Anda dapatkan dalam versi CETAK dan Digital (Scoop, WayangForce, atau ExcellentMediaStore). Jika ingin bentuk cetak, Anda dapat temukan di Toko Buku Gramedia Se-Jabodetabek atau bisa melakukan pemesanan dengan menghubungi 021-29034288 atau 0851 0011 2009 (Zulkifli).

admin

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT