Highlight

Mengenal Drone yang Kini Banyak Digemari

Bila Anda sering mengikuti Fun Run atau menghadiri acara-acara yang dihadiri banyak orang, sering kali Anda melihat sebuah pesawat kecil melayang di atas Anda, dan sewaktu-waktu terlihat memancarkan kilat. Orang yang sudah mengetahui, sering kali akan segera pasang gaya dan melambai-l

Mengenal Drone yang Kini Banyak Digemari

ambaikan tangan agar dapat terpotret. Pada kejadian ini, drone sedang difungsikan sebagai alat bantu fotografi.

Drone adalah sebuah pesawat tidak berawak yang dikendalikan oleh seseorang di darat, tergolong mainan atau hobi, tetapi sering digunakan untuk pekerjaan profesional. Alasan pesawat tidak berawak ini belum banyak dikenal oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, salah satunya karena harga drone masih terbilang mahal untuk dibeli sebagai hobi atau permainan, lagipula drone memerlukan perawatan rutin yang tidak mudah.

Dronejuga dapat berfungsi sebagai pesawat pengintai tak berawak yang dijalankan melalui pusat kendali di suatu tempat dengan menggunakan komputer atau remote control. Selain dapat dikendalikan, drone juga dapat diprogram agar dapat terbang secara otomatis. Bukanlah sebuah mimpi bila suatu saat nanti ada pesawat penumpang komersial yang dapat terbang tanpa pilot. Saat ini, teknologi ke arah itu sedang terus dikembangkan.

Jenis Drone

Saat ini terdapat dua jenis drone di pasaran. Pada dasarnya, pola kerja keduanya sama. Drone yang pertama lebih ditujukan untuk keperluan pengintaian, perang dan penyerangan—disebut dengan istilah combat drone. Karena fungsinya sebagai alat pengintai dan penyerangan, maka drone jenis ini dilengkapi dengan senjata. Dan karena tidak memiliki awak, drone dilengkapi dengan kamera infrared dan Global Positioning Systems (GPS) serta sistem komputer yang terhubung dengan pusat kendalinya.

Sedangkan drone yang kedua adalah drone yang diperuntukkan sebagai alat pengangkatan suatu benda atau barang, digunakan untuk melakukan tugas di lokasi yang  kotor, tinggi, dan terlalu berbahaya bagi manusia. Contohnya, di tempat yang memiliki tingkat radiasi tinggi.

Dari waktu ke waktu, bentuk dan desain drone juga mengalami banyak perkembangan dan perubahan. Saat ini, bentuk drone yang beredar dan digunakan oleh pihak sipil maupun militer sudah banyak sekali. Bahkan pakar-pakar drone Indonesia juga sudah mengembangkan pesawat tanpa awak ini. 

Drone untuk Hobi

Untuk keperluan kesenangan (hobi), drone dibuat dalam versi yang lebih sederhana namun dengan pengendali terbang (flight control) yang tidak kalah canggih. Saat ini di pasaran sudah tersedia berbagai versi drone dalam bentuk multirotor atau pesawat dengan baling-baling lebih dari dua yang dijual dalam bentuk sudah siap terbang (Ready To Fly). Namun, Anda juga dapat membeli komponen-komponen drone secara terpisah bila berminat merakitnya sendiri.

Berbagai kualitas pun tersedia sesuai kebutuhan. Saat ini sudah ada pula beragam versi drone untuk kebutuhan foto udara bagi para fotografer profesional atau untuk keperluan pemetaan.

Kegunaan Drone 

Pada umumnya, drone saat ini dimanfaatkan untuk keperluan damai di bidang fotografi, pengantar barang (delivery service), pemantau bencana alam, dan alat bantu di tempat-tempat berbahaya. Sedang dalam keadaan perang, drone dimanfaatkan di bidang pertahanan.  Sebagai alat bantu fotografi, Anda dapat memanfaatkan drone guna mendapatkan gambar dari sudut pandang yang tidak biasa. Dengan bantuan drone, pengambilan gambar dari atas atau bird view dalam istilah fotografi, akan menghasilkan foto yang jauh lebih menarik dan eksotis. Drone juga membantu manusia melakukan pengambilan gambar dari posisi yang sulit dicapai.

Sebuah rumah makan yang ingin memiliki diferensiasi dapat memanfaatkan drone untuk menggantikan pelayan. Jadi, bila Anda hendak memiliki rumah makan dengan ciri khusus yang belum dilakukan oleh pemilik rumah makan lainnya, gunakanlah drone untuk mengantarkan makanan yang dipesan ke meja pelanggan. Tentu hal ini akan berdampak menyenangkan, menjadi kejutan bagi para pelanggan baru, dan mampu menarik perhatian bagi calon pelanggan agar mau datang ke rumah makan Anda.

Para relawan yang diterjunkan ke daerah bencana kadang-kadang kesulitan menghadapi medan yang rusak parah—dengan timbunan mayat dimana-mana—hingga memerlukan pemetaan lokasi. Drone dapat diperbantukan untuk mengetahui posisi yang memungkinkan para relawan untuk masuk dengan aman. Drone pertama kali digunakan saat para relawan membantu korban Taifun Haiyan di Filipina.

Di bidang kemanusiaan, selain membantu evakuasi korban bencana alam, drone juga dapat dimanfaatkan untuk memantau hal-hal berbahaya seperti kebocoran listrik pada kabel listrik tegangan tinggi, kebocoran radiasi, atau hal lain tanpa mengharuskan manusia turun langsung ke lokasi berbahaya.

(Sutiono Gunadi)


Ingin tahu kelanjutannya? Informasi selengkapnya dapat Anda baca di Majalah EXCELLENT edisi 50. Majalah Excellent edisi 50 bisa Anda dapatkan dalam versi CETAK dan Digital (Scoop, Scanie, WayangForce atau ExcellentMediaStore). Jika ingin bentuk cetak, Anda dapat temukan di Toko Buku Gramedia Se-Jabodetabek atau bisa melakukan pemesanan dengan menghubungi 021-29034288 atau 0851 0011 2009 (Zulkifli).

admin

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT