Highlight

Sukses Itu Menjual

 

Pada dasarnya, semua orang itu menjual dan bisa menjual walaupun kebanyakan orang di masyarakat tidak menyukai profesi salesman (penjual) dengan alasan bahwa mereka tidak cocok dan berbakat untuk menjual. Ini hanya soal persepsi dan kurangnya wawasan seseorang.

Sukses Itu Menjual

Seorang calon karyawan yang melamar pekerjaan apapun sebenarnya sedang menjual. Ya, menjual dan memasarkan kemampuannya, pengalamannya, juga dirinya sendiri agar bisa diterima bekerja di perusahaan. Sederhananya, menjual adalah cara untuk mencapai tujuan atau closing. Bentuknya sangat beragam mulai dari memasarkan diri agar diterima sebagai karyawan, menjual produk atau jasa, mengupayakan deal kontrak bisnis, atau menjadi pengemis yang menjual rasa iba dan belas kasihan agar mendapat penghasilan. Bahkan dalam konteks Pilkada DKI Jakarta 2017 yang saat ini ramai diberitakan berbagai media, para bakal calon dan calon gubernur juga sedang memasarkan diri. Mereka menjual konsep, ide, dan program kerja untuk menarik simpati dan dukungan masyarakat DKI agar mau memilih dirinya saat Pilkada nanti.

Jelas sekali bahwa menjual merupakan jalan untuk mendapatkan rezeki, nafkah,dan tercapainya tujuan seseorang. Apapun pilihan seseorang dalam menentukan profesi, mau tidak mau mereka harus menjual. Dan orang yang terlatih menjual akan mendapatkan penghasilan lebih baik dan lebih banyak daripada orang yang keterampilan menjualnya biasa saja. Untuk itu sangat penting sekali seseorang melatih kemampuan menjualnya (sales skills) untuk meningkatkan karir dan penghasilan.

Sebelum kita menjual pastikanlah kita mengerti tujuan kita menjual sesuatu dan pentingnya memiliki sikap yang tepat untuk meraih keberhasilan yaitu:

1.      Binalah Hubungan Baik

Dalam membina hubungan baik, hal pertama yang harus kita lakukan adalah memberi perhatian dan mendengarkan masalah dan keluhan kawan bicara/calon prospek dengan baik. Setiap orang lebih senang permasalahannya didengar ketimbang harus mendengar orang lain bercerita. Inilah proses awal terbentuknya kepercayaan calon prospek sebelum kita mulai melangkah ke tahap selanjutnya.

(Sudi Sudjadi)

 

Ingin tahu kelanjutannya? Informasi selengkapnya dapat Anda baca di Majalah EXCELLENT edisi 50. Majalah Excellent edisi 50 bisa Anda dapatkan dalam versi CETAK dan Digital (Scoop, Scanie, WayangForce atau ExcellentMediaStore). Jika ingin bentuk cetak, Anda dapat temukan di Toko Buku Gramedia Se-Jabodetabek atau bisa melakukan pemesanan dengan menghubungi 021-29034288 atau 0851 0011 2009 (Zulkifli).

admin

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT