Highlight

Program Beasiswa Excellent Entrepreneur Academy

Komunitas Wirausaha Excellent menggelar program Excellent Entrepreneur Academy. Program yang berlangsung selama 7 pertemuan tersebut—rencananya diadakan setiap 1 bulan sekali—meliputi kegiatan Coaching, Mentoring, dan Incubation.

Program Beasiswa Excellent Entrepreneur Academy

"Excellent Entrepreneur Academy merupakan program beasiswa Komunitas Wirausaha Excellent yang dibagikan secara gratis kepada 70 member dalam rangka memasuki 7 tahun berdirinya Komunitas Wirausaha Excellent. Peserta program ini diharapkan akan menjadi sebuah dream team,” ujar Ellies Sutrisna,Founder dan Ketua Umum Komunitas Wirausaha Excellent, saat menyampaikan sambutan dalam opening Excellent Entrepreneur Academy.

Excellent Entrepreneur Academy mulai dilaksanakan pada Sabtu, 23 Juli 2016. Bertempat di Galeri Indonesia Wow, SME Tower, Jalan Gatot Subroto Kav. 94, Jakarta, program tersebut diberi sambutan oleh Roy Darmawan, SE, M.Psi, C.NNLP., C.Ht selaku Pembina Komunitas Wirausaha Excellent, dan secara resmi dibuka oleh Dr. Ir. Rudy Salahuddin,MEM selaku Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya Saing KUKM, Kemenko Perekonomian RI.

Dalam sambutannya, Roy menyebut bahwa hal-hal yang dilakukan Komunitas Wirausaha Excellent membawa manfaat bagi para pelaku wirausaha. “Apa yang dilakukan komunitas ini dari waktu ke waktu telah merubah paradigma para wirausaha yang sebelumnya tidak mampu berbuat apa-apa, menjadi sosok-sosok yang mampu memegang kendali dalam bisnis. Dan ini semua tidak lepas dari sosok Ellies Sutrisna yang banyak berkiprah di bidang wirausaha,” ujar Roy yang tercatat sebagai dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE UI).

Sebelum resmi membuka acara, Rudy Salahuddin menyempatkan diri membekali para peserta dengan menginformasikan sejumlah kebijakan penting pemerintah terkait kewirausahaan. Saya berharap bapak ibu peserta kegiatan ini setelah selesai tujuh bulan nanti dapat menciptakan usaha-usaha baru yang bisa difasilitasi pemerintah, misalnya melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR). Jadi, modal bapak ibu sekalian kami coba berikan melalui KUR. Namun, dalam KUR itu ada syarat bahwa usaha yang bersangkutan sudah berjalan minimalnya 6 bulan, dengan jaminan adalah usaha produktif yang dijalankan bapak ibu,” papar Rudy.

Selain itu, Rudy pun berharap agar para peserta Excellent Entrepreneur Academy dapat memiliki legalitas usaha ke depannya. “Kami juga berharap agar setelah selesai program ini, teman-teman dibekali dengan Ijin Usaha Mikro Kecil (IUMK) yang sudah dijalankan pemerintah sejak 2014 lalu. IUMK ini berfungsi sebagai tanda legalitas atau pengganti ijin usaha apa pun yg dikeluarkan pemerintah, baik pusat maupun daerah, seperti SIUP dan yang lainnya”.

Dengan IUMK—lebih populer dengan istilah Ijin Satu Lembar—para pelaku wirausaha bisa menjalankan usaha tanpa memerlukan ijin-ijin lain, kecuali ijin-ijin tambahan yang dipersyaratkan pemerintah daerah terkait sektor usaha yang digelutinya.

“Kalau bisa 70 orang ini bisa mendaftar untuk mendapat ijin agar kelak bisa mendapatkan pembinaan lebih lanjut dari pemerintah, khususnya terkait skema pembiayaan yang sudah terkoneksi dengan Bank Rakyat Indonesia,” tambah Rudy.

Rudy pun berharap Komunitas Wirausaha Excellent dapat memanfaatkan semua program pemerintah yang mendukung kegiatan wirausaha. “Semoga teman-teman Komunitas Wirausaha Excellent bisa turut membantu mensosialisasikan dan memanfaatkan program-program atau kebijakan-kebijakan pemerintah yang pro terhadap UKM, khususnya program-program yang saya sebutkan di atas,” pungkasnya.

Selama kegiatan, para peserta Excellent Entrepreneur Academy akan mendapat berbagai materi dari Ellies Sutrisna dan Affandy Totong. Kedua sosok yang bertindak sebagai mentor tersebut merupakan Business Coach berpengalaman yang kerap diminta membimbing banyak pihak, baik instansi maupun perorangan, untuk mengembangkan bisnis dan usahanya. (Zulkifli/Majalah Excellent).

admin

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT