Salah satu kekurangan dari HP berlayar sentuh yakni apabila terjadi kerusakan pada bagian touchscreen maka akan sulit dikembalikan seperti semula. Bagi anda yang merupakan pengguna smartphone Vivo ini, maka wajib buat mengetahui cara cek touchscreen HP Vivo. Dengan begitu maka dapat diatasi dengan segera.

Touchscreen atau layar sentuh sendiri menjadi bagian sangat penting dari sebuah smartphone. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena panel satu ini akan memberikan kemudahan buat pengguna untuk menggunakan berbagai macam tugas ataupun kegiatan didalamnya. Tetapi apa jadinya jika ternyata bagian tersebut justru mengalami masalah?

Cara Mengetahui Performa Touchscreen Vivo

Siapa tidak kenal dengan vendor smartphone satu ini? Walaupun masih tergolong baru di Indonesia tetapi jumlah penggunanya memang sangat banyak. Bahkan memiliki penggemar tersendiri loh. Tidak mau kalah, Vivo inipun juga cukup rutin dalam mengeluarkan seri ponsel terbaru mereka dengan dilengkapi berbagai macam fitur ataupun teknologi canggih didalamnya.

Bagi anda yang merupakan pengguna dari Vivo, terdapat banyak hal dimana harus diketahui dengan baik. Salah satunya adalah proses pengecekan apakah touchscreen masih berfungsi dengan normal ataukah tidak. Hal tersebut sangat penting agar terhindar dari kerusakan jauh lebih parah bahkan tak dapat diatasi.

Penasaran dengan cara-caranya? Kami sudah merangkumkan beberapa cara berikut dimana bisa langsung Anda terapkan.

Menggunakan Kode Rahasia

Cara satu ini paling mudah diterapkan dan banyak digunakan oleh pengguna Vivo. Selain HP xiaomi, Vivo sendiri ternyata mempunyai kode rahasia tersendiri buat melakukan pengecekan layar sentuh pada ponsel.

Adapun kodenya adalah *#800# dan user bisa langsung mengikuti langkah sesuai dengan instruksi yang terdapat di layar. Di akhir prosesnya, user akan mengetahui apakah terdapat masalah pada bagian satu ini ataukah kondisinya baik-baik saja.

Agar lebih jelas, ikuti panduan berikut ini untuk melakukan langkah-langkah diatas:

  1. Pertama, buka menu dial-up pada ponsel dan ketikkan kode yang sudah disebutkan sebelumnya. Tekan call atau Ok sekarang juga
  2. Anda akan langsung mendapati menu hardware test dimana akan membantu buat melakukan pengecekan. Tinggal memilih menu engineer mode dan lanjut ke touchscreen dan LCD test
  3. Tunggu beberapa saat hingga memunculkan kotak merah pada bagian pusat HP dan cobalah menakan kotak tersebut.
  4. Pengguna bisa langsung mengikuti langkah pengujian sesuai dengan permintaan sistem mulai dari melakukan penekanan pada bagian tertentu hingga swipe kea rah atas ataupun arah-arah lainnya.
  5. Jika kondisinya masih bagus, maka sistem akan langsung memberikan notifikasi berupa HP masih dalam kondisi sangat baik. Apabila tidak ada respon ketika menyentuhnya, maka besar kemungkinan ponsel mengalami masalah.

Kode Rahasia *558#

Selain kode rahasia diatas, ternyata juga masih ada kode rahasia lainnya dimana dapat dijadikan sebagai pengujian terhadap layar sentuh dari ponsel yakni melalui *558#. Adapun langkah-langkah yang harus dilewati ternyata sama seperti dengan sebelumnya. Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Ketikkan kode diatas pada menu dial up dan akan langsung dibawah ke laman factory test.
  2. Didalam menu inilah akan berisi berbagai macam pilihan jenis test dimana dapat digunakan untuk mengetahui kondisi sistem ataupun hardware pada hp
  3. Kemudian, bisa dilanjutkan dengan memilih engineering test dimana buat memastikan seperti apakah kondisi dari layar
  4. Nantinya akan terdapat 3 pilihan tab dan user bisa langsung memilih engineering test 2
  5. Klik pada handwriting test dimana merupakan pengetesan dengan menggunakan tangan user
  6. Akan ada tanda X dimana menutupi halaman HP dan usap pada bagian yang berwarna. Apabila layar dimana sudah disentuh berubah warna maka sentuhan sudah terdeteksi dengan baik. Pun sebaliknya apabila tidak berubah maka terdapat suatu permasalahan.
  7. User diharuskan kembali pada pilihan engineering test 2 dan lanjutkan pilih opsi touchscreen test untuk melakukan pengecekan pada touchscreen
  8. Selama proses berlangsung, pengguna dilarang buat menyentuh layar. Apabila sudah terdapat warna hijau pada layar dengan tulisan Pas maka kondisinya masih baik-baik saja.

Aplikasi Sensor Box For Android

Masih ada cara lainnya untuk mengetahui normal tidaknya dari layar sentuh pada ponsel yakni memanfaatkan keberadaan aplikasi sensore box for android. Apk inipun bisa langsung diinstal pada Vivo secara gratis. Untuk menggunakannya sangat mudah, langsung saja ikuti panduannya berikut ini:

  1. Unduh dan install aplikasi diatas melalui google Playstore
  2. Jalankan aplikasinya dan biarkan sensor bekerja buat melakukan identifikasi masalah yang terjadi pada bagian touchscreen.
  3. Jika sudah, maka anda akan melihat beberapa metode pengetasan lanjutan dimana dapat digunakan. Sangat disarankan untuk mencoba semau jenis test didalamnya sehingga dapat menghasilkan hasil lebih maksimal.

Menggunakan Touchscreen Calibration

Bukan hanya aplikasi diatas saja dimana dapat digunakan, melainkan juga touchscreen calibration inipun juga dapat digunakan loh. Sudah banyak pengguna Vivo dimana merasa sangat terbantu dengan keberadaannya terutama bertujuan mendeteksi masalah pada layar sentuh. Berikut ini penggunaannya.

  1. Unduh dan install aplikasinya di HP melalui playstore secara gratis
  2. Pastikan ponsel dalam posisi data dan buka aplikasi yang sudah terinstal tadi
  3. Jika sudah, maka bisa langsung mengikuti semua langkah atau perintah yang diminta oleh sistem hingga prosesnya berjalan dengan baik.

Macam-macam Penyebab Touchscreen Rusak

Sebagai pengguna smartphone memang sangat penting agar memahami apa sajakah penyebab dari bagian vital dari smartphone ini rentan mengalami kerusakan didalamnya. Dengan begitu maka dapat meminimalisirnya agar tidak terjadi. Langsung saja simak beberapa penyebabnya berikut ini:

Ponsel Terjatuh

Ini adalah penyebab paling umum dimana dapat mengakibatkan layar menjadi tidak berfungsi dengan optimal. Apabila ponsel terjatuh dan langsung kena bagian layar utamanya maka risiko kerusakan ternyata jauh lebih besar. Adapun kerusakan tersebut bisa berupa layar retak hingga sistem sentuhnya mengalami eror karena sensitivitasnya terganggu.

Terkena Air

Smartphone kecipratan air atau bahkan masuk didalamnya? bersiap-siaplah mendapati masalah seperti touchscreen tiba-tiba tidak berfungsi begitu saja. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena air sendiri memang menjadi penyebab panel sensor pada layar mudah untuk rusak. Akibatnya, proses penyentuhan jadi kurang optimal.

Baterai Mengalami Kerusakan

Siapa sangka baterai yang rusak pada smartphone pun menjadi penyebab lainnya mengapa layarnya jadi kurang sensitive ketika sedang disentuh. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena baterai rusak bisa akan mengakibatkan bagian dari hardware mengalami masalah. Terlebih lagi apabila dibiarkan selama terus-menerus.

Penggunaan User

Kerusakan lainnya adalah berasal dari penggunaan usernya sendiri. Seperti melakukan penekanan berlebihan dengan kuku, penuh tenaga ataupun bahkan menggunakan benda tajam. Jelas hal-hal tersebut akan membuat bagian satu ini lebih rentan mengalami masalah.

Panel touchscreen ini sendiri memang mempunyai peran sangat penting agar ponsel dapat bekerja dengan maksimal. Pemilik Vivo, wajib tahu bagaimanakah cek touchscreen HP Vivo dengan mudah dan cepat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *