Highlight

Revolusi Mental dan Gerakan Indonesia Jaya

Revolusi Mental, slogan yang digagas Kepala Negara Joko Widodo setelah memenangkan Pemilu 2014 lalu terbukti menginspirasi banyak orang untuk ikut menghimpun massa dan merealisasikannya dalam kehidupan nyata. Hal demikian setidaknya terlihat pada sosok Guz Reza M Syarief (President Motivat

Revolusi Mental dan Gerakan Indonesia Jaya

ion Associationdan kedua rekannya, Tanto Surioto (Praktisi dan Pakar Teknologi Digital) serta Nuraini B. Prapdanu (Praktisi Senior Public Relation) yang menggagas Gerakan Indonesia Jaya.

Gerakan Indonesia Jaya di-launching pada Senin (8/16). Bertempat di Gedung Smesco, Jakarta, launching gerakan tersebut dihadiri oleh para profesional, motivator, pejabat pemerintah, anggota DPR/DPRD, pengusaha swasta, dan sejumlah tokoh masyarakat.

Acara dibuka oleh penampilan grup musik Machiato yang mendendangkan dua lagu, disusul oleh deklarasi musik patriotik oleh Ruby Herman selaku MC yang juga ditemani rekannya, Tania Dyana Maris.

Dr. Muhammad Taufik, M.Sc  selaku Staf Ahli Menteri Negara Koperasi dan UKM Bidang Hubungan Internasionalmembuka acara ini dengan mengutip “ultimatum” Presiden saat memperingati Gerakan Koperasi ke-69 lalu. “Siapa mempunyai kekuatan beradaptasi, bergerak lebih cepat, mengoptimalkan kemerdekaan dan kebebasannya untuk berkreasi, merekalah pemenangnya.”

Sosok yang juga dikenal jago silat ini mengharapkan agar masyarakat mau membangun gerakan serupa sehingga dapat mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah di pelosok-pelosok negeri, sehingga dapat bersaing di kancah ekonomi global ini.

Gerakan Indonesia Jaya lahir dari kegelisahan Guz Reza setelah membaca riset dan penelitian PBB pada 2015-2016 mengenai angka pengangguran terbuka, tingkat bunuh diri, dan tingkat SDM Dunia. “Posisi Indonesia memang bukan yang paling buruk. Namun cukup memprihatinkan. Dari 127 angkatan kerja, ada 7 ribu pengangguran. Tingkat bunuh diri berkisar hingga 10000 pertahun. Dan peringkat SDM kita ada di urutan ke-108 dari 140. Saat ini, tugas kitalah menggerakkan mesin besar bernama Indonesia,” papar sosok yang pernah memberi motivasi selama 24 jam hingga kemudian pencetak rekor MURI ini.

Untuk membuktikan ucapannya, Guz Reza, Nuraini, dan Tanto akan membawa Gerakan Indonesia Jaya keliling Indonesia dan mengunjungi beberapa negara lain, di antaranya Malaysia dan Singapura. “Kita berharap dengan gerakan ini, masyarakat bisa menggalakkan seluruh potensi dan aset Indonesia.” Kata Guz Reza.

Namun untuk memberdayakan UMKM hingga ke pelosok, Gerakan Indonesia Jaya membutuhkan satu kendaraan lengkap seperti engine, break system, total design, beserta interior yang mumpuni. Maka menurut Tanto Surioto, gerakan ini mesti menemukan, membentuk dan membangun platform yang cocok dengan UMKM dan benar-benar dapat dipakai. “Kita membutuhkan dukungan dari seluruh operator telekomunikasi untuk memecah keterbatasan dalam penyerapan teknologi,” kata pria kelahiran Pontianak 1979 itu.

“Bangkitlah Negeriku, Berdayalah Bangsaku, Jayalah Negaraku adalah semboyan gerakan kami. Namun demikian, Gerakan Indonesia Jaya bukanlah partai politik,” papar Nuraini B Prapdanu.

Gerakan Indonesia Jaya sendiri bertujuan untuk membangun basis masyarakat Indonesia lintas profesi, lintas etnis, dan agama yang cerdas menatap masa depan, trengginas, kekinian, dan tuntas dalam menjawab tantangan. Lantaran hal itulah kegiatan launching Gerakan Indonesia Jaya mengangkat tema “Rekonstruksi-Transformasi-Aktualisasi.”

Pada akhir kegiatan, launching dimeriahkan oleh musik angklung interaktif. Kang Helma Agustiawan dkk dari grup musik Angklung Web Institute asal Bandung. Sambil memberi arahan cara memegang angklung dan menuntun para peserta memainkannya dengan cara yang benar, bersama 24 perwakilan asosiasi, ormas dan komunitas, sesekali Kang Helma berseloroh meniru-niru gaya Motivator. Kegiatan ditutup dengan acara foto bersama. (Wishu/Majalah Excellent).

Wishu Muhamad

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT