Highlight

Menggali Peluang Berwirausaha Dalam Bidang Psikologi Industri

Fakultas kedokteran Universitas Andalas mengadakan Kuliah Umum dan Sosialisasi “Young Entrepreneur” di aula II Prodi Psikologi (25/8).

Menggali Peluang Berwirausaha Dalam Bidang Psikologi Industri

"font-family:georgia,serif;">Pemateri yang diundang untuk berbicara siang itu antara lain Ellies Sutrisna (Business Coach, CEO & Founder Excellent Group), Roy Darmawan (Ketua Dewan Asean Youthpreneur Community), dan Dewi Astuti (Inisiator Rumah Hijau Aliana).

Diketahui dari ketiga pembicara di atas, bahwa kuliah umum ini adalah langkah besar untuk menciptakan 10.000 entrepreneur (program kerja Wali Kota Padang 2014-2019, H. Mahyeldi Ansharullah SP. DT Marajo)

Pukul 14.30 siang itu, Yantri Maputra PhD. selaku Ketua Prodi Jurusan Psikologi mengatakan bahwa kuliah umum ini bertujuan untuk membekali mahasiswanya dengan kompetensi lain di luar bidang yang sedang dilakoni mereka, yakni psikologi.

“Selain telah adanya pertemuan sebelumnya dengan Pak Roy Darmawan pada seminar akhir tahun 2015 lalu, kegiatan ini bermaksud mengembangkan minat mahasiswa, di mana merupakan langkah awal untuk memperkenalkan mereka dengan psikologi entrepreneur,” tutur Yantri.

Sementara Lala Septiani M. Psi, selaku Dosen Pengampu Psikologi Industri dan Organisasi sekaligus ketua pelaksana dari kegiatan ini mengatakan bahwa Kuliah Umum dan Sosialisasi Entrepreneurship akan mendukung mahasiswa yang mandiri dan dapat menerapkan visi Universitas Andalas, di mana terlahirnya mahasiswa-mahasiswa yang memiliki karakter leadership dan entrepreneurship.  

Selanjutnya, masih menurut Lala, bahwa entrepreneur tidak ada kaitannya dengan Psikologi. Menurutnya, salah jika menilai entrepreneur hanya diperuntukkan bagi mahasiswa ekonomi, atau manajemen pemasaran. “Baik itu Psikologi, Pertanian, Peternakan, jiwa entrepreneur tidak diperuntukkan bagi sebagian golongan. Di sini, saya ingin mahasiswa mengenal lebih jauh apa itu mindset entrepreneurial, cara mengelola dan mengembangkan produk dalam berwirausaha. Entrepreneur kan bukan cuma dagang,” katanya.

Reihan Muhamad Marviano, Mahasiswa Jurusan Psikologi semester 3 berkomentar bahwa kuliah umum ini baik untuk mahasiswa sebagai agen perubahan. Selain akan membangkitkan jiwa-jiwa wirausaha pada masyarakat banyak, kuliah umum ini membantu pemahaman mereka mengenai korelasi antara psikologi yang mempelajari mengenai personalitas manusia dengan wirausaha. (Wishu Muhamad/Majalah Excellent)

admin

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT