Highlight

THE POWER OF NAME

Seorang William Shakespeare boleh saja mengatakan “Apalah artinya sebuah nama”. Namun bagi saya, nama memiliki arti yang sangat penting dan vital. Nama adalah lambang dan identitas diri yang dapat mencerminkan

THE POWER OF NAME

kepribadian atau karakter sang pemilik nama. Dan bagi orang tua, nama adalah doa. Orang tua memilih nama yang baik bagi putra-putrinya tentu dengan harapan agar sang anak kelak memiliki sifat dan karakter seperti nama yang disandangnya.

Bagi sebuah lembaga atau korporasi, nama adalah brand yang mencerminkan kualitas lembaga atau korporasi itu. Saking pentingnya nama atau brand bagi sebuah perusahaan, tidak sedikit perusahaan yang harus merogoh kocek lebih dalam demi mendapat nama atau brand identitas yang mereka inginkan. Bahkan dalam dunia periklanan, nama memiliki kekuatan yang sangat besar yang dianggap mampu memengaruhi orang banyak. Saking kuatnya pengaruh nama atau brand sebuah produk, tak jarang kita langsung menyebut brand saat merujuk sebuah produk. Misal, menyebut Aqua saat bermaksud memesan air mineral, Indomie ketika memesan produk mie instan, atau Sanyo untuk menerangkan pompa air.

Banyak alasan yang tidak perlu saya paparkan di sini untuk membuktikan betapa pentingnya sebuah nama. Nah, lantaran nama memiliki peran penting maka sudah semestinya kita menghargai nama seseorang, apa pun namanya.

Bagi Anda melakukan presentasi di hadapan orang banyak, sudah seyogyanya Anda menyebut nama-nama orang yang dianggap penting dan mempengaruhi hasil presentasi. Misal saat Anda tampil dalam forum yang dihadiri CEO perusahaan, sebaiknya Anda menyapa nama CEO tersebut dengan baik dan benar. Pastikan Anda sudah mendapatkan informasi yang cukup terkait nama dan cara pelafalannya. Lakukan hal demikian sesering mungkin saat melakukan presentasi, namun jangan berlebihan hingga menimbulkan kesan tidak adil pada audiens lain. Saat menyebut nama seseorang, alihkan tatapan Anda pada orang tersebut sambil memberinya senyum terbaik. Ini adalah salah satu cara untuk membangun ikatan dengan audiens

(Donny De Kaizer)

Ingin tahu kelanjutannya? Informasi selengkapnya dapat Anda baca di Majalah EXCELLENT edisi 51. Majalah Excellent edisi 51 bisa Anda dapatkan dalam versi CETAK dan Digital (Scoop, WayangForce, atau ExcellentMediaStore). Jika ingin bentuk cetak, Anda dapat temukan di Toko Buku Gramedia Se-Jabodetabek atau bisa melakukan pemesanan dengan menghubungi 021-29034288 atau 0851 0011 2009 (Wishu Muhamad).

admin

Artikel Lainnya

artikel

Nukegraphic - Web Design and Development
Komunitas Excellent
Seminar Excellent
Coach Ellies
twitter Excellent
Facebook EXCELLENT BUSINESS MAGZ
Scanie
TV Excellent
Excellent mall
BEST RAJA AMPAT